Air Terjun Coban Talun Malang Batu Jawa Timur

Air Terjun Coban Talun Malang Batu Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup terkenal setalah coban rondo. Ketinggian air terjun sendiri sekitar 75 meter yang terletak pada ketinggian 950 MDPL.

Suhu di tempat ini bisa mencapai 18 – 23 C dan memiliki topografi miring landai dan curah hujan rata-rata 1.800 mm/tahun dan termasuk kelas hutan lindung  jenis pinus dan rimba campur.

Kealamian coban talun membuat tempat ini memiliki pandangan sangat indah nan asri. Udara di sekitar objek wisata ini cukup menyegarkan karena disamping masih banyaknya pepohonan yang tumbuh, lokasi Coban Talun ini berada di perbukitan kota Batu yang terkenal cukup dingin.

Buat kamu yang pengen merasakan sensasi berwisata yang bisa menyuguhkan suasana alami, maka Coban Talun ini bisa kamu jadikan refrensi menarik dari wisata alam lainnya di kota batu.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Coban Talun Malang Batu Jawa Timur

Air Terjun Coban Talun Malang Batu Jawa Timur

Di daerah Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, kamu bisa nemuin air terjun keren ini. Rute nya sendiri cukup mudah, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Tapi jika kamu kesini pada hari-hari libur atau hari besar, jalan menuju ke air terjun ini menjadi sangat macet karena padat pengunjung. Karena kamu harus melewati beberapa tempat wisata ramai pengunjung seperti Jatim Park dan Museum Angkut.

Rute Kendaraan Pribadi

• Dari arah utara (Surabaya, Mojokerto)
    Sesampai daerah gempol > mojokerto > sampai nemu pertigaan yang ada tugu Adipura di tengah jalan beloklah menuju jalan Ari Langga atau ada papan petunjuk jalan, maka ambillah arah ke Pacet. Dari situ Anda bisa ikuti jalan tersebut kurang lebih 41 KM sampai kamu nemuin Coban Talun.
  • Dari arah selatan (Kota Batu, Malang)
    Kamu bisa berkendara menuju kota batu > lalu sampai pertigaan dengan satu arah yang hanya diperbolehkan belok kiri > Ambil lajur kanan dan belok kiri pada pertigaan berikutnya (arah ke Jatim Park 1 dan Museum Angkut) > Sesampainya di perempatan Museum Angkut, beloklah ke kanan sampai kamu nemuin Coban Talun.

Rute Kendaraan Umum

• Kamu yang naik angkutan umum sebaiknya turun terminal Landungsari Malang lalu naik bis mini atau angkot ke terminal Batu > Naik angkot lagi berwarna oranye dengan tujuan selecta dan coban talun, supaya tidak tersesat kamu cukup katakan kepada kernet untuk turun di Coban Talun.
  • Jalanan menuju lokasi coban talun memiliki kondisi yang cukup aman untuk kendaraan roda empat, tapi masih belum beraspal. Kamu bisa parkir kendaraan mu di berbagai sudut areal parkir yang beralaskan rumput. Selanjutnya setelah melewati gerbang lokasi wisata, kondisi jalan berganti menjadi jalan setapak yang memiliki kemiringan yang cukup tinggi berupa tanah yang sempit, licin dan curam.
  • Sementara di kiri kanan jalan setapak sepanjang 2 km itu dikelilingi dengan jurang sehingga kamu harus berpegangan dahan dan rumput liar yang merimbuni jalanan setapak. Sekitar 30-60 menit kamu bisa melihat tanda oleh pengelola namun trek yang sedikit berlumpur dan jalan yang cukup menurun akan sedikit menyulitkan kamu. Jadi, tetap diperlukan kehati-hatian dan tenaga ekstra untuk dapat mencapai air terjun Coban Talun.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Talun Malang Batu Jawa Timur

Biaya yang harus kamu keluarin ada Rp.5.000,- per orang dengan jam buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai jam 16.00 WIB.

Tips Berwisata ke Coban Talun

1. Jangan berangkat pada malam hari, terutama kamu yang lewat jalur pacet. Karena di beberapa daerah sepanjang jalur ini belum terdapat penerangan jalan dan medannya pun berkelok-kelok.
  2. Bawa perbekalan yang cukup
  3. Pakai sandal atau sepatu anti slip guna antisipasi dan mengingat medan perjalanan menuju ke lokasi air terjun cukup terjal dan licin.
  4. Datanglah pada musim kemarau karena selain bisa menikmati keindahan jernihnya air terjun.
  5. Jika tiba-tiba hujan, deras maupun hanya gerimis. Sebaik nya untu untuk meninggalkan lokasi untuk menghindari banjir atau longsor dadakan.