200 Tempat Wisata Jogja / Yogyakarta & Sekitarnya Murah Terbaru

200 Tempat Wisata Jogja / Yogyakarta & Sekitarnya Murah Terbaru

200 Tempat Wisata Jogja / Yogyakarta & Sekitarnya Murah Terbaru. Hai gaes bertemu lagi bersama saya dan tim Travelling Yuk Bos! Kali ini kita akan mereview sedikit tentang surga wisata yang ada di Jawa Tengah ini. Kami akan memberikan banyak sekali referensi buat kamu yang sedang berlibur di kota ini karena di sini ada banyak wisata yang bisa di kunjungi mulai dengan siang hari hingga malam hari yang terletak di Jogja/Yogyakarta kota dan sekitarnya yang wajib dikunjungi karena harganya yang sangat murah meriah mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata kuliner, wisata bersejarah dan berbagai jenis destinasi wisata lainnya yang mungkin belum pernah kamu kunjungi.

Jogja/Yogyakarta yang dijuluki sebagai Kota Gudeg memang menyimpan sejuta keindahan pesona alam dimana di setiap tempat wisata seolah mampu menghadirkan daya magis bagi wisatawan untuk datang kembali mengunjunginya. Kerinduan akan suasana kota yang menyuguhkan nuansa damai membuat wisatawan betah berlama-lama di kota Jogja/Yogyakarta.

  1. Malioboro

Siapa yang tak kenal dengan ikon dari kota Jogja/Yogyakarta ini? Kawasan Malioboro ini membentang sepanjang 2,5 kilometer dari Jalan Tugu hingga Kantor Pos Pusat Kota Jogja/Yogyakarta. Kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya loh guys. Di kawasan ini kalian bisa melihat masyarakat lokal maupun para wisatawan dari seluruh mancanegara berbaur menjadi satu dalam melakukan banyak kegiatan menarik dan menyenangkan, sehingga memberikan tontonan harmonis dan penuh damai. Kegiatan seperti berjalan-jalan santai dengan keluarga, berbelanja oleh-oleh khas kota Jogja/Yogyakarta, mencicipi kuliner kota Jogja/Yogyakarta di sepanjang kawasan Malioboro, hingga adanya sederet delman dan becak yang siap mengantar para pengunjung untuk berkeliling sambil menikmati suasana Jogja/Yogyakarta wajib menjadi tujuan wisata yang kamu  kunjungi ketika tiba di kota Jogja/Yogyakarta.

  1. Tugu Jogja/Yogyakarta

Selain Malioboro, Tugu Jogja/Yogyakarta juga merupakan salah satu ikon kota Jogja/Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi jika tengah berlibur di kota Jogja/Yogyakarta. Tugu Jogja/Yogyakarta berupa bangunan tugu biasa yang dibangun ditengah-tengah sebuah persimpangan jalan. Lokasinya sangat dekat sekali dengan kawasan Malioboro. Memang pada siang hari tugu ini terlihat biasa saja namun menjelang malam hari maka akan ada banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini untuk sekedar jalan-jalan sambil ber-selfie ria!

  1. Pasar Beringharjo

Tempat wisata yang paling dekat dengan Jalan Malioboro adalah Pasar Beringharjo. Pintu masuk utama pasar tradisional ini berada di sebelah timur Jalan Malioboro. Yap! Disini merupakan surga bagi mereka yang suka sekali dengan belanja. Disini kalian bisa puas berbelanja baju batik, bakiak, bakpia hingga pernak-pernik lain khas dari kota Jogja/Yogyakarta. Jadi pastikan kamu pandai mengeluarkan jurus tawar-menawar agar bisa mendapatkan harga yang murah, ya! Siap-siap borong untuk keluarga di rumah deh. Hehehe..

  1. Keraton NgaJogja/Yogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakrta Hadiningrat atau terkenal dengan sebutan Keraton Jogja/Yogyakarta ini berada di pusat kota Yogya, melintang di antara alir­­an Sungai Winongo dan Code. Keraton Jogja/Yogyakarta berlokasi di jantung kota Jogja/Yogyakarta. Keraton Jogja/Yogyakarta berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Jogja/Yogyakarta atau hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari kawasan Malioboro atau yang kini telah resmi berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo. Becak atau delman bisa menjadi kendaraan alternatif apabila kamu enggan untuk berjalan kaki. Di Keraton Jogja/Yogyakarta, kamu bisa melihat kebudayaan kesultanan Jogja/Yogyakarta yang masih dilestarikan hingga saat ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat beberapa koleksi benda pusaka kerjaan seperti keris, lukisan, kereta kencana, dan lain sebagainya.

  1. Museum Benteng Vredeburg
    Tidak jauh dari Jalan Malioboro terdapat satu lagi obyek wisata bersejarah yaitu Benteng Vredeburg. Benteng ini bisa dikatakan sebagai saksi tentang berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Seperti halnya di Kraton Jogja/Yogyakarta, Benteng Vredeburg juga memiliki museum dan ruang yang diberi nama Diorama. Museum dan Diorama tersebut menceritakan tentang sejarah Bangsa Indonesia.
  1. Taman Pintar Jogja/Yogyakarta

Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang  tidak hanya mendidik, namun akan membuat buah hati Anda merasa senang. Taman pintar ini bisa dinikmati oleh anak-anak yang belum sekolah hingga anak-anak usia sekolah menengah untuk memperluas dan memperdalam pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung karena bisa dibilang secara sederhana, Taman Pintar Jogja adalah laboratorium dalam kemasan rekreasi.

  1. Taman Sari

Taman Sari terletak sangat dekat dengan Keraton NgaJogja/Yogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Alun-alun utara Keraton NgaJogja/Yogyakarta Hadinigrat. Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Sekarang, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Jogja/Yogyakarta yang telah menjadi tempat wisata populer di kota ini

  1. Candi Prambanan

Siapa lagi yang tak mengenalnya? Candi indah yang berada di kota Jogja/Yogyakarta dan merupakan salah satu tujuan destinasi wisata saat berada di kota Yogjakarta ini patut kamu kunjungi bersama dengan buah hati. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, berketinggian 47 meter, dibangun pada abad 9.  Kompleks candi Prambanan ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Jogja/Yogyakarta. Lokasi Obyek Wisata Candi Prambanan Jogja/Yogyakarta ini persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogja/Yogyakarta.

  1. Candi Plaosan
    Candi Plaosan berlokasi sekitar 2,6 kilometer dari Candi Prambanan dan merupakan gabungan beberapa candi yang membentuk sebuah perkumpulan dengan aneka ragam relief yang menarik. Posisi Candi Plaosan sendiri terletak di pertengahan sawah milik warga dan para wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan juga pemandangan areal persawahan yang indah serta aktivitas warga di sekitar persawahan.
  1. Candi Borobudur

Setelah kawasan Malioboro, candi Borobudur juga merupakan icon dari kota Jogja/Yogyakarta. Walaupun lokasi Candi Borobudur tidak persis berada di kota Jogja/Yogyakarta karena berada di Kota Magelang namun candi Borobudur ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang tengah berkunjung ke Jogja/Yogyakarta. Letaknya sekitar 40 kilometer dari Jogja/Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia karena banyak memiliki relief dan patung Budha di sekitar candi. Hingga saat ini candi Borobudur masih dikunjungi oleh para Biksu dari berbagai penjuru dunia untuk berziarah karena candi Borobudur merupakan sebuah tempat suci bagi umat Budha.

  1. Candi Sambisari

Jika kamu berkunjung ke Kecamatan Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Jogja/Yogyakarta, sempatkan mampi ke Dusun Sambisari yang terletak di Kelurahan Purwomartani. Disana terdapat sebuah candi Hindu kecil yang diberi nama Candi Sambisari. Yang unik adalah kompleks candi ini berada 6,5 meter lebih rendah dibanding tanah di sekikilingnya. Candi ini tidak memiliki banyak relief atau hiasan, tapi kamu bisa melihat patung Dewi Durga, istri Dewa Siwa. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu tidak dipungut biaya sama sekali loh!

  1. Kampung Wijilan
    Salah satu lokasi wisata kuliner yang menjadi primadona di kota Jogja/Yogyakarta adalah Kampung Wijilan yang terkenal akan kuliner gudegnya. Kampung Wijilan merupakan tempat terbaik bagi wisatawan yang menyukai makanan gudeg. Namun tidak hanya gudeg saja yang tersedia di Wijilan, beragam masakan khas Jogja/Yogyakarta yang lain juga tersedia. Kampung Wijilan berada di kawasan sebelah timur alun-alun utara. Tidak sah rasanya apabila kamu berkunjung di kota Jogja/Yogyakarta tanpa berkunjung di Kampung Wijilan untuk mencicipi gudeg yang siap untuk menggugah selera makan kamu nantinya.
  1. Pantai Parangtritis
    Bagi kamu yang suka sekali dengan suara deburan ombak dan teriknya matahari, yuk berkunjung ke Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling populer di kota Jogja/Yogyakarta yang terletak sekitar 25 kilometer selatan Kota Jogja/Yogyakarta tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai ini memiliki keunikan berupa ombaknya yang besar serta keberadaan gunung-gunung pasir disekitar kawasan pantai yang disebut dengan Gumuk. Wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis juga bisa menikmati aktivitas lain seperti naik motor ATV, naik kuda, naik dokar serta mencoba olahraga paralayang dengan harga sewa yang bervariasi.
  1. Pantai Gunungkidul
    nah, untuk destinasi pantai selain pantai Parangtritis, pantai Gunung kidul Jogja/Yogyakarta juga tak kalah menarik loh guys! Bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang unik masih asri dengan udara yang masih segar,Gunungkidul Jogja/Yogyakartaadalah tujuan yang wajib kamu kunjungi. Pantai Gunungkidul ini disinyalir memiliki lebih dari 60 pantai dengan keindahan dan keunikan masing-masing yang berjejer di daerah bagian selatan Jogja. Masing-masing pantai di Gunungkidul memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi pemandangannya, fasilitasnya hingga berbagai kegiatan yang dapat pengunjung lakukan di sana. Selain wisata pantai, para pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner yang berbeda-beda yang ada di Pantai Gunungkidul.
  1. Pantai Indrayanti

Nama yang terdengar unik untuk sebuah pantai. Sebenarnya pantai ini oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul diberi nama Pantai Pulang Syawal. Akan tetapi dengan berdirinya sebuah café dan restaurant yang diberi nama Indrayanti dengan dibuatkan papan besar menghadap jalan, maka sebutan inilah yang menjadikan lebih populer karena umumnya masyarakat yang melintas hanya mengingat nama restaurant tersebut. Pantai Indrayanti terkenal dengan pasirnya yang putih, tempatnya yang bersih, dan memiliki suasana seperti di pantai Bali.

  1. Pantai Jogan

Untuk kalian yang hobby dengan fotografi, pantai Jogan merupakan pilihan yang tepat unttuk mengabadikan moment panorama alam. Pantai Jogan merupakan sebuah pantai dan ditambah dengan adanya air terjun yang siap memukau kalian yang sedang berkunjung disini. Keberadaan pantai ini bak harta karun tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul. Air Terjun Pantai Jogan sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meter, menawarkan keindahan dan kesegaran bagi siapa saja yang ingin menikmati salah satu wisata di Gunungkidul ini.

  1. Pantai Poktunggal

Pantai Pok Tunggal adalah pantai dengan pasir putih yang terdapat di Gunungkidul, tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogja/Yogyakarta. Pantai ini terletak di sebelah timur dari pantai yang sudah cukup terkenal di Gunungkidul yaitu Pantai Sundak. Dari pusat Kota Jogja/Yogyakarta dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km. Akses dari pusat Kota Jogja menuju pantai ini sudah beraspal cukup baik, namun jarak sekitar 1,5 km menuju pantai masih berupa jalan tanah berbatu dengan kombinasi cor semen. Oh ya guys, kalian harus berhati-hati ya ketika melalui jalan ini, terutama ketika jalan basah diguyur hujan karena jalan akan menjadi cukup licin.

  1. Pantai Drini

Pantai Drini memiliki pesonanya tersendiri dibanding dengan pantai-pantai yang lainnya. Selain diapit dua pulau karang, hewan-hewan dan tumbuhan laut juga tampak jelas di bawah permukaan air. Kalian akan dengan leluasa bisa bermain dengan air laut yang masih bersih dan bening.

  1. Pantai Sundak

Nah, pasti kalian penasaran kan apa itu Pantai Sundak? Untuk kalian yang sangat asing mendengar nama pantai ini, Pantai Sundak merupakan salah satu aset wisata Gunungkidul yang selalu ramai dikunjungi pengunjung ini menyimpan satu kisah menarik yang mungkin belum diketahui banyak kalangan penikmat perjalanan. Sekitar 70 kilometer arah tenggara Jogja/Yogyakarta, Pantai Sundak Gunungkidul telah menanti dengan karakter alam yang unik. Sejauh mata memandang, gulungan ombak besar tetap mendominasi sebagai ciri khas pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai Sundak sangat kami rekomendasikan sekali sebagai tempat tujuan wisata karena pesona keindahan laut nya yang sangat memanjakan mata memandang.

  1. Pantai Krakal

Untuk kalian yang hobby sekali dengan diving, pantai yang satu ini sangat sayang sekali jika dilewatkan. Sebab yang menjadi keistimewaan tersendiri dari Pantai Krakal adalah adanya ikan damselfish yang berwarna kuning dengan aksennya berwarna biru di punggung, ikan kepe-kepe atau butterflyfish dengan bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta terdapat sekelompok ikan kecil yang berwarna biru terang sedang berenang di antara bebatuan. Wah, pasti menyenangkan sekali bukan jika menyelam ditemani dengan ikan-ikan yang memiliki warna beragam?

  1. Pantai Ngandong

Pantai satu ini belum seberapa popular seperti pantai Sundak dan pantai Indrayanti. Namun, jangan salah. Pantai Ngandong ini memiliki pesona keindahan yang mampu membuat mata terkesima. Ciri khas utama pantai ini terletak pada airnya yang sangat jernih. Saking jernihnya, kamu jadi bisa melihat sampai ke dasar laut dari tepi pantai tanpa harus menyelam loh!

  1. Pantai Nglambor

Tak usah jauh-jauh ke Bali atau Lombok hanya untuk snorkeling. Di Jogja/Yogyakarta juga ada kok pantai yang tak kalah asik untuk dibuat snorkeling. Berbeda dengan pantai Selatan yang pada umumnya berombak, pantai Nglambor memiliki ombak yang tenang dan berair dangkal. Sehingga cocok sekali untuk kamu yang suka berenang maupun snorkeling. Berbentuk seperti teluk dan diapit oleh dua bukit, pemandangan di Pantai Nglambor begitu indah nan mempesona.

  1. Pantai Glagah

Pantai ini berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Wates. Pantai ini diapit oleh dua pantai indah lainnya di Kota Wates yakni Pantai Congot dan Pantai Bugel. Wisata Pantai Glagah memiliki beragam spot menarik, salah satunya yakni Laguna Pantai Glagah. Laguna adalah tempat semacam danau, atau teluk air payau. Laguna tidak berombak, jadi cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Anak-anak bisa bermain air di tepi laguna, tidak perlu khawatir akan dalamnya laguna karena sudah terdapat bambu sebagai pembatas daerah dalam. Tempat ini sangat cocok bagi kita bukan? Selain tempatnya yang aman untuk anak-anak, juga nyaman untuk para orangtua. Anak-anak senang, kita pun tenang.

  1. Pantai Siung

Tebing-tebing curam yang mengelilingi Pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini. bagi pecinta olahraga panjat tebing, pantai Siung itu surge guys. Tak heran, karena tebing-tebing ini dimanfaatkan menjadi jalur panjat tebing yang cukup dikenal. Di pantai ini terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing yang patut kamu coba!

  1. Gua Selarong

      Nah, untuk tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk kalian yang cinta sekali dengan sejarah. Konon gua Selarong merupakan tempat persembunyian pangeran Diponegoro ketika terjadi perlawanan dengan Belanda pada tahun 1825 hingga 1830.

  1. Goa Jomblang

Eksotisme wisata alam di Gunung Kidul memang layak diacungi jempol. Lokasi lain selain Goa Selarong yang menarik dan sangat layak masuk daftar liburan sobat adalah Goa Jomblang. Goa Jomblang merupakan sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Jogja/Yogyakarta. Ini yang unik dari Goa Jomlang, Goa Jomblang adalah goa vertikal dan didalamnya terdapat hutan purba. Waw.. pasti sangat menarik, di dalam gua terdapat hutan purba. Apalagi jika sobat masuk ke sana pas antara jam 10 sampai dengan jam 12 siang, sobat bisa mendapatkan pemandangan yang sangat menarik. Dimana sobat bisa melihat cahaya menembus goa seperti gambar di atas. Menarik bukan? Makanya, yuk segera datang ke kota Jogja/Yogyakarta dan rasakan sensasi keunikan dan keindahan Goa Jomblang.

  1. Goa Pindul

Selain goa Selarong dan Goa Jomblang, Goa Pandul juga merupakan salah satu tempat wisata di Jogja/Yogyakarta yang tak kalah indahnya. Goa Pindul terletak di wilayah Gunungkidul, tepatnya didusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Goa Pindul berbeda dengan goa-goa pada umumnya. Goa Pindul merupakan goa yang selalur di aliri air dan airnya pun cukup dalam. Untuk masuk ke Goa Pindul sobat harus menggunakan pelampung dan menggunakan perahu dari ban bekas. Panjang goa Pindul kurang lebih 350 meter, cukup panjang dan cukup membuat jantung berdebar saat berada didalam. Yuk, segera uji adrenalin kamu disini!

  1. Air Terjun Sri Gethuk

         Terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering. Itulah mengapa, Air terjun Sri Gethuk menjadi tempat wisata alam di Jogja/Yogyakarta yang patut sekali untuk kamu kunjungi.

  1. Resor Kaliurang

         Resor kaliurang menjadi tempat wisata yang wajib sekali kamu kujungi. Disini kamu bisa menikmati indahnya alam sekitar. kamu juga bisa mandi sepuasnya di air terjun Telogo Muncar dan kolam renangnya. Menyusuri setiap sisi resor Kaliurang ini adalah pengalaman wisata menarik yang dapat kamu temukan. Bagi para pecinta gunung, resor ini juga sebagai tempat menginap bagi mereka yang ingin mendaki ke Gunung Merapi.

  1. Pabrik Gula Madukismo Jogja/Yogyakarta

            Pabrik tua ini kini menjadi salah satu obyek wisata di kota Jogja/Yogyakarta yang cukup digemari. Letaknya ada di Kasihan, Bantul. Kami rekomendasikan agar kamu berkunjung di bulan Mei sampai September alias musim giling tiba. Dijamin deh aroma manisnya gula akan semerbak memenuhi ruang pabrik tua satu ini.

  1. Kebun Biniatang Gembira Loka

Kebun binatang Gembira Loka menjadi destinasi menarik selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan. Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda airt, ATV, perahu kayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. Yuk, segera kunjungi wisata Kebun Binatang Gembira yang dijamin akan membuat Anda dan keluarga merasa bahagia!

  1. Hutan Pinus Mangunan

Jika kamu ingin merasakan sejuknya alam dan menangkan pikiran, hutan Pinus Mangunan merupakan pilihan yang sangat tepat untuk kamu nih guys. Hutan Pinus Mangunan ditumbuhi dengan pepohanan yang rimbun serta hijaunya dedaunan membuay hutan satu ini memberika ketenangan tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang.

  1. Kebun Buah Mangunan (Negeri Diatas Awan)

Terletak di dataran tinggi Imogiri, belakangan ini Kebun Buah Mangunan kian populer sebagai daerah tujuan wisatawan lokal. Panorama perbukitan, lembah, sungai, hutan , awan dan kabut yang tampak dari kebun buah ini begitu mengesankan. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari, saat matahari baru muncul dan tampak jelas awan-awan serta kabut yang terlihat seperti hamparan kapas. Indah sekali!

  1. Gunung Merapi

Untuk tempat wisata yang satu ini, sangat cocok sekali untuk mereka yang hobby climber dan sangat cinta sekali dengan alam. Objek wisata gunung Merapi menjadi salah satu tempat wisata alam di Jogja/Yogyakarta yang sangat popular. Harga tiket masuk kawasan wisata Gunung Merapi ini hanya ditarif Rp. 3.000,- loh. Terjangkau sekali, bukan?

  1. Pantai Timang

Terdapat satu lagi surga yang tersembunyi di Yogyakrta yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Timang. Disini kamu bisa melihat jernihnya air berwarna biru serta pemandangannya yang cantik. di pantai Timang terdapat gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk dipakai kamu yang merasa tertantang untuk menaikinya sampai ke pulau karang di seberang pantai. Gondola ini biasa dipakai oleh para nelayan untuk mencari lobsterdi pulau karang dengan ombak setinggi 5 meter itu. Wohoooo, are you ready?

  1. Hutan Kalibiru

Jika kamu inginkan suasana yang tenang, sejuk, bebas, dan rileks, maka kamu harus berkunjung ke Desa Kalibiru. Tempat wisata satu ini memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi setiap wisatawan yang sedang berkunjung. Letaknya ada di pegunungan Manoreh, kabupaten Kulonprogo. Hutan wisata Kalibiru ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dengan latar pepohonan hijau nan cantic.

  1. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog merupakan tempat lain di Jogja yang sangat pas untuk menikmati keindahan senja. Namanya memang belum begitu terkenal seperti halnya Ratu Boko atau Bukit Bintang. Namun, suasana senja yang disajikan oleh tempat ini tak kalah indah loh, guys!

  1. Bukit Bintang Jogja/Yogyakarta

Bukit Bintang merupakan salah satu lokasi tempat nongkrong favorit di Jogja/Yogyakarta. Terletak di perbatasan Bantul dan Gunungkidul, siapa pun yang berkunjung ke kawasan ini dapat menikmati taburan gemintang di langit malam serta kerlip benderang lampu kota dari ketinggian. Untuk kalian yang sudah mempunyai pasangan, yuk ajak pasangan kamu ketempat ini. dijamin deh hubungan kalian akan semakin lengket hehehe

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin mencoba sandboarding? Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berlibur ke Afrika atau Timur Tengah. Cukup ke Jogja/Yogyakarta saja, kamu sudah bisa merasakan sensasi sandboarding dengan biaya yang ekonomis. Di Gumuk Pasir Parangkusumo kamu bisa menyewa kendaraan ATV, dan meskipun tak ada onta, namun kamu bisa menunggang kuda di sini.

Bersantai sembari menatap matahari terbenam, ditemani semilir angin di tengah-tengah hamparan padang pasir nan luas. Di sini waktu seolah tak bergerak dan kamu akan lupa kalau sedang berada di Pulau Jawa.

  1. Curug Luweng Sampang

Keunikan pola bebatuan Curung Luweng Sampang memiliki kemiripan dengan Antelope Canyon di Amerika Serikat, yang berbeda adalah warna bebatuannya. Menceburkan diri di sejuknya air pegunungan yang mengalir langsung dari Pegunungan Sewu tentu akan memberi kesegaran tersendiri. Puaskan pula rasa ingin tahu kamu dengan mengeksplor berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi yang ada di balik curug ini.

  1. Unggul Ponggok

Berlokasi tak jauh dari Jogja/Yogyakarta, sekilas kolam Unggul Ponggok yang berbentuk persegi panjang ini tampak seperti kolam renang biasa. Namun kamu akan dibuat terkejut saat melihat jauh ke dalamnya. Selain pasir, bebatuan, dan aneka jenis ikan, di dasar kolam air tawar ini kamu akan menemukan benda-benda aneh. Lokasi tempat wisata Unggul Ponggok ini memang sedang hits dikalangan anak muda sebagai tempat hunting foto loh guys. Ayo segera abadikan moment langka yang ada di dalam Unggul Ponggok bersama dengan orang terdekatmu.

  1. Goa Rencang Kencono

Bersiaplah dibuat takjub oleh kehadiran pohon Klumpit raksasa berusia ratusan tahun tepat di tengah-tengah mulut gua. Jauh ke dalam gua, melalui lorong yang sempit masih terdapat ruang-ruang  di mana salah satunya dijadikan tempat para pejuang bertapa untuk mendapat petunjuk. Dengan sirkulasi oksigen yang kurang baik, orang normal maksimal hanya bisa bertahan 10 menit di sini.

  1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Nah, ini dia guys tempat wisata di Jogja/Yogyakarta yang terbaru yang lagi hits. Bagi Anda yang ingin menyenangkan hati si buah hati, ajak saja ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark ini. karena Jogja Bay merupakan waterpark terbesar, terlengkap, dan tercanggih di Indonesia. Lokasi Jogja Bay ini terletak di Desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, Sleman atau di sebelah utara Stadion Maguwoharjo.

  1. Citra Grand Mutiara Waterpark

Mengangkat tema Treasure Adventure, Citra Grand Mutiara Waterpark siap memberikan keceriaan dan sensasi tersendiri bagi para penikmat petualangan air di Jogja/Yogyakarta. Waterpark ini menyuguhkan konsep eduwisata bagi para pengunjungnya dengan terus mengembangkan fasilitas permainan dan area mini outbond, tempat wisata baru ini juga memfasilitasi kegiatan akademis pelajaran olahraga aquatic untuk lembaga-lembaga akademis yang ada di Jogja/Yogyakarta.

  1. Galaxy Waterpark

Nah, untuk kamu yang ingin menikmati wisata waterpark di kawasan Bantul Jogja/Yogyakarta, ada nih objek tempat wisata baru yang bisa kamu kunjungi yaitu Galaxy Waterpark. Galaxy Waterpark punya berbagai wahana air yang sangat seru yang tak hanya bisa dinikmati anak-anak saja guys, namun untuk kamu yang masih remaja atau beranjak dewasa juga bisa kok.

  1. Puncak Kosakora

Selain Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, Puncak Kosakara juga merupakan tempat wisata yang sedang hits. Disini banyak sekali anak muda yang berfoto bersama atau sekedar selfie untuk mengabadikan moment ketika berada di puncak bukit. Dari puncak Kosakara kamu bisa melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise, dan sunset diatas Puncak Kosakora.

  1. Da Mata Trick Eye Museum

Siapa bilang berwisata ke museum itu menjenuhkan? Coba deh kamu datang ke tempat wisata satu ini. Kesan Anda tentang museum yang kurang menarik pasti akan hilang tuh. Apalagi untuk kamu yang narsis atau suka foto, wajib deh datang ke museum ini. karena di Da Mata Trick Eye Museum memiliki sekitar 120 koleksi gambar 3 dimensi guys.

  1. Upside Down World Jogja/Yogyakarta

Setelah sukses sebagai tempat wisata baru di Bali, kini Upside Down World hadir di kota Jogja/Yogyakarta. Objek wisata ini menyajikan sensasi suasana terbalik seperti di ruang angkasa. Untuk kalian pecinta narsis atau selfie, wajib deh mengunjungi tempat ini setelah Da Mata Trick Eye Museum. Karena Upside Down World ini benar-benar tempat wisata yang sangat unik dan keren!

  1. Sindu Kusuma Edupark

Selain objek wisata yang indah , Jogja/Yogyakarta juga mempunyai taman rekreasi yang baru dibuka di akhir tahun 2014 lalu. Terletak di jalan Magelang Km 2, tepatnya berada di Sinduadi, Mlati, Sleman, hadir Sindu Kusuma Edupark. Tak jauh berbeda dengan taman rekreasi pada umumnya, Sindu Kusuma Edupark juga memiliki berbagai variasi wahana hiburan sekaligus belajar. Seperti adanya bianglala, sepeda terbang dan Segway.

  1. Desa Kedung Miri

Bagi kamu yang sedang mencari lokasi desa wisata di Jogja/Yogyakarta yang bagus dan menarik, coba deh berkunjung ke Desa Kedung Miri. Desa Kedung Miri ini merupakan tempat wisata di Jogja/Yogyakarta yang menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau nan indah, barisan pohon asri dan Sungai Oyo yang cantik. Satu yang paling menarik dan keren adalah jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Jembatan ini berada tepat diatas Sungai Oyo. Jadi jangan hanya melewati jembatan ini guys, kalian juga wajib sekali untuk foto-foto disini!

  1. Green Village Gedangsari

Ingin menikmati keindahan perbukitan hijau nan eksotis? Tak perlu susah payah deh pergi keluar negeri! Jogja/Yogyakarta juga punya kok tempat yang keren seperti di Selandia Baru (New Zealand). Green Village Gedangsari namanya. Tempat wisata di Jogja/Yogyakarta terbaru dan menarik ini pas banget buat kamu para pecinta fotografi. Tak kalah indah dengan Puncak Kosakora dan Kalibiru untuk narsis ala anak muda kekinian.

  1. Desa Wisata Ngingglo

Siapa bilang Jogja/Yogyakarta gak punya kebun teh? Jogja/Yogyakarta merupakan kota dengan tempat wisata yang sangat lengkap. Jangankan kebun teh, wisata pasir putih yang eksotis pun Jogja/Yogyakarta punya kok. Coba deh sekali-kali datang ke Desa Wisata Ngingglo yang terletak di Ngingglo, Pagerharjo, Samiguluh, Kulon Progo, Jogja/Yogyakarta. Dengan harga tiket masuk yang hanya Rp. 2.000 saja, kamu sudah bisa menikmati sejuknya udara sambil menyusuri Desa Wisata Ngingglo yang terdapat hamparan tanaman hijau.

  1. Desa Wisata Tembi

Desa wisata Tembi telah menyiapkan diri sebagai desa wisata berkelas internasional. Hal ini terlihat dengan adanya fasilitas yang sangat memadai. Selain ada rumah penduduk yang bisa dipilih, ada juga cottage yang sangat menarik. Selain itu di desa wisata Tembi juga terdapat Rumah Budaya dan Museum. Tak hanya itu, desa wisata Tembi juga terdapat galeri dan resto-resot yang menarik guys!

  1. Desa Wisata Rumah Domes

Pernahkah kamu melihat rumah teletubbies di televisi? Jika iya dan kamu penasaran rasanya tinggal dirumah setengah lingkaran, datanglah ke dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, kecamatan Prambanan, Sleman. Disini terdapat 80 rumah dome yang mana sebagai tempat tinggal dan juga difungsikan untuk yang lain. Ada juga rumah pameran dan fasilitas umum seperti tempat ibadah, klinik, dan aula.

  1. Desa Wisata Kasongan

Berada di jalan Bantul dan mudah ditemukan, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan betapa mudahnya akses menuju ke Desa Wisata Kasongan. Persisnya ada di Pedukuhan Kejen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Bantul. Ditempat ini pengunjung bisa memanjakan mata dan hati untuk menikmati keindahan gerabah karya orang Kundi. Selain berbelanja, para pengunjung juga bisa belajar cara membuat gerabah secara langsung.

  1. Desa Wisata Manding

Ingin berburu kerajinan kulit, datanglah ke Desa Wisata Manding. Disini pengunjung tidak hanya bisa memilih aneka kerjainan dari kulit mulai dari sepatu, dompet, ikat pinggang, tas, jaket, hingga topi. Tapi pengunjung juga bisa langsung melihat proses pembuatan produksi.

  1. Desa Wisata Tanjung

Berada di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman atau mudahnya untuk menuju tempat ini melalui Jalan Palagan.  Desa Wisata ini sangat asri karena lokasinya berdekatan dengan Gunung Merapi. Selain itu banyak aktifitas yang bisa dilakukan mulai dari membatik dan belajar karawitan. Bagi yang kamu yang suka dengan kesenian Jathilan tak ada salahnya untuk berwisata ke desa ini.

  1. Desa Wisata Pentingsari

Desa wisata ini sangat popular bagi kalangan wisatawan mancanegara karena banyak diantara mereka yang pernah merasakan tinggal di Desa Wisata Pentingsari. Lokasinya ada di Dusun Umbulharjo, Kecamatan Angkringan, Sleman.

  1. Desa Wisata Karangtengah

Penasaran dengan budidaya sutra liar? Maka ada untungnya jika kamu berkunjung ke Desa Wisata Karangtengah, yang berlokasi di Imogiri, Bantul. Di desa ini terdapat budidaya tanaman untuk ulat sutra dan indighovera atau bahan utama untuk membuat batik.

  1. Desa Wisata Glagah

Selama ini mungkin ketika menyebut obyek wisata Glagah maka yang akan terbesit adalah pantai yang indah. Ternyata selain pantai di Glagah juga terdapat desa wisata yang sangat menawan. Sangat disarankan sekali ketika kamu berkunjung ke Pantai Glagah untuk mampi ke desa wisata ini. kalaupun tidak ingin bermalam cukuplah menikmati sepoi-sepoi angina sambil menikmati buah naga. Dan sampai jangan lewatkan pula alunan gamelan yang akan menenangkan hati dan pikiran.

  1. Desa Wisata Candran

Desa Wisata Candaran berada di Kebon Agung, Kecamatan Imogiri, Bantul mampu menghadirkan sesuatu yang natural dan alami dalam artian semua yang ada terjadi adalah bagian dari kehidupan masyarakat sekitar. Tak salah bila desa ini mendapat julukan “Kampung Tani Internasional”.

  1. Desa Wisata Kembang Arum

Berkunjung ke Desa Wisata Kembang Arum dapat membuat siapapun menambah wawasan pengetahuan. Hal ini karena desa wisata ini memiliki motto, “Anda Datang Senang Pulang Tambah Pintar”. Lokasi objek wisata menarik ini ada di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman.

  1. Desa Wisata Ketingan

Di tempat ini para wisatawan dapat menikmati keindahan burung Kuntul di setiap pagi hari dan sore hari. Ribuan Kuntul bermarkas di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Selain itu bisa juga melakukan berbagai aktifitas pedesaan seperti membajak sawah. Suasana paling menentramkan apabila malam tiba. Para tamu akan tidur dengan ditemani alunan suara katak dan jangkrik yang sedang bernyanyi.

  1. Desa Wisata Bleberan

Siapa yang tak tau dengan desa wisata yang satu ini? Desa Wisata Bleberan ini menjadi sangat popular berkat digunakannya sebagai lokasi syuting film Hollywood. Tak dapat dipungkiri, ojek wisata yang ada di dalamnya begitu popular karena memiliki keindahan dan nilai historis yang begitu tinggi. Salah satu yang menjadi alasan kenapa desa wisata ini dinobatkan sebagai yang terbaik, dikarenakan tata kelola desa nya yang baik dan rapi. Salah satu bukti yang tak dapat di elakkan adalah adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bisa memberikan pendapatan hasil desa.

  1. Taman Pelangi

Dari namanya saja sudah terbayang dong bagamaina suasana dari taman satu ini? Yap! Lampion-lampion dari berbagai bentuk menerangi taman ini dengan cahanya yang warna-warni seperti halnya warna pelangi.  Hanya disinilah tempatnya, Anda bisa melihat pelangi di malam hari. Tak hanya itu, di dalam taman Pelangi juga terdapat berbagai wahana permainan yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga dan teman-teman terdekat.

  1. Cave Tubing Kalisuci

Selain goa Pindul nih guys ada lagi cave tubing yang tak kalah asik dan seru, yaitu cave tubing di Kalisuci. Mengapa disebut dengan sebutan Kalisuci? Karena disini terdapat mata air yang letaknya di atas aliran sungai. Sungai ini airnya sangat jernih dan tetap jernih meskipun air sungai mengeruh kerika musim hujan. Wow, menakjubkan sekali bukan?

  1. Warkop Semesta

Terdengar asing sekali, bukan? Memang pada umumnya warkop dimanapun sama saja sebagai tempat untuk bersantai sambil minum kopi, namun berbeda dengan warkop yang satu ini. Yap! Warkop Semesta. Karena di Warkop Semesta tak hanya menyediakan kopi untuk setiap pengunjung yang datang tetapi terdapat banyak sekali menu hidangan lainnya yang patut kamu coba! Warkop Semesta berlokasi di Jl. Abu Bakar Ali Nomor 2. Oh ya guys, Warkop Semesta ini buka 24 jam nonstop loh. Maka dari itu, kamu bisa datang kapanpun!

  1. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

      Tempat wisata Telaga Biru Semin Gunung Kidul belakangan ini sedang naik daun alias sedang ngehits karena keindahannya. Pesona alami bekas tambang tersebut membuat penasaran setiap wisatawan yang merindukan lokasi-lokasi baru yang masih alami. Untuk aktifitas yang bisa dilakukan disini tentu saja berfoto ria dengan background Telaga Biru Semin Gunung Kidul yang sangat eksotis. Maka dari itu, jangan sampai lupa membawa kamera dengan kondisi full baterai ya! Dijamin nyesel deh kalau kamu gak sempet mengabadikan moment Telaga Biru Semin Gunung Kidul hanya karena kehabisan baterai kamera.

  1. Alun-alun Kidul (Selatan)

      Seiring terbenamnya matahari, alun-alun selatan ini ramai sekali dengan pengunjung. Tidak hanya dari warga Jogja/Yogyakarta saja yang datang ketempat ini,tetapi banyak juga mereka yang dari luar kota yang ingin menikmati wisata malam di kota Gudeg ini. Disini kamu bisa bermain sepeda bersama keluarga, teman ataupun pacar.  Di sepanjang  jalan pinggir alun-alun selatan ini banyak sekali yang menyewakan sepeda yang sudah di modifikasi dengan dihiasi lampu yang warna-warni dan untuk harga sewanya tergolong cukup murah yaitu 15rb saja. Wah, sepertinya seru sekali ya!

  1. Kawasan Titik Nol Kota Jogja/Yogyakarta

      Kamu pasti tahu kalau kawasan Nol Kilometer atau KM Nol ini adalah memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut loji. Coba deh kemari ketika malam hari, kamu seolah diajak berkelana ke masa lalu lewat bangunan-bangunan tua yang terawat sampai sekarang. Pendar kekuningan dari lampu merkuri makin menambah kesan romantis di tempat ini. Kawasan KM Nol ini menjadi tempat favorit anak muda di Jogja untuk nongkrong maupun mengekspresikan diri. Kamu bisa melihat berbagai komunitas dan seniman menarik perhatian pengunjung lewat atraksi mereka. Ada yang meniru patung perunggu, berdandan ala hantu, sampai menari. Wah menarik sekali, ya!

  1. Atap Mirota Batik, Malioboro

      Sebenarnya yang satu ini bukan tempat wisata, melainkan suatu tempat yang mempunyai sebuah penampilan yang pasti membuat kamu terhibur! Ternyata gak cuma Bangkok dan Bali yang punya pertunjukan kabaret yang ditampilkan oleh ladyboy atau waria, Jogja juga punya nih. Sambangi saja Oyot Godhong Cabaret Show yang tampil tiap malam Sabtu dan malam Minggu di atap Mirota Batik, Malioboro. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan penampilan menari dan menyanyi lipsync di atas panggung yang gemerlap oleh para waria. Di atas panggung inilah para waria bisa diakui lewat kemampuannya menghibur penonton. Siap-siap aja untuk geli sampai tertawa terbahak-bahak karena gaya mereka yang kocak. Kalau ingin menonton, jangan sampai terlambat sampai di gedung pertunjukan, karena tempatnya pasti akan penuh sesak. Hehehe

  1. Gereja Ayam

      Apakah kamu termasuk penggemar film Ada Apa Dengan Cinta (AADC)? Baru-baru ini dunia perfilman telah merilis sekuel dari film Ada Apa Dengan Cinta 1 yang berjudul Ada Apa dengan Cinta 2. Ada Apa Dengan Cinta 2 ini mengambil lokasi syuting di Kota Jogja/Yogyakarta. Sontak saja para penggemar film yang dibintangi Dian Sastro dan Nicolas Saputra ini berbondong-bondong mengunjungi lokasi syuting AADC 2. Gereja Ayam salah satunya.  Disebut Gereja Ayam karena bangunan gereja ini menyerupai seekor ayam raksasa. Gereja Ayam ini juga sempat dijadikan sebagai tempat rehabilitasi dan penampungan pecandu narkoba. Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah, atau sekitar 45 km dari pusat kota Jogja.

  1. Punthuk Setumbu

      Selain mengambil latar tempat di Gereja Ayam, AADC 2 juga mengambil lokasi syuting di Punthuk Setumbu. Tempat wisata Punthuk Setumbu ini  terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, lokasinya tidak begitu jauh dari Candi Borobudur dan menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang megahnya Candi Borobudur.

  1. Oxen Free

      Oxen Free ini beralamat di Jalan Sosrowijayan No. 2. Merupakan jalan dimana banyak wisatawan asing yang tinggal di sini selama berlibur di Jogja. Tempat ini menarik sekali untuk dijadikan tempat wisata karena sangat ramai sekali dikunjungi wisatawan local maupun turis.

  1. Istana Ratu Boko

      Jika kamu pecinta sunset, kamu harus berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Istana Ratu Boko merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja. Candi ini berada di Jalan Solo Km 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, candi yang luasnya 250 ribu meter persegi ini akan menyuguhkan berbagai situs bersejarah seperti gapura utama, candi pembakaran, lapangan, pendopo hingga goa. Dijamin deh kamu bakal betah meskipun berlama-lama di tempat wisata satu ini

Related Post

1 Comment on 200 Tempat Wisata Jogja / Yogyakarta & Sekitarnya Murah Terbaru

Leave a Reply