Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur

Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur
 

Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur, keindahan di kaki gunung Semeru. Apa kamu pernah dengar tentang air terjun yang bisa ngeluarin aneka warna pelangi? Kalok pernah, kamu harus mengunjungi nya lansung ke malang. Salah satu wisata air terjun terkeren dan kalah keren dengan yang lain

Nama air terjun ini adalah coban pelangi, terletak di kaki gunung semeru dan memang berada di di jalur pendakian gunung tertinggi jawa ini. Jangan heran jika suhu disini bisa sampe 19-23 derajat celcius, karena air terjun cantik ini ada di ketinggian 1400 meter dari permukaan air laut jadi suhu udaranya di sekitar Coban Pelangi sangat menggigit.

Disini kamu kudu pakek jaket hangat biar gak kedinginan dan kamu harus siap dengan kondisi yang fit, sebab  air terjun ini terletak di lokasi yang cukup menantang yang musti kamu lalui dengan jalan menanjak sampai sudut kemiringan mencapai 45 derajat, batu-batu berlumut yang bisa akan sangat licin kalo kamu datang ke Coban Pelangi di musim hujan.

Tapi berkat usaha keras para penduduk di daerah coban pelangi, kamu bisa melihat disekitar coban pelangi masih memiliki pepohonan yang relatif rapat. Sehingga kamu bisa menikmati udara segar bersama suara alam dan hewan seperti burung.

Desa Ngadas dan Poncokusumo merupakan desa yang memiliki keteguhan untuk menjaga warisan leluhur agar mereka bisa hidup berdampingan dengan damai dan menjaga keselarasan dengan alam sekitarnya.

Jangan terlalu memaksakan kehendak jika cuaca sedang tidak baik, karena harus melewati bebatuan yang licin. Bahaya lain sebenarnya juga mengancam, di beberapa sisi tebing terlihat bekas longsoran. Karenanya kewaspadaan harus selalu diperhatikan, terutama jika turun hujan sebaiknya menjauh dari lokasi air terjun.

Untuk bisa menyaksikan fenomena pelangi, tidak bisa ditemukan setiap saat, karena pelangi hanya muncul saat cahaya matahari menyeruak masuk membias diantara percikan air terjun. Waktu yang tepat biasanya sekitar pukul 10.00 pagi hingga siang hari, ketika cuaca cerah. Fenomena pelangi inilah yang akhirnya di jadikan nama air terjun Coban Pelangi. 

Akeses & Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur

Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur

Wisata ini terletak di daerah desa gubuklakah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sekitar 30 meter ke arah timur dengan jarak tempuh antara 1 jam dari kota malang ke cuban tundo ini. Sudah banyak petunjuk arah atau bisa berpatokan dengan jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Lokasinya 2 km setelah desa Gubukklakah, ditandai dengan papan nama Wisata Air Terjun Coban Pelangi di sebelah kanan jalan.

Memasuki Area Wisata Coban Pelangi.

Kamu bisa nemuin pintu masuk coban pelangi yang dekat dengan pinggir jalan. Parkir roda empat berada di depan pintu masuk, sedangkan roda dua disediakan parkir di dalam.

Tiket masuk Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur

HTM wisata Coban pelangi Rp. 6.000,- per orang, masih cukup terjangkau. Memasuki area wisata coban pelangi, kita akan dibawa kejalan setapak berundak menurun cukup terjal. Sedangkan jarak yang akan ditempuh sampai lokasi air terjun, sekitar 1 km.

Meskipun lumayan jauh dan membutuhkan stamina prima, sepanjang jalur kita akan dihibur dengan pemandangan alam yang mempesona. Dibeberapa lokasi disediakan tempat untuk istirahat dan warung-warung yang menyediakan beragam makanan.

Camping Ground dan Nunggang Jaran

Setelah melewati setengah dari perjalanan, kamu bakal bisa nemuin area camping disebelah kanan jalur dengan luas yang cukup memadai untuk membangun beberapa tenda. Menurut petugas jaga, untuk camping di area ini dikenakan biaya masuk berbeda dengan pengunjung biasa, yaitu Rp. 10.000,- per orang. Untuk fasilitas disediakan kamar mandi dan wc dua buah, selebihnya hanya sebatas lahan camping saja.

Bisa juga kamu nikmati fasilitas seperti nunggang jaran (menaiki kuda) dari lokasi pintu masuk sampai ke tempat lalu kembali lagi. Kuda disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkuda atau yang kelelahan melalui trek menanjak. Untuk menggunakan fasilitas nunggang jaran, setiap pengunjung dikenakan tarif rata-rata Rp. 10.000,-

Jembatan Cinta

Disini nih jembatan paling romantis di wisata cuban tundo ini. Yaps, jembatan cinta namanya. Jadi asal-usul nama jembatan cinta ini diambil dari kebiasaan muda-mudi  yang melewati jembatan ini dengan bergandengan tangan. Hal ini dikarenakan ukuran jembatan yang hanya cukup untuk dua orang saja.

Jembatan cinta biasanya banyak dijadikan sebagai spot foto favorit bagi pengunjung. Selain kemasyhuran namanya sebagai jembatan cinta, bentuknya yang klasik menjadi daya tarik tersendiri.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply