99 Tempat Wisata di Bandung Kota dan Sekitarnya Murah Terbaru

99 Tempat Wisata di Bandung Kota dan Sekitarnya Murah Terbaru
 

99 Tempat Wisata di Bandung Kota dan Sekitarnya Murah Terbaru. Hai gaes traveling adalah salah satu hal yang paling di sukai oleh semua orang yang ada di dunia ini, karena dengan berpetualang kebanyakan orang bisa merasa bebas dari berbagai masalah untuk sejenak dan membuat otak menjadi lebih ringan serta bisa memunculkan berbagai ide dengan jutaan inspirasi yang tak terduga. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua saya yakin semuanya pasti suka ketika liburan tiba.

Buat kamu mahasiswa yang bosan dengan bau rumus serta berbagai teori yang ada di kepala, buat para karyawan yang pusing bekerja selama 8 jam/hari, buat para entrepreneur yang selalu sibuk mengurus mengurus berbagai bisnisnya dan buat anda semua yang merasa suka liburan. Kali ini tim Travelling Yuk Bos & Iqbal Azhari akan membahas lebih detail tentang semua Objek Tempat Wisata Bandung Barat, Selatan, Timur, Utara yang paling terbaru buat kamu.

Siapa sih yang tak tau dengan ibu kota Jawa Barat ini? Kota Bandung yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat. Pada zaman dahulu, kota Bandung dikenal sebagai kota Paris Van Java (Bahasa Belanda) yang memiliki arti Paris dari Jawa. Karena terletak di dataran tinggi, Bandung dikenal sebagai tempat yang mempunyai hawa udara yang sejuk dan segar. Hal ini menjadikan kota Bandung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Apa saja sih tempat wisata di Bandung yang terbaru dan hits sehingga wajib sekali untuk kamu kunjungi? Simak, yuk!

  1. Indo Wisata Permata

Bandung memang selalu menyajikan tempat wisata baru yang menarik dan asik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi terbaru di kota ini yang sedang hits adalah Indo Wisata Permata (IWP). Di tempat ini wisatawan akan diajak melihat langsung proses pembuatan batu mulia hingga menjadi berlian yang mempunya nilai jual tinggi. Berlian berkilap yang bahannya berasal dari pulau Kalimantan ini dijamin berkualitas terbaik. Para pengunjung tak lagi disajikan dengan cara membentuk batu permata secara konvensional atau tradisional. Galeri IWP justru menyuguhkan mesin-mesin berteknologi terbaru yang dibantu kepiawaian para tenaga kerja yang sudah terlatih.

  1. Sendang Geulis Kahuripan

Berikutnya adalah wisata alam yang terletak di Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata yang sedang naik daun alias hits ini bernama Sendang Geulis Kahuripan. Sendang Geulis Kahuripan ini memiliki mata air yang masih alami. Apalagi ditambah dengan suasana pedesaan yang segar dan sejuk, membuat liburan kamu menjadi lebih sempurna. Tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi dari hiruk-pikuk keramaian kota. Jadi, yuk ajak teman kamu untuk berkunjung ke tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan ketika berada di kota Bandung!

  1. Farm House Lembang

Farm House Lembang merupakan salah satu tujuan wisata baru yang tengah naik daun di Lembang Bandung . selama libur akhir pecan (weekend) dan libur panjang, wilayah yang memberikan atraksi menarik ini selalu ramai diserbu pengunjung. Dengan konsep suasana peternakan ala Eropa,  area perkebunan, dan desa kurcaci (The Hobbit) menjadikan Farm House sebagai tempat liburan anak dan keluarga di Bandung.

  1. Tebing Keraton

Menikmati sejuk dan indahnya alam tidak perlu mengocek isi dompet terlalu banyak dan tidak perlu jauh-jauh. Cukup ke Tebing Keraton, kamu sudah dapat menikmati panaroma alam dengan sejuknya udara yang jauh dari populasi. Tebing Keraton ini berada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Oleh karena itu, dari atas tebing ini, kamu bisa menyaksikan hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar luas sepanjang mata memandang. Pemandangan ini pun akan bertambah indah, jika kamu datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi.

  1. Sanghyang Heuleut

Tempat wisata yang satu ini terletak di kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Disini kamu bisa berenang, bersantai, foto-foto sambil berkemah loh, guys. Untuk kamu yang ingin ke Sanghyang Heuleut disarankan untuk tidak datang saat musim hujan, sebab rute jalannya akan sedikit licin dan danau akan meluap. Fasilitas yang tersedia disini memang masih minim, belum ada warung penjual makanan dan toilet. Namun, keindahan alamnya dijamin akan membuat kamu berdecak kagum karena keeksotisannya. Tak heran, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk hunting foto disini dan mengunggahnya di berbagai social media seperti Instagram, path, dan facebook.

  1. Museum Geologi Bandung

Museum yang berdiri sejak tahun 1928 ini adalah salah satu objek wisata di Bandung yang ramai dikunjungi wisatawan, baik dari kalangan pelajar dan mahasiswa hingga publik luas, termasuk kalangan penikmat perjalanan dari mancanegara. Kamu akan menjumpai dua lantai utama di sana dengan masing-masing ruang yang dimilikinya. Ada juga ruang Orientasi yang berisi peta geografis Indonesia berbentuk relief. Selain itu ada juga terdapat Ruang Geologi yang menampilkan koleksi tentang bumi, tata surya, dan fosil-fosil sejarah. Sementara ruangan di sayap timur memberikan kamu pengetahuan tentang sejarah pertumbuhan makhluk hidup. Di lantai 2, kamu dapat menjumpai maket tambang emas terbesar di dunia yang ada di Papua. Wah, sepertinya seru sekali, ya!

  1. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk, terkenal dengan sebutan Ciwalk, adalah kawasan perbelanjaan yang mengusung konsep alami di Bandung. Selain itu, hanya sekedar menghabiskan makan malam di Ciwalk juga merupakan sebuah hal yang mengasyikkan. Udara bersih dan sejuk akan membuat kamu betah berlama-lama di sana loh, guys.

  1. Trans Studio Bandung

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat digemari banyak keluarga, kamu dapat dengan mudah untuk tiba di lokasi Trans Studio Bandung. Trans Studio memiliki 6 pertunjukan utama yang bertema teatrikal, yakni Kabayan Goes to Hollywood, Legenda Putera Mahkota, Petualangan si Bolang dan zoo crew, Special Effect action show, New Parade & Laser Show, dan Trans Studio Big Band. Objek wisata di Bandung ini menawarkan 20 wahana permainan, mulai dari wahana permainan yang extreme rides hingga softplay untuk anak-anak, serta berbagai kegiatan hiburan lainnya yang mengasyikkan.

  1. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang adalah destinasi wisata Bandung yang populer. Ada banyak kalangan penikmat perjalanan yang mengunjunginya, terutama sebagai tujuan wisata keluarga yang murah di Bandung serta memberi banyak manfaat positif bagi anak-anak. Ketika tiba masa-masa libur dan akhir pekan, Kebun Binatang Bandung menjadi demikian ramai oleh kunjungan wisatawan. Areal wisata kebun binatang ini sungguh sejuk, rimbun dedaunan pohon-pohon yang ada di sana melindungi satwa dan menjaga dari terik panas matahari. Menaiki bebek kayuh atau bersepeda air akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Atau, menunggangi kuda hingga gajah juga mungkin patut untuk di coba.

  1. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika menyimpan kenangan sebuah hajatan dunia yang terkenal, yakni Konferensi Asia Afrika yang terselenggara di Bandung pada 18-24 April 1955 silam dengan hasilnya yang masyhur dengan sebutan Dasa Sila Bandung, yakni sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan.

  1. Museum Sri Baduga

Inilah tempat terbaik jika kamu ingin mengetahui dan memperoleh gambaran tentang perjalanan sejarah alam dan budaya masyarakat Jawa Barat serta fase-fase perkembangan dan perubahannya. Museum Sri Baduga menyimpan sekitar 5.367 buah koleksi, tidak terbatas pada bentuk asli semata, tetapi juga meliputi aneka koleksi replika, miniatur, foto, serta maket. Tempat wisata sejarah di Bandung yang satu ini sangat cocok untuk kamu pecinta sejarah.

  1. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman rekreasi yang terletak di jantung kota Bandung ini memiliki nilai manfaat besar bagi anak-anak sebagai pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas. Objek wisata Bandung yang satu ini berhawa sejuk dan asri dengan kursi-kursi taman yang banyak. Di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, anak-anak dapat menikmati pengalaman berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini pada jalur buatan yang telah dilengkapi rambu-rambu lalu lintas. Inilah praktik belajar kelalulintasan dalam balutan permainan yang menyenangkan bagi putera-puteri Anda.

  1. Kolam Renang Karang Setra

Karang Setra Waterland dibangun dengan konsep kolam renang outdoor dan memiliki aneka wahana permainan air modern, seperti Kolam Prestasi, Waterboom dengan panjang lintasan 86 meter, Kolam Naga, Aqua Play, Kolam Pantai, Water Ball, Space Ball, Bungge Trampoline, Banteng Ngamuk ,dan Ruang Gempa. Maka tak heran apabila Kolam Renang Karang Setra ini ercatat sebagai kolam renang terluas se-Asia Tenggara pada saat pertama kali diresmikan oleh Presiden ke-1 Indonesia, Soekarno pada tahun 1954 yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar.

  1. Taman Wisata Alam Maribaya

Maribaya menyuguhkan pengalaman wisata alam yang menyegarkan. Dengan ikon air terjun Maribaya (Curug Maribaya) yang berketinggian 25 meter, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar yang menyehatkan. Kawasan wisata di Bandung yang satu ini telah terkenal sejak dulu akan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, serta sajian kuliner lokal yang nikmat.

  1. Kawasan Punclut

Kawasan Punclut, singkatan dari Puncak Ciumbuleuit, berada pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl dengan hawa yang cenderung dingin dan menyegarkan. Panorama eksotis Kota Bandung, terutama di malam hari sungguh menawan terlihat. Terlebih lagi sembari menikmati kuliner lokal yang lezat di sana. Ada banyak warung lesehan yang menyajikan makanan dan minuman yang nikmat tatkala sedang mengunjungi kawasan Punclut.

  1. Kebun Bunga Cihideung

Inilah kawasan wisata bunga di Bandung dengan ragam jenis bunga yang ditumbuhkembangkan di sana, mulai dari bunga krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit. Para penyuka tanaman bunga selalu suka untuk mengunjungi destinasi wisata Bandung yang satu ini. Disini kamu dapat membeli bunga potong atau bunga pot dengan harga yang kompetitif. Semuanya dibalut dalam keramahan petani bunga yang sungguh berkesan di hati.

  1. De’Ranch

De’Ranch adalah juga destinasi wisata favorit yang sangat digemari anak-anak serta banyak keluarga. Destinasi wisata Bandung yang satu ini menghadirkan kegembiraan berkuda ala cowboy dalam suatu kawasan yang sungguh alami. Terdapat beberapa wisata popular di De’Ranch, seperti misalnya menunggang kuda, naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya.

  1. Kampung Gajah Wonderland

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang mengintegrasikan secara harmonis antara kegiatan kuliner, wisata keluarga, dan belanja, Kampung Gajah Wonderland disukai karena tersedianya berbagai kegiatan wisata dan sarana hiburan yang menyenangkan. Terletak pada daerah berketinggian 900 meter dpl, Kampung Gajah memiliki panorama alam yang menyegarkan dan udara yang sejuk. Aneka wahana permainan di sana terbilang lengkap, sebuah hal yang disukai banyak wisatawan dari berbagai usia. Wah, seru sekali ya!

  1. Floating Market

Di Floating Market ini kamu dapat menikmati keindahan alam sekaligus kuliner dengan suguhan menu bercitarasa tinggi di kawasan wisata Bandung yang satu ini. Kesemuanya dibalut dalam konsep pasar terapung yang unik dan menarik. Floating Market dilengkapi dengan fasilitas dan wahana modern yang menarik, secara spesifik menghadirkan 3 tema utama, yaitu area bermain, belajar, dan kuliner. Inilah sebab nya mengapa tempat wisata di Bandung ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Tangkuban Perahu  terletak pada kawahnya yang besar. Nah, kawah inilah yang menciptakan sebuah panorama menakjubkan jika kamu menjejakkan kaki di sana. Meskipun merupakan sebuah gunung api yang masih aktif, Tangkuban Perahu sangat aman untuk dikunjungi. Gas sulfur masih keluar dari kawah meskipun tidak aktif. Gunung Tangkuban Perahu oleh masyarakat Jawa Barat telah melegenda melalui sebuah kisah bernama Sangkuriang.

  1. Perkebunan Teh Rancabali

Di  Perkebunan Teh Rancabali, kamu dapat menikmati panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok dengan hamparan teh yang tertata rapi. Pesonanya semakin kental dengan perbukitan hijau yang mengelilingi perkebunan teh ini. Tujuan wisata Bandung ini mampu memberikan kamu pengalaman wisata yang unik dan berkesan dengan lanskap hijau dedaunan teh laksana permadani alam yang menawan. Hawa segar pegunungan dengan latar berfoto yang menawan adalah daya tarik objek wisata di Rancabali.

  1. Air Panas Ciwalini

Bersumber dari air panas Gunung Patuha, disini kamu dapat menikmati sensasi berendam di kolam air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Disini kamu akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun.

  1. Kawah Putih

Kawah Putih berada di kawasan pegunungan berketinggian 2.400 meter dpl dengan suhu udara cenderung dingin yang bahkan dapat mencapai 8 derajat Celcius serta berhawa udara yang menyegarkan. Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang terkenal, kamu akan mendapati pemandangan alam yang sungguh mempesona di sana. Sejauh mata memandang horizon di depan, terlihat tanah yang berwarna putih laksana salju. Air danau juga berwarna putih kehijauan dengan warna danau yang berubah-ubah sesuai tinggi rendahnya suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.

  1. Situ Patenggang

Destinasi wisata di Bandung yang satu ini juga menyuguhkan panorama alam yang eksotis. Sejauh mata memandang horizon di depan, terlihat hamparan kebun teh hijau laksana sebuah karpet alam yang terbentang indah. Hembusana udara sejuk khas pegunungan dengan siraman hangatnya matahari turut menambah pesona Situ Patenggang. Ada banyak kegiatan populer yang dapat dilakukan di Situ Patenggang, mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, berkeliling Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekedar berpiknik di pinggiran danau.

  1. Situ Cileunca

Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati di dekat Bandung adalah Situ Cileunca. Destinasi yang berupa danau ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan, sebuah area yang berudara sejuk nan segar. Situ Cileunca yang merupakan salah satu tempat liburan anti mainstream Bandung berada di Pengalengan. Dan bisa dicapai dengan kendaraan umum jurusan Bandung – Pengalengan dengan waktu tempuh kira–kira sekitar 2-3 jam. Atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan sendiri dan sewaan dari kota bandung. Tiket masuk menuju Situ Cileunca sendiri sangat murah, hanya Rp. 2500 loh guys kamu sudah bisa menikmati destinasi wisata yang begitu menyenangkan ini.

  1. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Berada pada daerah berketinggian 1.700 meter dpl, Ranca Upas memiliki udara yang sangat sejuk dan menjadi dingin di saat malam. Inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat cocok untuk berkemah serta melakukan banyak kegiatan outdoor yang menyenangkan. Di sana terdapat pula konservasi penangkaran Rusa Jawa. Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka dan memberi makan rusa-rusa itu.

  1. Curug Dago

Curug Dago merupakan sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung. Air terjun Curug Dago memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter tingginya, namun air terjun tersembunyi ini sangatlah indah dan menarik untuk dilihat. Curug Dago tidak terlalu terkenal di telinga wisatawan, namun tidak ada salahnya kamu mencoba datang ke Curug Dago loh, guys!

  1. Pasar Baru

Pasar Baru adalah tempat wisata di Bandung yang cocok untuk kamu pecinta belanja murah meriah. Di Pasar Baru, kamu akan menemukan berbagai jenis pakaian dan aksesoris dengan harga yang relatif murah. Pasar Baru selalu menjadi tempat wisata di Bandung yang paling disukai oleh wisatawan yang berasal dari Malaysia. Untuk dapat mendapatkan barang murah dengan sukses di Pasar Baru, kamu harus pandai-pandai menawar ya!

  1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat pengamatan bintang yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Apabila kamu ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, kamu harus mendaftar terlebih dulu nih guys, jadi tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja.

  1. Rumah Mode

Rumah Mode adalah nama sebuah factory outlet yang paling terkenal di Bandung. Berlokasi di Jalan Setiabudi, Rumah Mode merupakan factory outlet terbesar, terlengkap, dan teramai di Bandung. Suasana belanja di sangatlah nyaman dan bersih, sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka dengan wisata belanja. Barang-barang yang ditawarkan di Rumah Mode yaitu pakaian, sepatu, tas, dan hal-hal lain yang berbau fashion. Kebanyakan dari barang-barang di Rumah Mode adalah barang sisa export sehingga kamu bisa dapatkan dengan harga relatif murah.

  1. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater yang berada di perbatasan Subang adalah salah satu tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater juga mempunyai pengaruh bagus untuk kesehatan kamu. Terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi kamu yang ingin beristirahat sejenak.

  1. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Straberry Ciwidey merupakan tempat dimana kamu dapat melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. Selain itu, kamu juga dapat memetic buah strawberry sendiri. Strawberry yang telah kamu petik itu kemudian akan ditimbang dan kamu harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah kamu petik. Wah, sepertinya seru sekali ya!

  1. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo merupakan sebuah tempat pertunjukan seni dan budaya yang bersifat edukatif. Dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo, kita akan lebih mengenal seni dan budaya Sunda dengan alat musiknya yang terbuat dari bamboo. Sesuai dengan namanya, Saung Angklung Udjo memfokuskan diri ke pelestarian budaya angklung yang sekarang sudah mulai dilupakan. Hiburan acara yang dapat dilihat di Saung Angklung Udjo adalah wayang golek, helaran, tari topeng, dan orchestra angklung. Setiap sore di Saung Angklung selalu diadakan pentas seni rutin.

  1. Paskal Food Market

Paskal Food Market adalah tempat wisata di Bandung favorit untuk kamu si pecinta kuliner. Paskal Food Market merupakan pusat wisata kuliner Bandung dengan jumlah kios makanan yang sangat banyak. Dengan lebih dari 1000 menu makanan dan minuman, Paskal Food Market merupakan pusat kuliner terbesar di Bandung. Oh ya, untuk lokasi dari Paskal Food berlokasi di Jalan Pasir Kaliki, guys.

  1. Area Pemancingan Bonita Lembang

Tempat wisata satu ini sangat cocok sekali untuk kamu yang mempunya hobby memancing. Arena pemancingan Bonita di Lembang Bandung ini berada di atas lahan seluas 1.3 hektar dan menyediakan aneka jenis ikan, seperti ikan mas, ikan gurame, dan ikan bawal. Selain tempat memancing, di area ini terdapat saung-saung yang dapat digunakan para wisatawan untuk bersantai dan menikmati suasana pemancingan. Arena Pemancingan Bonita saat ini lebih dikenal sebagai Saung Wangi, dan telah menjadi sebuah tempat wisata di Lembang yang patut dikunjungi.

  1. Situ Lembang

Selain arena pemancingan Bonita Lembang, ada lagi arena pemancingan di Lembang nih guys, yaitu Situ Lembang. Ya, disini kamu dapat memancing di Situ Lemabng dengan jumlah ikan yang banyak. . Selain itu, kamu juga dapat berkemah atau camping di area Situ Lembang ini. Hanya saja, untuk dapat sampai di Situ Lembang, kamu harus menggunakan mobil atau motor yang tangguh terhadap medan jalanan bebatuan kasar.

  1. Sapu Lidi Lembang

Lokasi Sapu Lidi berada di jalan Sersan Bajuri kompleks Graha Puspa, Lembang. Tempat wisata Sapu Lidi sangat cocok untuk kamu yang pergi bersama dengan pasangan yang ingin mendapatkan moment liburan romantis. Tak heran, daerah ini selalu ramai dengan berbagai pasangan terutama di malam minggu. Dengan suasana pedesaan yang dikelilingi persawahan dan danau, kamu akan memperoleh pengalaman wisata yang menyegarkan. Bersama dengan pasangan, kamu dapat menyewa perahu untuk memutari danau tersebut. Wah, romantis sekali kan guys?

  1. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu beralamat di Jalan Kertawangi Komplek Komando Cisarua Barat. Berada di kaki gunung Tangkuban Perahu dan juga pegunungan Burangrang yang masih sangat asri yang dikenal sebagai kawasan wisata hutan kota Bandung yang berhawa sangat sejuk di siang hari dan dingin di malam hari. Dusun Bambu dilengkapi fasilitas wisata kuliner sangat lengkap mulai sebagai lokasi salah satu cafe di Bandung dengan cafe Burangrang nya, tempat makan unik di Bandung dengan Lutung kasarung nya, guys.

  1. Taman Begonia

Objek wisata alam Bandung yang beralamat di Jalan maribaya N0 120 A Lembang ini menawarkan sensasi menikmati keindahan aneka bunga khas indonesia dan mancanegara, khususnya salah satu jenis bunga Bali yang sangat cantik berwarna warni yaitu bunga Balinea. Hal istimewa apabila kamu berkunjung ke taman Begonia adalah, selain menikmati sebuah kawasan konservasi bunga, kamu juga bisa menikmati waisata alam Bandung Lembang yang sejuk, tenang dan dijamin mata anda akan puas menikmati segala keindahan alam bumi parahyangan. Tak cukup hanya itu, di sini juga ada sebuah cafe Bandung dengan view hamparan taman bunga Balinea yang merah menyala, sehingga sambil menikmati lezatnya hidangan khas kuliner bandung kesukaan kamu, kamu juga bisa sambil asyik menghirup udara segar di sana.

  1. Curug Malela

Hal yang paling menarik dari salah satu tempat wisata alam di Lembang Bandung ini adalah air terjun Malela (Curug Malela) yang memiliki ketinggian hampir 60 meter, dengan lebar air terjun 70 meter serta mempunyai 5 buah jalur air terjun yang menciptakan sensasi keindahan percikan air jatuh dari ketinggian. Jika kamu berkunjung ke Curug Malela, kamu akan melihat hamparan air terjun di celah lembah pegunungan dari kejauhan akan seperti melihat kilauan benag halus yang bersinar, serta gemuruh air terjunnya terdengar hingga kejauhan.

  1. Terminal Grafika

Berkunjung ke Terminal Grafika Cikole Lembang itu berarti kamu akan menemukan sebuah sensasi wisata khas Bandung yang lengkap, modern namun tetap berada di dalam kawasan wisata hutan Bandung yang masih perawan, lebat dan suhu udaranya dijamin akan membuat kamu sangat kedinginan. Di dalam kawasan Terminal Grafika Cikole, kamu akan menemukan sejumlah pusat wisata kuliner berkelas seperti restoran Sunda Buana, restoran Sangkuriang hingga saung lesehan.Tak puas sampai di situ lokasi wisata di Lembang ini juga telah dilengkapi wahana wisata permainan yang seru seperti outbound loh, guys.

  1. Gunung Batu

Dengan berlibur ke daerah pegunungan, kamu tidak hanya akan merasakan indahnya pemandangan alam namun membuat pikiran me-refresh kembali setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang melelahkan, dan bisa melepas penat sejenak. Tempat wisata pegunungan seperti Gunung Batu mungkin dapat membuat kamu menemukan kembali semangat untuk kembali beraktifitas. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Lembang bila Anda berkunjung ke Bandung ya sob. Dijamin deh kamu tidak akan menyesal jika sudah mencoba mendaki Gunung Batu yang eksotik ini.

  1. Pemandian Air Panas Cimanggu

Cimanggu merupakan sebuah kawasan wisata yang lokasinya persis berada di bawah kaki pegunungan Ciwidey, sehingga jika kamu berada di sana, kemudian berenang di kolam dengan air panas yang mengandung belerang yang menyehatkan kulit, kamu akan bisa sambil menikmati panorama alam sekitar yang selalu berkabut dan berhawa sangat dingin. Fasilitas wisata Cimanggu sangat lengkap sekali. Sejumlah tempat penginapan dan pondokan yang telah tersedia.

  1. Ranca Upas

Sebagai objek wisata alam di Bandung, Ranca Upas adalah lokasi favorit para pecinta alam yang suka menaklukan suhu udara dingin malam hari dengan cara berkemah atau camping di alam terbuka kawasan wisata Ciwidey yang sangat terkenal sangat dingin sekali di malam hari. Wisata menarik lainnya dari Ranca Upas adalah sebagai salah satu lokasi wisata keluarga yang menarik karena tersedia kolam renang dengan waterboom yang terdapat di kampung Cai. Merasakan berenang di air panas alami sambil menikmati pemandangan sekitar Ciwidey yang hijau dan berhawa sejuk, pasti pengalaman yang unik dan berbeda. Di Ranca Upas juga, telah tersedia banyak tempat wisata kuliner warungan yang menyediakan aneka makanan untuk tempat bersantap ketika selepas bermain atau melakukan outbond di sekitar Ranca Upas. Setelah itu kamu juga bisa menikmati lokasi penangkaran rusa di Ranca Upas.

  1. Gunung Puntang

Jika kamu berkunjung ke Gunung puntang, kesan pertama yang akan kamu dapatkan adalah sebuah kawasan yang sangat masih alami, kawasannya banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang sangat lebat dan rindang, serta kamu akan banyak menemukan sejumlah bangunan-bangunan tua bekas peninggalan rumah-rumah belanda zaman dulu. Lokasi ini juga bisa dikatakan sebagai tempat paling menyeramkan di Bandung guys. Tetapi meskipun begitu mitos dan kepercayaan demikian tidak pernah menyurutkan banyak wisatawan terutama para mahasiswa dan para pecinta alam untuk menaklukannya dengan cara berkemah atau camping di sana. Di Gunung Puntang juga tersedia sejumlah tempat makan berupa warung-warung serta pondokan.

  1. Tebing Keraton

Selanjutnya adalah Tebing Keraton. Tempat wisata di Bandung yang murah meriah ini sekarang telah menjadi buruan wisatawan baik warga Bandung apalagi wisatawan luar kota dan mancanegara. Keberadaan nya cepat populer karena pemberitaan serta tentunya benar-benar karena merupakan tempat yang istimewa di dago yang akan memberikan anda sensasi eksotisme dan romantisme alam khas kota Bandung.

  1. Bukit Bintang

Ada lagi nih Tempat Wisata Di Bandung yang tidak boleh dilewatkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah Dago. Sebuah lokasi wisata dimana kamu bisa melihat surga dunia dari sebuah “Tanah Tinggi Bumi Parahyangan” yang diberi nama Bukit Bintang Bandung. “Eksotis dan Romantis”, sepertinya 2 kata itu sudah cukup mewakili sekaligus menjadi magnet dan daya tarik yang sangat luar biasa bagi setiap pengunjung atau wisatawan untuk berkunjung datang ke tempat ini. Oleh karena itu tidak ada salah nya, apabila kamu datang ke sini. Selain itu, akan banyak kamu temukan sejumlah pasangan muda-mudi, baik berpasangan atau berkelompok hanya untuk sekedar menghabiskan dinginnya malam sambil melihat keajaiban kota Bandung dengan bercakap dan menikmati cemilan makanan.

  1. Dago Pakar

Selain sebagai salah satu kawasan wisata bersejarah di Bandung utara, tempat wisata alam di Bandung yang bernama Dago Pakar Bandung ini di mata para wisatawan yang pernah berkunjung ke sini adalah karena pemandangan alam yang sangat indah, lebat dan rindang di tengah hutan pinus dan aneka pohon besar lainnya,berhawa sangat sejuk menyegarkan tubuh ,sehingga keberadaan dan fungsinya yang sangat fital. Penasaran? Makanya, yuk berkunjung ke Dago Pakar!

  1. Puncak Cimbuleuit

Ketika kamu berkunjung ke Bandung dan mencari tempat wisata yang paling asyik sebagai tempat wisata yang romantis serta lengkap dengan pusat wisata kuliner khas sunda di sekitarnya yang murah dan enak, maka kunjungilah Puncak Ciumbuleuit atau yang lebih dikenal dengan nama Punclut atau bahkan ada yang mengatakan “puncrut”. Punclut atau Puncak Ciumbuleuit merupakan kawasan dataran tinggi yang paling dekat dari pusat kota Bandung. Untuk mencapi Puncak Ciumbuleuit ini, kamu akan menempuh jarak tak lebih hanya kurang dari 7 Km saja atau hanya 4 Km dari kawasan wisata belanja Kota Bandung yang paling terkenal seperti Cihampelas walk dan Mox Club. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi wisata yang strategis untuk berwisata seperti menikmati eksotisme kota Bandung.

  1. Wisata Taman Jomblo Bandung

Hihihi, denger namanya saja unikk ya guys? Wisata taman ini tempatnya persis di bawah jembatan Pasopati. Taman ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati suasana kota Bandung. Di kelilingi pepohonan dan tanaman hijau, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan arsitektur jalan layang yang unik, atau berolahraga dan bermain skateboard di papan luncur berbentuk huruf ‘U’.

  1. Jalan Braga Bandung

Berjalan-jalan di jalan Braga pada malam hari seperti menemukan kehidupan yang tak pernah tidur. Dengan latar bangunan tua di sepanjang jalan selalu diramaikan oleh pengunjung yang tidak pernah surut. Para pejalan kaki bisa mampir di toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan Braga atau singgah di café atau restoran bergaya Eropa. Di sini para pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan musik jalanan yang khas loh, guys.

  1. Mountain View Golf Club Bandung

Menikmati permainan golf di salah satu tempat tertinggi di Bandung akan menjadi moment pengalaman yang menyenangkan. Tingkat kesulitan medan permainan golf ini sangat menantang, seperti bunker, jurang, kolam, hutan dan sungai. Dari balkon lantai 2, pengunjung dapat menikmati hamparan pemandangan kota Bandung. Di sini juga disediakan toko perlengkapan golf yang menyediakan berbagai merk golf terkenal dan aksesoris golf. Mountain View Golf Club terletak di jalan Dago Pakar Raya.

  1. Air Panas Cibolang

Tempat wisata yang satu ini agak jauh dari kota Bandung, berada sekitar 40 km dari Pengalengan, tepatnya berada di Bandung Selatan. Luasnya sekitar 2 hektar dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Suasana sumber air panas ini sangat tenang, cocok untuk melakukan meditasi atau sekedar relaks melepas penat. Air panas Cibolang berasal dari Gunung Windu yang mengandung belerang dan beragam mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Khasiat lain dari air panas Cibolang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik. Hayo, yang suka pegal-pegal, datang yuk ke tempat wisata Air Panas Cibolang.

  1. Wisata Alam Maribaya

Suasana alam yang masih alami, dipadu dengan pemandangan yang sangat indah akan membuat kamu bakal betah lama-lama di tempat yang memiliki air terjun setinggi 25 meter ini. Tak hanya itu, di wisata alam Maribaya kamu juga bisa berendam dengan air panas yang keluar alami dari pusat bumi. Air panas yang mengalir deras ini dipercaya mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Jika kamu datang ke Maribaya, berendamlah dan nikmati sensasi alam yang jauh berbeda dengan pusat Bandung yang sangat ramai! Tak perlu mahal-mahal jika ingin menikmati segala kenikmatan Maribaya, tiket masuk ke tempat ini hanya sekitar Rp. 10.000 aja kok guys.

  1. Tebing Gunung Hawu

Untuk kamu yang hobby sekali dengan climbing, yuk coba panjat tebing di Gunung Hawu yang pasti akan memacu adrenalin kamu nantinya. Gunung Hawu terletak di kecamatan Padalarang, Bandung Barat. Padalarang memang dikenal sebagai tempat dengan gunung batu kapur yang menjulang, salah satu yang populer dikalangan anak gunung adalah Tebing Gunung Hawu. Tebing Gunung Hawu ini berada di balik tebing Citatah 125 atau biasa disebut dengan Gunung Kapur Singgalang. Untuk mencapainya, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari tebing Citatah dulu nih, guys.

  1. Gua Pawon

Gua Pawon yang unik namun agak seram. “Pawon” dalam bahasa Jawa artinya adalah dapur, namun di Bandung Pawon ini adalah nama destinasi wisata lho guys. Iya, di Bandung terdapat destinasi berupa Gua yang dikenal dengan nama Pawon. Meski belum begitu terkenal, Gua Pawon yang terletak di Desa Masigit ini pernah menggemparkan. Karena didalamnya ditemukan lebih dari 20.000 buah tulang manusia. Diperkirakan tulang belulang tadi adalah milik manusia purba, pendahulu suku sunda. Buat yang nggak percaya mungkin bisa menengok langsung Gua bersejarah ini. Siapkan saja uang Rp. 5.500 yang akan dibayarkan sebagai tiket masuk. Murah sekali, bukan?

  1. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan tempat yang sejuk dan segar untuk trekking ringan. Di Kota Bandung tepatnya berada di daerah Dago Pakar ada sebuah tempat untuk berlibur sambil trekking. Disini tidak hanya bisa membuat tubuh kamu sehat, tetapi juga bisa menjadi tempat refreshing penghilang rasa penat. Tempat ini adalah sebuah taman seluas sekitar 590 hektar. Disini kamu bisa menikmati udara sejuk sambil menikmati 2.500 jenis tanaman yang tumbuh subur. Oh ya, selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan alamnya ada objek wisata Gua Jepang, Gua Belanda, Curug dan Penangkaran Rusa yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke taman tersebut.

  1. Batuan Purba Stone

Batuan purba Stone Garden yang dulunya berada di bawah laut. Stone Garden ini sebenarnya adalah situs purbakala. Kalau diperhatikan dengan jelas dan seksama, batu – batuan yang ada di tempat ini terlihat mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Bahkan ketika berkeliling di tempat ini, jika kamu beruntung, kamu akan menemukan batuan unik seperti kerang laut, atau bahkan fosil tumbuhan laut. Mungking dahulu, jutaan tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan. Namun karena keadaan alam mulai berubah, dasar laut ini pun terangkat dan menjadikannya sebuah pegunungan yang indah seperti saat ini. wah, sepertinya menarik sekali ya!

  1. Hutan Pinus Batu Kuda

Batunya memang besar, tapi enggak berbentuk seperti kuda sama sekali deh sepertinya. Situs Batu Kuda ini merupakan sebuah objek wisata yang berada di Gunung Manglayang Bandung Timur. Dikenal dengan nama Batu Kuda karena mitosnya pernah ada sekor kuda yang bisa terbang dari arah selatan, yaitu Kuda Sembrani. Nah, ketika sedang terbang melewati Gunung Manglayang, si kuda tadi jatuh dan terjebak hingga tempat dia jatuh menjadi kubangan. Sekarang kuda ini terlihat dalam wujud batu yang mirip kuda. Namun daya tarik tempat ini bukan hanya mitosnya atau batu berbentuk kuda saja, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di destinasi wisata Batu Kuda ini. Mulai dari camping, trekking, hingga bersepeda. Ada banyak pohon pinus cantik disini. Udaranya pun segar sekali loh. Asiknya lagi, kamu bisa mengunjungi Batu Kuda hanya dengan membayar tiket Rp. 3000 per/orang dan Rp. 5000 jika ingin camping disini.

  1. The Lodge Maribaya Lembang

Salah satu wisata yang sedang trend saat ini adalah The Lodge Maribaya Lembang. Kawasan ini dikelilingi hutan pinus yang lebat. The Lodge Maribaya memiliki keindahan alam seperti Tebing Keraton dan Wisata Kalibiru Yogyakarta. The Lodge Maribaya beralamat di Jalan Maribaya Timur Km. 6  Kampung Kosambi, Cibodas, Maribaya Lembang, Bandung Barat.  Memiliki tagline escape to nature, The Lodge Maribaya menawarkan berbagai aktifitas menarik untuk wisatawan. Salah satu keunikan yang sulit untuk didapatkan ditempat lain, kalian bisa menikmati secangkir kopi sambil melihat jejeran hutan pinus yang berbaris rapi di meja-meja teras The Lodge. Sensasi inilah yang tidak bisa kalian dapatkan saat berada di Tebing Keraton Bandung.

  1. Trek Palintang

Suka off road dengan sepeda? Wajib banget nih cobain trek Palintang! Palintang sebenarnya adalah nama sebuah kampung di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Bandung Timur. Kampung yang terletak sekitar 8 km di utara Ujungberung ini adalah tempat favorit bagi para penyuka sepeda gunung uphill dan offroad. Memang dikalangan pencinta olahraga sepeda off road dan uphil trek yang satu ini sudah terkenal. Sepanjang Trek Palintang akan dikelilingi daerah perbukitan, dan pemandangan cantik yang merupakan ciri khas Bandung. Sedangkan akses jalan menuju ke Palintang yang paling mudah dari alun-alun Ujungberung via Kampung Tanjakan Panjang – Palalangon. Tertarik? Yuk, datang ke desa Cipanjalu! Dan uji adrenalin kamu disini!

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply