Cara Desain Dapur Sempit Agar Tetap Optimal!

desain dapur sempit

Memiliki dapur yang sempit memang jadi masalah besar. Apalagi bagi mereka yang memiliki hobby masak. Ingin masak berbagai macam menu dalam satu waktu jadi terhalang karena faktor ruangan yang terbatas, belum lagi desain ruangan dapur yang membuat bosan pemilik. Memang, tak ada orang yang suka memiliki ruangan dapur sempit. Tapi jika keadaan yang memaksa mereka untuk memiliki dapur sempit, apalah daya?

Cara satu-satunya yang dapat dilakukan yakni mendesain ulang dapur. Disini saya akan membagikan cara desain dapur sempit agar tetap optimal!

DESAIN DAPUR SEMPIT

Dalam mendesain dapur yang sempit, hal pertama yang harus anda pikirkan adalah bagaimana cara supaya dapur ini terbentuk golden triangle principle. Golden triangle principle merupakan prinsip dimana kondisi ruangan yang ada didalam dapur dapat terbentuk menyerupai sudut atau ujung segitiga. Prinsip seperti akan memudahkan anda dalam berpindah ke tempat satu dengan lain secara efisien.

desain dapur sempit

Ketiga sudut segitiga diatas meliputi letak kompor, tempat cuci piring / wastafel, dan tempat penyimpanan seperti kulkas.

Pada dapur yang berukuran sempit, anda harus mampu menata ketiga fungsi itu secara linear. Idealnya tempat penyimpanan / kulkas jangan diletakkan bersebelah dengan kompor atau udara luar. Jika anda meletakkannya pada tempat seperti itu, maka fungsinya tidak akan bekerja dengan optimal. Usahakan pula agar didalam dapur terdapat sirkulasi udara yang memadai.

desain dapur sempitSetelah itu, jangan lupa untuk menyediakan preparation space pada dapur anda. Tempat ini sangat berfungsi untuk melakukan kegiatan-kegiatan pendukung, seperti memotong sayuran, meletakkan bahan-bahan, menanak nasi, tempat blender, dan makanan-makanan yang sudah atau akan diolah. Tak dipungkiri bahwa preparation space sangat dibutuhkan dalam proses memasak.

Nah, bagi anda yang membeli rumah dari seorang developer atau pengembang, biasanya dapur di dalam rumah tersebut telah dibekali preparation space counter yang terbuat dari beton dan dilapisi ubin keramik.

Jika anda berniat untuk membuat workspace sendiri, usahakan agar ketinggiannya tidak melebihi 85 cm dan Dak beton yang anda gunakan tidak perlu tebal-tebal, cukup berukuran 8-10 cm saja. Itu semua karena ukuran ideal dari workspace yang sering digunakan memang segitu. Dan untuk alasnya, anda dapat menggunakan keramik, atau bila memungkinkan gunakan homogenous tile agar alas lebih tampak rapi, rata, dan nat yang dihasilkan lebih rapat. Sebagai catatan, jangan pernah menggunakan furnitur yang tidak tahan panas dalam peralatan dapur.

exhaust fan desain dapur sempitUntuk menambah kesan dapur terlihat luas, maka sebaiknya anda memberikan penerangan yang cukup. Anda juga bisa menambah cahaya asli dari luar ruangan dengan meletakkan jendela di dalam dapur. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat mengurangi penggunaan listrik di siang hari. Jika dapur anda tidak dapat dipasang jendela, anda dapat memasang exhaust fan di atas plafon dapur.

Anda pun harus memastikan bahwa sirkulasi udara yang masuk ke dalam dapur sudah memadai. Karena dengan adanya dapur yang panas justru memberi kesan tidak nyaman, apalagi kondisi dapur anda sempit.

Jangan lupa untuk mengecat dinding dapur anda dengan warna yang cerah, seperti warna putih atau kremAnda juga dapat mengganti dinding dapur dengan keramik, menggunakan keramik sebagai dinding di dapur juga akan membantu anda dalam membersihkan kotoran bekas-bekas minyak yang menempel.

Untuk penyimpanan barang-barang keperluan memasak, anda dapat mengenakan furnitur kitchen. Desain dan model kitchen set saat ini dapat menghemat ruangan yang ada didalam dapur.

Apakah tips di atas sudah membantu anda? Kini segera desain dapur sempit anda agar lebih optimal.

 

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply