200 Obyek Tempat Wisata Semarang Kota Terbaru Murah & Romantis

200 Obyek Tempat Wisata Semarang Kota Terbaru Murah & Romantis

200 Obyek Tempat Wisata Semarang Kota Terbaru Murah & Romantis. Halo gaes kembali lagi bersama saya Iqbal Azhari dan tim Travelling Yuk Bos! Apa kamu berencana akan berpetualang ke kota Semarang? Jika iya apa kamu sudah tau apa saja destinasi wisata paling ciamik yang ada di kota ini? Hmmm jika belum kamu wajib nih buat baca review yang di buat oleh tim Travelling Yuk Bos! Lumayanlah biar kamu bisa mempunyai rute wisata yang lebih banyak.

Indonesia memang negara yang super duper kaya akan aset alamnya terletak di garis khatulistiwa yang merupakan jantungnya dunia jadi jangan kaget kalo kamu ga bakal kehabisan tempat buat jalan-jalan di negara Indonesia. Wisata di kota Semarang sendiri sangat banyak sekali dan bahkan gak bakal bisa kamu hitung, di kota ini kamu bisa menikmati wisata bendungan, eling bening, ungaran, umbul sidomukti dan ratusan lokasi wisata lainnya yang bisa masukkan sebagai destinasi wisata malam hari hingga pagi hari.

Berlibur dan jalan-jalan ke kota Semarang memang tak ada bosannya, apalagi jika pergi ke Semarang bersama dengan keluarga, teman terdekat, maupun dengan kekasih. Kota yang indah dengan berbagai tempat wisata yang menarik dijamin akan membuat kamu betah untuk berlama-lama di kota yang terkenal dengan sebutan kota Lumpia ini. banyak sekali tempat wisata di kota Semarang yang bisa kamu kunjungi baik itu tempat wisata yang terletak di kotanya ataupun diluar kotanya yang masih dekat dengan daerah Semarang. Berikut terdapat tempat-tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika sedang mengahabiskan waktu berlibur di kota Semarang, check it out!

  1. Lawang Sewu Semarang

Lawang sewu Semarang merupakan suatu tempat wisata sejarah yang berada di pusat kota Semarang. Lokasi lawang sewu Semarang berada di sebelah selatan Tugu Muda Semarang atau dekat jalan Pandanarn Semarang. Dinamakan lawang Sewu karena tempat wisata ini memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak sekali. Jumlah pintu dan jendela nya jika di gabungkan akan melebihi 1000 buah daun pintu atau jendela. Tiket masuk untuk ke lawang sewu juga sangat terjangkau selkali nih, sob! Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000,00 saja kamu sudah bisa masuk untuk menikmati keindahan dari wisata lawang sewu.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah atau biasa disingkat dengan MAJT ini berada di kota Semarang, tepatnya di Jalan Gajah Raya. MAJT menjadi masjid termegah di Indonesia yang banyak dikunjungi. Masjid Agung ini tidak hanya berfungsi sebagai beribadah saja, melainkan juga berfungsi sebagai tempat wisata. Masjid ini diresmikan pada tahun 2006 dan berdiri di atas tanah yang memiliki luas lebih dari 7,500 meter persegi ini mampu menampung sekitar 16.000 orang jamaah. Selain bangunan utama masjid, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cinderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, dan lain sebagainya.

  1. Masjid Besar Kauman

Masjid Besar Semarang yang terdapat di kawasan Pasar Johar, Semarang Tengah, di Jawa Tengah dikenal juga sebagai Masjid Kauman Semarang. Masyarakat Semarang sejak dulu memang mengenalnya sebagai Masjid Kauman, karena masjid ini semula berada di wilayah Kampung Kauman, guys.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Selanjutnya adalah Masjid Raya Baiturrahman yang berada di lokasi Jalan Pandanaran, Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah ini juga tidak kalah terkenalnya sebagai destinasi tempat wisata di kota semarang. Masjid Raya Baiturrahman pada saat itu merupakan Masjid yang paling besar di Wilayah Semarang. Kenyataan ini berdasarkan prasasti yang ada di lokasi Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Masjid Raya Baiturrahman memiliki ciri khas yaitu Menara yang cukup tinggi dan berarsitektur gaya jawa, uniknya juga memiliki kubah di dalamnya yang terbuat dari kayu. Di bawah Masjid, tepatnya di bawah tangga ada beberapa penjual pakaian muslim dan pernak-pernik lainya. Keberadaan Masjid sampai saat ini masih berjalan seperti saat-saat sebelumnya yaitu untuk aktifitas peribadatan dan pusat kegiatan keagamaan.

  1. Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong merupakan tempat wisata budaya dan arsitektur seni. Tinggi bangunan pagoda ini mencapai 45 meter dari atas tanah dan menjadikan pagoda ini sebagai pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Sebenarnya pagoda ini adalah tempat untuk sembahyang umat buddha di Semarang, namun karena bentuk bangunan ini yang sangat bagus dan menarik maka tempat ini juga di jadikan sebagai tempat wisata.

  1. Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay kak Sie ini berlokasi di kawasan Jalan Gang Lombok, Semarang atau lebih tepatnya di Pecinan Kota Semarang. Dan klenteng Tay Kak Sie memiliki banyak ornamen dan simbol-simbol yang ada hubunganya dengan kepercayaan Aliran Budha, Tao, dan Konfusianisme. Pada hari tertentu klenteng Tay Kak Sie akan banyak dikunjungi wisatawan karena di tempat itu biasanya mengadakan berbagai upacara keagamaan yang sangat menarik. Pengunjung yang datang diacara tersebut bukan hanya yang Beretnis Thionghoa, namun masyarakat sekitarpun ikut meramaikan acara dengan menyaksikan berbagai kesenian yang digelar sehingga acara tersebut begitu ramai. Penasaran kesenian apa saja yang digelar di Klenteng Tay Kak Sie? Yuk, datang kesini!

  1. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan warisan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah Muslim dari Cina, saat berada di Jawa, khususnya di Kota Semarang pada abad ke-14. Kelenteng Sam Poo Kong terletak di bangunan batu yang tidak hanya menyajikan kisah legendaris Laksamana Zheng, tapi keindahan arsitektur khas Tiong Hoa. Berada di sekitar candi ini, kau harus membayar tiket Klenteng Sam Poo Kong (Cheng Ho) sebesar Rp. 3.000/per orang atau Rp15.000 untuk wisatawan asing.

  1. Taman Rekreasi Wonderia Semarang

Tempat rekreasi Taman Wonderia beralamat di jalan Sriwijaya Semarang. Sangat cocok untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat ini dengan membawa sang buah hati kita, karena di sana sangat banyak sekali wahana permainan yang berhubungan dengan kesukaan anak anak.Diantara permainan yang digemari anak anak antara lain seperti Boom Boom Car, Kiddy Boat, Super Rally, Ghost House, Space Gyro, Merry Go Round, dan Typhoon Coaster sehingga sangat cocok untuk anda yang mempunyai anak kecil. Harga tiket masuk yang di tawarkan pun sangatlah terjangkau untuk kantong kita Taman Rekreasi Wonderia adalah 20.000 -50.000 Rupiah .Tergantung pas hari libur raya atau tidak.Biasanya saat liburan hari raya harga tiket akan mengalami kenaikan dari hari biasa.

  1. Komplek Pecinan (Chinatown)

Gang Baru atau komplepks Pecinan menyajikan suasana khas Tiong Hoa di pusat kota Semarang. Ada 11 kelanteng besar di Semarang, 10 di antaranya berada di kawasan pecinan, yang kuil Siu Hok Bio, Hoo Hok Bio, Kong Tik Soe, Tay Kak Sie, Tong Pek Bio, Liong Hok Bio, Bio Tek Hay, Wie Wie Kiong , Lihat Hoo Kong, dan kuil Grajen. Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di Gedung Batu.

  1. Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Semarang merupakan salah satu jalan terbesar di Semarang, terletak di jantung kota Semarang. Pada malam hari, jalan berubah menjadi jujugan wisata Semarang baru. Ditempat ini kamu bisa berwisata kuliner, tersedianya aneka jajan membuat malam di Jalan Pahlawan Semarang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jangan heran jika kamu datang di akhir pekan karena akan sangat ramai sekali, guys.

  1. Hutan Tijomoyo

Hutan Tinjomoyo merupakan hutan yang terletak di kelurahan Tinjomoyo, Semarang. Ratusan pohon berkembang di sana. Lebih dari 200 jenis tanaman ditanam dan dipelihara. Di sana kamu akan menemukan pemandangan alam khas desa ketika mengunjungi kawasan hutan seluas 57,5 hektar. Tinjomoyo memiliki keanekaragaman pohon hutan, seperti Mahoni, Jati, Akasia, Asam Londo, Ketepeng, Mangga, Lengkeng, Matoa, Nangka, dan masih banyak jenis pepohonan lainnya yang telah  dikonversi.

  1. Pantai Maron

Pantai Maron yang terletak di sebelah barat Semarang, tepatnya di sekitar muara Sungai Silandak ini, bisa ditempuh dari dua tempat, yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak. Kira-kira berjarak 3 km dari jalan raya kamu sudah bisa sampai di lokasi. Jika menggunakan kendaraan bisa ditempuh sekitar 10 menit. Namun jika ingin jalan kaki, dari ujung perumahan Graha Padma saja bisa memakan waktu 30 menit. Pantai Maron menawarkan keindahan pantai yang eksotis sehingga ramai dikunjungi wisatawan sekitar Semarang pada akhir pekan. Apabila kamu ingin berkunjung ke Pantai Maron, perlu di ingat ya guys bahwa jalan menuju tempat ini masih terbuat dari tanah yang dipadatkan, sehingga apabila hujan jalanan tersebut akan menjadi licin. Harga tiket masuk Pantai Maron adalah 5,000 Rupiah. Murah sekali kan, sob?

  1. Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu tempat rekreasi yang berada di kota Semarang, tepatnya di jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Bandara Ahmad Yani, guys. Pantai ini menyimpan pemandangan eksotis khas kota Semarang. Akses untuk menuju ke pantai ini sangatlah mudah. Dari pusat kota Semarang hanya dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit. Di sisi utara agak ke timur, air laut pantai ini agak sedikit kecoklatan saat musim hujan, hal ini disebabkan karena di sisi timur pantai ini merupakan wilayah bermuaranya sungai banjir kanal barat. Untuk masuk ke pantai ini, kamu hanya wajib membayar tiket seharga Rp. 3000 per orang. Pantai marina merupakan pantai kecil, yang berada di kawasan perumahan.

  1. Pantai Tirang

Salah satu pantai yang menarik perhatian para wisatawan adalah pantai Tirang. Pantai Tirang sendiri merupakan salah satu pantai yang langsung bersebelahan dengan Pantai Maron. Di sekitar pantai Tirang masih bisa kamu jumpai pohon pohon mangrove. Tidak hanya pohon mangrove nya saja yang eksotis, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan terumbu karang yang hidup di areal pantai seluas  240,70 hektar. Ombak di Pantai Tirang sendiri tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain bersama keluarga. Di pantai ini juga kamu bisa menyaksikan sunset yang sangat indah. Untuk kamu yang hobi memancing, di sini kamu juga bisa memancing. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Pantai Tirang merupakan salah satu lokasi yang sangat strategis untuk memancing, guys.

  1. Pantai Cipta

Letaknya bersebelahan dengan Pantai Baruna tetapi akses jalan masuknya berbeda. Akses masuk ke Pantai Cipta atau Pantai Peti Kemas ini terletak di belakang terminal Peti Kemas di dekat Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Sunset di Pantai ini sangat diburu oleh penghobi foto loh, guys.

  1. Taman Lele

Taman Lele di Semarang bisa menjadi lokasi yang tepat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga maupun bersama dengan teman-teman terdekat. Di sana, Anda juga bisa mengajak buah hati ke kebun binatang, taman bermain atau sekadar duduk santai di danau buatan. Kampung wisata Taman Lele Semarang menawarkan panorama alam asri, dengan danau buatan yang dijadikan tempat bermain sepeda air. Danau buatan tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Terdapat juga kebun binatang mini dengan beberapa aneka satwa seperti merak, ular phyton, buaya, iguana, kelinci, dan burung cendrawasih.

  1. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, ini mempunyai ketinggian sekitar 150 meter, dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet. Sebelum kamu datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, kami sarankan siapkan terlebih dahulu badan yang cukup fit dan istirahatlah yang cukup karena kamu akan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur.

  1. Tugu Muda

Sejak diperbaharui pada tahun 2008, Tugu Muda dulunya hanya sebuah bundaran biasa. Tetapi cobalah untuk melihat sekarang. Tempat ini sangat menyenangkan, Taman sekitarnya sekarang terlihat rapi, dimalam hari tempat ini sangatlah romatis karena adanya semburan air mancur. Selain itu, Tugu Muda yang sekarang diterangi lampu besar di empat titik di sekitarnya.

  1. Taman Wisata Puri Maerokoco

Puri Maerokoco atau sering disebut dengan Taman Mini Jawa Tengah merupakan suatu objek wisata yang beralamat di Jalan Yos Sudarso kota Semarang. Berjarak kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda. Sebagai taman mini Jawa Tengah  layaknya TMII yang menyimpan berbagai bentuk rumah adat mini se-Indonesia,Taman mini Maerokoco juga  merangkum semua rumah adat yang disebut dengan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di provinsi Jawa Tengah.

  1. Kota Lama

Di Kota Lama Semarang, kamu dapat menemukan arsitektur bangun dari Eropa yang ada di tempat ini. Di Kota Lama, kamu juga dapat melihat jalur air (kanal) yang masih ada saat ini. Itulah alasan mengapa daerah Kota Lama mendapat julukan “Little Netherland “. Gereja Blendug merupakan ikon kota Semarang dan selalu menjadi tujuan favorit di Semarang untuk pecinta sejarah dan fotografi pecinta di Indonesia. Kota Lama Semarang memang menyimpan pesona sejarah yang luar biasa. Beberapa ratusan bangunan kuno masih berdiri diantaranya seperti Gereja Blenduq dan bangunan Jiwa Sraya, sebagian diantaranya masih dipertahankan dan dirawat, sementara yang lain sudah ada yang lapuk bahkan roboh.

  1. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito menjadi salah satu wisata sejarah. Dengan banyaknya aset yang berada pada museum tersebut menjadikan Museum Ronggowarsito sebagai salah satu wisata edukatif yang cocok untuk dikunjungi oleh para pelajar maupun wisatawan baik skala lokal maupun nasional

  1. Museum Mandala Bakti

Pariwisata di kota Semarang tidak hanya sekedar berwisata di tempat-tempat hiburan, taman, bangunan tua dan lain sebagainya. Berwisata sambil mengenal sejarah perjuangan bangsa, bisa menjadi alternatif ketika berkunjung di Kota Semarang ini. Salah satunya adalah Museum Mandala Bhakti yang bias kamu jadikan sebagai tempat berwisata sambil belajar sejarah. Sebab perlu diingat jika kota Semarang ini pun merupakan salah satu kota yang mempunyai nilai-nilai historis dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir para penjajah. Bangunan Museum Mandala Bhakti ini terletak di Jalan Soegijapranata No. 1, berdekatan dengan Jalan Pandanaran yang seringkali kita kenal dengan pusat oleh-oleh Semarangan. Dan Museum ini pun berhadapan langsung dengan Monumen Tugu Muda dan Lawangsewu. Jadi ketika berwisata ke Semarang, dalam satu titik ini pun kita bisa mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus loh, guys.

  1. Museum Rekor Indonesia

MURI atau disebut dengan nama Museum Rekor Indonesia terletak di kawasan Industri Jamu Jago Semarang. Museum dengan luas ruang sekitar 600 M persegi ini terdiri dari ruang foto MURI dan Ruang Ekshibisi. Di Ruang Ekshibisi dan Balai pertemuan terdapat koleksi foto-foto dan benda bersejarah perusahaan yang pada Tahun 1918  terletak di Desa Wonogiri.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum kereta api yang terletak di Ambarawa Semarang menjadi museum dengan memiliki kelengkapan Kereta Api. Pada zaman dulu kereta uap lokomotif tersebut telah mengalami kejayaan, bahkan sampai saat ini masih difungsikan di museum tersebut sebagai kereta api wisata. Museum Kereta Api Ambarawa ini memiliki koleksi 21 Lokomotif Uap, namun hanya ada tiga yang masih aktif beroperasi dan adapun koleksi lainnya yang terdapat di Museum Kereta Api ini diantaranya Telepon Antik, Peralatan Telegraf Morse, Bel Antik dan beberapa barang antik yang termasuk peninggalan dari zaman dulu. Adapun harga tarif naik kereta wisata Rp 50.000 persatu orang. Untuk lori Rp 10.000 per satu orang dan adapun harga untuk sewa kereta sendiri Rp 300.000.

  1. Banteng Pendem Ambarawa

Tak terlalu jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, ada satu tempat menarik yang sayang bila kamu lewatkan begitu saja yaitu Benteng Pendem. Objek wisata ini sebenarnya bernama Fort Willem I. Namun warga sekitar menyebutnya Benteng Pendem yang berarti Benteng yang terpendam. Lokasi Benteng Pendem terletak di belakang RSUD Ambarawa. Untuk ke sini kamu tidak akan dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Kamu cukup meminta izin kepada petugas yang sedang berjaga disana.

  1. Museum Perkembangan Islam

Museum yang terletak di Masjid Agung Jawa Tengah tepatnya di lantai dua dan tiga Menara Al Husna ini menyimpan banyak peninggalan sejarah seperti Artefak-Artefak Iluminasi Al-quran, Gayor Masjid Sunan Muria, Wayang golek Menak, Wayang Sadat, Ornamen Dua sisi, Ornamen Masjid Mantingan, Koleksi peninggalan Islam Awal, Artefak Kapal dagang, dan Mniatur Menara Kudus.

  1. Museum Nyonya Meneer

Museum Nyonya Meneer merupakan salah satu tempat wisata indonesia berupa museum jamu yang pertama kali didirikan di Indonesia pada tanggal 18 Januari 1984 yang bertujuan untuk Cagar Budaya untuk melestarikan warisan leluhur sekaligus sebagai Media Edukasi dan Rekreasi untuk generasi muda.

  1. Gereja Blenduk

Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di Kota Lama Semarang. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras dan mudah dikenali. Bentuknya lebih menonjol. Lokasi bangunan ini frontal terhadap Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk straat atau yang lebih populer dengan nama Jalan Gereja.

  1. Candi Gedong Songo

Candi yang berada di lereng Gunung Ungaran, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan dan Kabupaten Semarang ini terkenal dengan nama Candi Gedong Songo. Gedong Songo dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “Sembilan Bangunan” yaitu Sembilan Bangunan Candi. Kompleks berdirinya bangunan tersebut pada abad 9 Masehi.Bagi wisatawan yang hendak mengelilingi dan melihat-lihat wisata kabupaten semarang tersebut akan difasilitasi jasa transportasi berupa kuda. Ini dikarenakan kondisi jalan setapak sekitar 200 meter untuk sampai di Gedong ke satu.

  1. Candi Tugu

Untuk kamu yang mempunyai hoby mengunjungi tempat wisata dengan situs bersejarah dan ingin lebih rilex atau santai, kamu bisa berkunjung ke Candi Tugu. Karena di Candi Tugu kamu bisa duduk santai sambil menikmat udara sejuk dan dingin yang akan menyentuh serta merasuk ke dalam tubuh kamu. Sepanjang kedua mata memandang kearah utara, hamparan sawah yang sangat indah dengan sekat Rel Kereta Api, pohon bakau dengan daun yang bergoyang karena di terpa angin dan tambak petani yang memiliki bentuk kotak-kotak akan Anda nikmati. Dan yang tidak kalah menarik adalah pemandangan Laut Jawa jelas terlihat luas membentang yang dibatasi oleh Pantai Maron, Tambakharjo yang begitu indah. Huh, kebayang kan sob gimana indahnya pemandangan yang terlihat daru Candi Tugu?

  1. Penggaron

Penggaron merupakan tempat wisata alam yang terletak di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Terletak 18 km arah selatan Kota Semarang, atau 2 km arah utara Kota Ungaran. Hutan atau Wana wisata penggaron juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai aktifitas seperti olahraga, out bound training, latihan Sar, Jungle tracking, Pramuka, Rekreasi bahkan untuk Penelitian dan Ilmu Pengetahuan.

  1. Umbul Sidomukti

Tempat Wisata Umbul Sidomukti Semarang merupakan kawasan wisata alam di Semarang  yang terletak di daerah pegunungan. Tempat ini masuk dalam wisata kabupaten Semarang yang terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di lokasi wisata Umbul Sidomukti terdapat empat kolam renang dengan beranekaragam kedalamanya. Airnya terbilang dingin dan jernih. Ada juga beberapa sarana olahraga menantang keberanian wisatawan yaitu lintasan Flying fox dengan dua pilihan track yaitu Marine bridge di lembah, Rapeling menuruni lembah dekat kolam ATV,  Kolam renang alami dan jalur Tracking.

  1. Rawa Pening

Rawa pening merupakan tempat wisata sekitar semarang yang cocok untuk rekreasi Keluarga. Adapun letak dari Rawa Pening yaitu berada di Jalan Lingkar Selatan KM 03 Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sebuah jalan yang yang digunakan sebagai jalur perjalanan Yogyakarta – Semarang. Akses jalan menuju wisata Rawa pening sangat mudah karena lokasi yang berada di dekat jalan atau pinggir jalan, sehingga bagi wisatawan yang hendak berkunjung bisa menggunakan kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat.

  1. Curug Benowo dan Lawu

Semarang mempunyai tempat wisata curug (air terjun) yang sangat memukau mata, yaitu curug Benowo dan curug Lawu. Curug ini berada di Desa          Kalisidi, tepatnya di Ungaran Barat, Semarang. Ketika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan kesini, kamu harus bersiap dengan stamina yang cukup karena rute jalan menuju curug Benowo dan curug Lawu melewati jalan setapak yang datar dan sedikit tanjakan. Namun, ketika tiba ke tempat tujuan, rasa lelah dan capek kamu akan terbayar dengan indahnya pesona air terjun yang masih alami. Dijamin gak nyesel, deh!

  1. Kebun Binatang Semarang

Kebun Binatang di Semarang ini lebih akrab disebut dengan Bonbin dan pertama kali terletak di kawasan Taman Raden Saleh dan Wonderia. Bonbin tersebut merupakan Taman Margasatwa, Tempat Rekreasi, Konservasi dan Pendidikan. Adapun luas area Bonbin tersebut 9 H dengan fasilitas yang cukup memadai seperti naik gajah, Kereta Mini, Becak Air dan perahu yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelilingi Danau buatan dengan ditemani burung pelikan yang bebas berenang di danau tersebut. Dan adapun tambahan permainan anak-anak yang harus kamu coba ketika berkunjung di Bonbin ini adalah jaring laba laba, flying fox dan lain sebagainya.

  1. Bukit Rong

Bukit Rong mungkin sebuah tempat yang terdengar asing atau bahkan kamu belum pernah mendengar nya sama sekali, bukan? Tempat tersebut memang tidak sepopuler kawasan Puncak, Dieng, ataupun Bromo. Namun, meski begitu bukit tersebut menawarkan pemandangan yang tidak kalah dengan tempat-tempat dataran tinggi lainnya. Ingin mencari tempat liburan baru yang tenang bersama sahabat atau keluarga? Nah, bukit Rong ini lah jawaban yang tepat untuk tujuan tempat wisata kamu ketika sedang berada di kota Semarang.

  1. Bukit Gombel

Bukit Gombel ini menawarkan pemandangan kota Semarang dari atas ketinggian. Letaknya berada dikawasan kota atas Taman Tabanas, sehingga hawanya terasa sejuk. Mengunjungi Tempat Wisata Bukit Gombel di Semarang pada saat malam hari akan membuat kamu melihat pemandangan kota Semarang pada malah hari yang gemerlap, selain itu banyak pula tempat makan dan restoran yang berjejeran sehingga tempat ini merupakan tempat yang romantis untuk didatangi bersama dengan keluarga maupun bersama dengan pasangan kamu.

  1. Taman Tabanas

Tanjakan Gombel sendiri memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, diantaranya adalah Taman Tabanas yang menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Semarang. Dari atas taman Tabanas kamu bisa melihat pemandangan kota Semarang. Apalagi jika kamu datang pada saat malam hari tiba, gemerlap lampu dari berbagai sudut kota Semarang semakin terlihat indah. Bahkan jika kamu datang ke sini saat akhir tahun, biasanya akan diselenggarakan acara perayaan tahun baru dengan kembang api serta pertunjukan musik.

  1. La Kana Chapel

Di Semarang terdapat sebuah tempat wisata romantis yang wajib dikunjungi apalagi jika kamu termasuk sepasang pengantin baru. Di daerah Bandungan, ada sebuah bangunan serba putih dengan suasana romantis yang menyelimuti bangunan tersebut. Bangunan itu adalah La Kana White Chapel, yang menjadi bagian dari Susan Spa and Resort. Kapel tersebut bentuknya sungguh indah. Lokasinya juga asri dan sejuk, dengan panorama alam mempesona di sekitarnya. Pasangan Anda pasti akan senang diajak berkunjung kemari. Gak percaya? Yuk, datang saja kesini untuk membuktikannya sendiri.

  1. Wisata Eling Bening

Inilah tempat wisata baru di Semarang yang lagi hits banget di kalangan wisatawan, namanya Wisata Eling Bening. Lokasi dan alamat objek wisata Eling Bening terletak di puncak perbukitan Jalan Lingkar Ambarawa (JLA), tepatnya Jl. Sarjono, Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Wisata Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Disini kamu dapat melihat hamparan rawa pening yang luas serta deretan pegunungan yang sungguh cantik menawan. Udaranya yang sejuk akan membuat kamu betah berlama-lama disini. Fasilitas yang tersedia disini relatif lengkap mulai dari restoran, kolam renang, meeting room, tempat outbound hingga camping ground. Selain berfoto dan menikmati panorama alam yang menakjubkan, ada berbagai aktifitas lain yang dapat kamu lakukan disini. Selain itu, kamu juga bisa berenang di kolam outdoor sambil menikmati keindahan alam disekitarnya. Terdapat juga archery area, children play ground, hill tracking area, stage ceremonial and shows hingga flying fox. Tak usah khawatir akan parkir, tempat parkirnya luas dan akses jalannya lebar. Tertarik untuk kesini? Jika iya, sebaiknya kamu datang saat bukan hari libur untuk menghindari keramaian agar bisa menikmat Wisata Eling Bening dengan nyaman.

  1. Hutan Pinus Kayon

Hutan Pinus Kayon adalah tempat wisata di Semarang terbaru yang paling instagramable. Wisata hutan pinus memang akhir-akhir ini sedang viral kalangan netizen dan sosial media. Hutan Pinus Kayon yang terletak di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini pun tak kalah bagus bila dibandingkan dengan hutan pinus di kota lain. Hutan pinus yang berada di sisi utara Gunung Merbabu ini memang keren untuk dijadikan tempat hunting foto. Disini kamu juga bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan menghirup udara yang menyegarkan.

  1. Bukit VW

Bagi para pecinta fotografi, Bukit VW nampaknya menjadi tempat hunting foto di Semarang yang wajib dikunjungi. Tak jarang ada pengunjung yang memang ingin berfoto untuk foto prewedding. Disebut Bukit VW karena tempat ini dipenuhi dengan puluhan mobil bekas tahun 70-an bergaya retro yang berjajar rapi diatas bukit. Daya tarik bukit ini adalah pemandangan yang keren dan bagus dengan latar aneka mobil bekas tersebut. Karena itulah banyak pengunjung yang mengambil foto atau sekedar menikmati keindahan di lokasi. Yuk, berkunjung ke Bukit VW! Tapi jangan lupa charger baterai kamera kamu sampai full, ya!

  1. Waduk Jatibarang dan Gua Kero

Satu lagi tempat wisata di Semarang terbaru yang lagi hits atau naik daun yaitu Waduk Jatibarang & Gua Kreo. Lokasi dan alamat waduk ini ada di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Waduk Jatibarang dibuat mengelilingi Gua Kreo, sebuah petilasan Sunan Kalijaga dan goa alami yang lebih dahulu dikenal oleh wisatawan. Karena dikelilingi waduk buatan, jadilah gua ini terlihat seperti pulau kecil. Para wisatawan yang ingin masuk ke Gua Kreo bisa menyeberangi jembatan berwarna merah, yang juga menjadi tempat foto favorit turis. Wisatawan juga bisa bermain dengan monyet-monyet ekor panjang di kawasan Waduk Jatibarang dan Gua Kreo ini loh, guys.

  1. The Hills

Untuk yang satu ini adalah tempat wisata kuliner di Semarang yang pas banget buat para pengantin baru. Cobalah datang ke Restoran The Hills, disini kamu bisa makan malam romantis sambil berbincang santai dengan pasangan. Restoran ini ada di kawasan Bukit Sari, sekitar 20 menit dari pusat Kota Semarang. Restoran ini memang buka dari sore, tapi memang tak sedikit pengunjung yang sengaja datang untuk makan malam. The Hills menawarkan sensasi makan malam romantis dengan pemandangan Semarang dari ketinggian. Penerangannya juga sedikit redup untuk menambah kesan hangat dan romantis. Tak heran jika The Hills menjadi salah satu tempat makan romantis di kota Semarang.

  1. Banjir Kanal Barat

Jika sebelumnya hanya berfungsi sebagai pencegah banjir, kini Banjir Kanal Barat telah dipercantik dan dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda. Tempatnya yang luas, indah dan bersih, membuat para pengunjung betah berlama-lama di Banjir Kanal Barat. Biasanya tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah ini mulai ramai sejak sore hingga malam hari. Suasana sejuk ditambah dengan kelap kelip lampu jembatan dan bangunan di sekitar, menambah kecantikan Banjir Kanal Barat.

  1. Hutan Wisata Tinjomoyo

Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo ini terletak di bagian selatan Kota Semarang kurang lebih 7 km dari Tugumuda. Hutan wisata Tinjomoyo dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik dari arah Sampangan maupun Jatingaleh. Hutan wisata ini dapat dimanfatkan sebagai arena combat game, camping ground, outing activity, bird watching, juga tempat flying fox. Tempat ini sangat ideal karena perpaduan hutan, bukit dan sungai sehingga para penggemar combat game dapat menikmati petualangan alam medan tempur. Namun tetap harus dengan standard keamanan yang tinggi untuk keselamatan setiap pemain ya, guys!

  1. Water Blaster Bukit Candi Golf

Water Blaster Bukit Candi Golf merupakan wahana permainan air yang pertama kali berdiri di Semarang dan termasuk salah satu tempat wisata favorit untuk anak dan keluarga di kota Semarang. Keutamaan wahana air di tempat ini yaitu memiliki arus luncur dengan ketinggian 25 meter di atas permukaan tanah. Kamu dapat meluncur dengan cepat dan berputar sepanjang 230 meter hingga tercebur ke dalam kolam yang segar. Alamat dan lokasi Water Blaster Bukit Candi Golf terletak di Jl. Bukit Candi Golf No. 1, Semarang.

  1. Taman Pemancingan Baron

Untuk kamu yang hobby memancing, wajib deh berkunjung ke objek wisata di Semarang yang satu ini. Taman Pemancingan Baron atau Kolam Pemancingan dan Pondok Lesehan Baron. Lokasi dan alamat tempat pemancingan ini berada di Puri Anjasmoro N1, Semarang, Jawa Tengah. Di kolam pemancingan ini, kamu bisa menikmati matahari tenggelam di sisi terbuka sebelah barat.

  1. Simpang Lima Semarang

Ini dia ikon tempat wisata di kota Semarang yang wajib dikunjungi yaitu Simpang Lima. Di kawasan ini terdapat sebuah alun-alun yang berada di tengah-tengah persimpangan Jl. Pandanaran di sebelah barat, Jl. A. Yani di sebelah timur, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan di sebelah timur, sementara disebelah timur laut ada Jl.KH. Ahmad Dahlan. Biasanya kawasan ini mulai ramai ketika malam hari. Banyak masyarakat yang memanfaatkan moment ini untuk menikmati kota Semarang dari sini. Mulai dari sekedar jalan-jalan santai, nongkrong, mencari kuliner dan lain sebagainya.

  1. Taman Srigunting

Kota Semarang juga mempunya aneka taman yang indah dan keren, loh! Coba deh datang ke Taman Srigunting. Taman ini begitu hits di kalangan traveler muda. Wajar saja, di sini kamu bisa nongkrong asyik sambil menikmati jajanan lezat, serta berfoto dengan background Gereja Blenduk. Kamu yang sedang liburan ke kota Semarang wajib mampir ke Taman Srigunting ini. Taman nya terlihat bersih dan asri dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Untuk berkunjung ke sini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis! Cocok banget nih guys buat kamu yang sedang mencari tempat wisata gratis di kota Semarang.

  1. Taman Pandanaran

Selain taman Srigunting, terdapat taman Pangandaran yang patut kamu kunjungi ketika berada di kota Semarang. Taman ini terletak di Jalan Pandanaran, jika kamu berasal dari kawasan Simpang Lima, langsung saja menuju jalan Pandanaran. Ketemu lampu merah pertama, di sebelah kiri lah Taman Pandanaran berada. Jangan lupa mampir ya, guys!

  1. Taman KB

Sebenarnya, taman kota ini memiliki nama asli Taman Menteri Supeno, namun oleh warga lokal taman ini lebih akrab disebut sebagai Taman KB. Di sini suasananya asri karena ada banyak tanaman dan pepohonan yang cukup menjulang. Bisa untuk berteduh saat panas siang menerjang kota Semarang. Di sekeliling Taman KB juga berjajar aneka penjaja kuliner dan jajanan khas Semarang yang bisa menjadi pilihan. Taman ini juga seru untuk anak-anak karena terdapat wahana bermainnya seperti ayunan, mobil hias dan lainnya.

  1. Taman Budaya Raden Saleh

Berikutnya adalah Taman Budaya Raden Saleh. Saat rekreasi di kota Semaarang, Taman Budaya Raden Saleh atau lebih dikenal dengan nama TBRS, wajib menjadi destinasi tujuan tempat wisata kamu. Taman ini terletak di pusat kota Semarang, tepatnya di Jalan Sriwijaya No 29 Semarang dengan luas lahan sekitar 90 ribu m2. Bisa dibilang taman ini adalah pusat kegiatan kebudayaan dan kesenian di Semarang. Taman ini mempunyai pepohonan tua nan rindang dan aula yang sering dipakai untuk berbagai pertunjukan.

  1. Taman Madukoro

Selain Taman Srigunting, Taman Pandanaran, dan Taman Budaya Raden Saleh, kamu juga wajib berkunjung ke Taman Madukoro. Karena disinilah tempat wisata dimana kamu bisa bermain dengan burung Merpati yang hidup dengan bebas dan sengaja dipelihara di sana. Total ada ratusan ekor burung Merpati yang tinggal di Taman Madukoro. Mereka tinggal di atas 3 sangkar burung (pagupon) dengan ketinggian 2 meter yang dibangun belum lama ini. Para wisatawan di Taman Madukoro dapat memanfaatkan waktu untuk bercengkerama dengan burung-burung lucu itu. Tak percaya? Kunjungi saja taman Madukoro yang beralamat di Jl Jenderal Sudirman, Semarang ini.

  1. Wisata Taman Kopeng

Wisata Taman Kopeng merupakan salah satu obyek wisata unggulan Semarang yang terdapat di lereng Gunung Merbabu. Tempat Wisata Kopeng ini terdapat di tepi jalan jurusan Salatiga Magelang. Karena lokasinya yang di lereng gunung, maka di Taman Wisata Kopeng ini memiliki pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk. Di sekitar Taman Kopeng ini kamu akan memandang lahan-lahan subur pertanian yang ditanami dengan berbagai macam tanaman sayuran seperti kobis, wortel, kentang, cabai, tomat dan lain sebagainya. Fasilitas yang disediakan di Taman Wisata Kopeng diantaranya adalah Waterpark, Outbound Centre, Gardening seluas 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Wah, banyak sekali ya!

  1. Brown Canyon

Ini dia tempat wisata di kota Semarang terbaru yang eksotik dan keren. Jika Amerika Serikat punya Grand Canyon yang pemandangannya begitu mengagumkan, Semarang juga punya yang serupa. Namanya adalah Brown Canyon. Pemandangannya boleh diadu! Harga tiket masuk Brown Canyon sepertinya sih gratis guys, sebab belum ada yang mengelola tempat ini. Tempat wisata di Semarang yang bagus ini terletak di Rowosari, Tembalang, sekitar 2 km ke arah selatan dari gedung TVRI Jawa Tengah yang berada di Pucang Gading, Mranggen. Walaupun akses jalannya yang tidak mudah, tetapi terbayar akan keindahannya. Dijamin gak bakal rugi deh

  1. Wisata Kuliner Lumpia Semarang

Tak afdol rasanya apabila berkunjung ke kota yang dijuluki kota Lumpia ini tanpa mencicipi makanan khas kota Semarang. Ada beberapa daerah yang dapat kamu kunjungi untuk mencicipi makanan khas kota Semarang ini, yaitu di Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda, dan Jagalan. Wisata Kuliner Lumpia yang terletak di Gang Lombok nomor 11 ini merupakan warung lumpia tertua di kota Semarang. Makanan dengan paduan rebung muda, udang dan telur dinikmati dengan saus dan daun bawang adalah menu penghias Lumpia. Harganya hanya berkisar Rp 10.000 per porsi. Cobain yuk, guys!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply