Jenis Tanaman Yang Mudah Dirawat Di Rumah

Tanaman Yang Mudah Dirawat

Dengan memelihara tanaman di rumah, itu artinya anda telah meningkatkan kualitas udara di dalam rumah termasuk menyehatkan penghuninya. Selain itu, memeliharan tanaman di rumah juga akan mempercantik desain interior sebuah rumah.

Lihat saja lingkungan sekitar anda, banyak sekali masyarakat yang memelihara tanaman hias sebagai tanaman favorit mereka. Tanaman hias sangat fleksibel, karena ia dapat ditanam didalam pot dan diletakkan di dalam rumah.

Jika anda termasuk pecinta tanaman hias, berikut ini akan saya bagikan jenis-jenis tanaman yang mudah dirawat di dalam rumah.

Mistletoe Cactus (Spesies Rhipsalis)

Tanaman Yang Mudah Dirawat Mistletoe Cactus

Jenis tanaman ini tergolong pada tumbuhan kaktus yang tidak membutuhkan banyak air. Perawatannya juga dapat dilakukan dengan mudah, karena tanaman Mistletoe ini mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Meskipun ia tergolong tumbuhan kaktus, tapi ternyata kebutuhan sinar mataharinya juga tidak terlalu banyak. Anda dapat meletakkan tanaman Mistletoe ini didalam ruangan. Tanaman jenis ini cocok dipelihara pada dataran tinggi maupun rendah.

Tanaman jenis ini menyerupai batang yang berwarna hijau, dengan tanah dan humus. Cara perawatannya sangat mudah, anda hanya perlu menyiramnya  ketika media tanam kering dan diberi pupuk NPK Daun dalam waktu sebulan sekali.

Air Plants / Tillandsia

Tanaman Yang Mudah Dirawat TillandsiaTanaman ini adalah jenis tanaman yang mudah dirawat. Tanaman ini disebut air plant / tanaman udara karena ia hanya hidup dengan bantuan udara, menggantung di udara, tanpa tanah, tanpa pupus, dan tanpa disiram. Tanaman ini adalah jenis tanaman epifit yang hidupnya menempel atau bergantung pada tangkai, batang, dan juga ranting-ranting dari tanaman yang lebih tinggi. Untungnya, tanaman ini bukanlah tanaman parasit sehingga tidak akan merusak tanaman tempatnya menempel.

Meskipun begitu, ternyata tidak semua tanaman tillandsia ini dapat tumbuh bagus pada cuaca yang terik. Oleh karena itu, anda harus mengetahui jenis tillandsia apa yang dapat dipeliharan dan bagaimana kebutuhannya. Anda dapat menanam tanaman ini secara menggantung pada tali atau kawat.

Dracaena

Tanaman Yang Mudah Dirawat DracaenaTanaman ini tergolong tumbuhan daerah tropis. Meskipun sering dianggap sebagai tanaman liar, tapi tanaman ini justru dapat menyerap udara sehingga menjadikan udara lebih segar. Tanaman Dracaena merupakan jenis tanaman yang sangat fleksibel. Dia mampu ditempatkan di dalam maupun luar ruangan. Untuk memperbanyak jenis tanaman ini, anda dapat melakukan teknik stek batang.

Walaupun tanaman ini tergolong tanaman daerah tropis, usahakan agar tidak menempatkan tanaman ini tepat dibawah sinar matahari. Dracaena adalah tanaman yang mudah dirawat. Ia hanya butuh membutuhkan penyiraman dua kali dalam sebulan.

Haworthia

tanaman yang mudah dirawat.

Ruang tamu anda akan lebih indah dengan kehadiran tanaman hias haworthia. Bentuk tanaman yang roset, dan warna lembut memberikan nuansa keramahan dan kelembutan bagi ruang tamu anda.

Tanaman ini perawakannya mirip kaktus, tidak heran jika kebanyakan orang mengira tanaman ini merupakan bangsa dari kaktus. Haworthia adalah jenis tanaman yang berasal dari Afrika Selatan. Ia menyukai matahari, dan perawatannya tidak perlu sering disiram, cukup tiga sampai empat hari sekali. .

Jenis tanaman ini sangat unik. Karena daunnya tebal dan berwarna hijau tua serta berhias bercak atau garis putih. Anda dapat memelihara tanaman Haworthia ini pada pot mungil, karena tanaman ini membutuhkan waktu satu tahun untuk menambah tinggi badannya. Cara penanamannya pun mudah, cukup campur pasir malang dan kompos atau pupuk kandang. Serta pastikan medianya kering. Jika anda memang berniat meletakkan tanaman ini didalam ruangan, sesekali jemurlah tanaman ini agar terkena sinar matahari.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply