Cara Desain Ruang Tamu Kecil agar Tampak Luas

Adanya keterbatasan lahan dalam membangun rumah, tak heran jika masyarakat kini menggandrungi jenis rumah minimalis. Dibandingkan dengan rumah yang berukuran besar, menata sebuah rumah kecil memang sedikit sulit. Namun hal tersebut jangan jadikan penghalang untuk mengeksplorasi seni anda dalam menata ruangan sehingga tampak mewah dan nyaman.

Contohnya saja dalam menata ruang tamu. Memang menata ruang tamu kecil lebih membingungkan dibanding ruang tamu yang besar. Akan tetapi, ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah ruang tamu kecil agar tampak lebih luas.

Pemilihan beberapa furnitur yang tepat dapat mengurangi kesan sempit di dalam ruang tamu. Berikut ini akan saya bagikan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengubah ruang tamu kecil agar tampak luas :

1. Penggunaan Cat Dinding

Untuk membuat ruang tamu kecil ini tampak lebih luas, anda harus pandai memadukan warna-warna cerah yang netral. Tidak hanya warna putih, anda dapat menggunakan warna cream, peach, atau kuning untuk ruang tamu anda. Dengan warna-warna cerah seperti itu cahaya akan mudah dipantulkan, sehingga akan menampilkan kesan bahwa ruangan anda ini tidak sumpek dan sempit.

Anda dapat memadukan warna-warna atap langit dengan warna yang sama pada dinding, atau memberikan warna satu tingkat lebih cerah dibandingkan dinding. Jangan lupa untuk memberikan pencahayaan penuh pada ruang tamu anda. Ruangan akan tampak lebih luas jika mendapatkan sinar yang cukup.

2. Tambahkan CerminDesain Ruang Tamu Kecil agar Tampak Luas

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa cermin mampu membuat kiasan yang sempurna. Menambahkan cermin pada dinding ruang tamu sangat berfungsi untuk membuka ruang baru dan memantulkan cahaya secara alami, sehingga ruangan tampak lebih besar. Letakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga dibelakang satu furnitur.

3. Pemilihan Furnitur

Furnitur memiliki andil besar dalam membuat ruangan ini tampak luas ataukah sempit. Pilihlah furnitur-furnitur yang simpel. Usahakan agar meja dan kursi yang anda gunakan tidak memiliki banyak ornamen. Gunakan pula meja dan kursi yang berbahan kayu, karena dari furnitur tersebut dapat menampilkan kesan ringan dan terlihat luas pada ruangan.

Hindari untuk meletakkan banyak furnitur pada ruang tamu, dengan adanya banyak furnitur justru membuat ruang tamu terasa penuh dan sempit. Oleh sebab itu, pilihlah furnitur-furnitur pokok yang benar dibutuhkan dalam ruang tamu.

Mendorong furnitur ke dinding akan membuat ruang tamu anda terlihat sempit. Cobalah untuk menarik furnitur anda dari tembok beberapa centimeter saja. Ini akan membuat ruangan anda terasa berongga dan tidak sempit.

Desain Ruang Tamu Kecil agar Tampak Luas4. Penggunaan Karpet

Jika anda memang menyukai penggunaan karpet pada lantai, sebaiknya pilihlah karpet yang tanpa corak dan memiliki warna yang solid dan luas. Hal ini dapat menampilkan kesan ruang tamu anda lebih lapang dan luas.

5. Aksesoris / Pernak pernik

Percantik ruang tamu anda dengan berbagai pernak pernik aksesoris. Anda dapat mengaplikasikan vas bunga untuk merefleksikan cahaya didepan furnitur. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris atau pajangan yang memerlukan banyak detail. Jika anda berniat menempelkan lukisan pada dinding, pilihlah lukisan yang polos dan memiliki frame sederhana.

Akan lebih baik jika anda menggunakan aksesoris seperti lampu hias atau bunga. Hal ini akan menjadikan ruang tamu anda lebih hidup dan lega.

6. Jangan Menggunakan Sekat

Hindari menggunakan sekat untuk membatasi ruang tamu anda dengan ruangan apapun. Penggunaan sekat untuk membatasi ruangan justru memberi kesan semakin sempit. Jika memang perlu menggunakan sekat, pakailah sekat yang tidak permanen, sehingga dapat dipindahkan kapanpun.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply