Museum Angkut Malang Batu Jawa Timur

Museum Angkut Malang Batu Jawa Timur
 

Museum angkut ini termasuk dengan tampat wisata yang mengusung tema alat transportasi pertama di Asia Tenggara. Dengan koleksi transportasi yang masih terbilang tradisional sperti becak, sepeda onthel hingga kendaraan yang sudah menggunakan tenaga listrik.

Menariknya disini kamu bisa melihat berbagai koleksi unik kendaraan dari segala penjuru dunia mulai yang tradisional sampai modern. Ada juga bangunan khas akan sebuah negara tersebut dengan latar belakang kendaraan dari negara tersebut.

Sehingga kamu merasa benar-benar ada di luar negri. Apalagi buat kamu yang doyan sama fotografi, rugi banget deh kalok kamu gak maen-maen kesini. Beruntungnnya lagi kalok kamu berada dilokasi saat ada pagelaran sejenis pameran atau kompetisi mobil yang sering dijadikan lokasi foto prewedding dan pengambilan gambar video klip.

Total luas area Museum Angkut Malang ini sekitar 3.7 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona:

Museum Angkut Malang Batu Jawa Timur

  1. Hall Utama
    Berisi koleksi alat angkut yang didukung dengan lampu hiasan sehingga menimbulkan kesan keren nan elegan
  1. Edukasi
    Jatim Park group memiliki visi misi yang membuat zona seluas 900 m2ini menjadi zona  informasi tentang sejarah berbagai angkutan dari masa ke masa baik di Indonesia maupun di dunia.
  1. Sunda Kelapa & Batavia
    Disini kamu diajak berlabuh ke masa lalunya jakarta, meski kita tidak tau jakarta dulu nya seperti apa. Setidaknya dengan zona ini kamu bisa merasakan jakarta tempo dulu yang terkenal dengan nama batavia di jaman Belanda.
  1. Gangster Town & Broadway Street
    Zona ini, Al Capone merupakan gangster terkenal pada tahun 1970an dan siap membawa kamu terlibat dan merasakan bagaimana hidup di dunia gangster. Tempat ini merupakan tempat impian para para artis tersohor dunia yang dibalut dengan dengan berbagai model angkutan di dalamnya. Anda juga bisa berfoto dengan model Museum Angkut yang mengenakan kostum ala gengster.
  1. Eropa
    Italy, Perancis, Jerman, dan London yang merupakan kota tersohor di Eropa ditampilkan menggunakan nuansa malam hari di kota dengan berbagai angkutan dari Eropa.
  1. Istana Buckingham
    Inggris sebagai Negara Kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai angkutan berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce serta mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia lengkap dengan situasi Kota London di malam hari dan kemegahan Istana Buckingham.
  1. Las Vegas
    Nikmati suasana amerika pada malam hari melalui gerbang Las Vegas.
  1. Hollywood
    Kamu yang suka nonton film hollywood, disini kamu bisa nemuin berbagai mobil yang dipakai dalam film Hollywood.
  1. Flight Training
    Punya cita-cita jadi pilot? Atau cuman sekedar iseng pengen ngerasain jadi pilot. Dalam zona ini kamu bisa belajar atau sekedar foto-foto ala pilot sungguhan di ruang cockpit pesawat yang telah dimodifikasi. Untuk masuk kesini, kamu harus beli tiket boarding pass dulu di kasir kafetaria yang berada di belakang ekor pesawat.
  1. D’topeng Kingdom
    Disini sudah disuguhi aneka ragam warisan budaya Indonesia. Nikmati sensai pesona warisan budaya bangsa Indonesia bersama keluarga, pacar atau gebetan. Jaga sejarah budaya kita yaa, supaya tidak dirusak oleh pihak asing.
  1. Pasar Apung

Setelah semua dijelajahi, berulah kita bermai ke pasar apung nya museum angkut.

  1. Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada disini. Menu makanannya pun tergolong tempo dulu dengan nuansa pasar apung. Kamu juga bisa naik sampan di sungainya, gratis kalau mendayung sendiri dan bayar 10 ribu per orang jika mau didayungkan.

Alamat Lokasi / Letak Museum Angkut Malang Batu Jawa Timur

Museum Angkut Malang Batu Jawa Timur

Objek wisata museum angkut  ini berlamat di jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2 yang bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Adapun rute menuju objek wisata Museum Angkut:

  • Kendaraan Umum : Dari manapun kamu berasal, pergilah ke terminal Batu > dari terminal Batu kamu bisa menggunakan Angkutan berwarna merah jingga (jurusan Batu – Selecta – Sumberbrantas).
  • Kendaraan Pribadi: Kamu bisa jadikan Jatim Park 1 patokan awal menuju museum angkut, setelah itu kamu tinggal berjalan lurus terus sampe kamu menemui Museum Angkut yang berada di pojok perempatan lampu merah.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata Museum Angkut Malang Batu Jawa Timur

  1. Jam Buka
    Museum Angkut buka setiap hari dari jam 12:00 hingga 20:00 wib. Tapi untuk loketnya sendiri sudah dibuka dari jam 11.00 dan sudah ditutup pada jam 19.30wib.
  1. Harga Tiket Masuk

Senin – Jumat (Weekdays) : Rp.70.000,-
Sabtu – Minggu (Weekends) : Rp.80.000,-

Tinggi badan 85 cm ke atas dikenakan tiket penuh. Jika ingin ke museum D Topeng, Anda hanya perlu menambah harga tiket masuk sebesar Rp.10.000,-
Selain harga tiket masuk, Anda juga diharuskan membeli tiket kamera seharga Rp.30.000,-/kamera jika membawa kamera berjenis DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dan sebagainya kecuali Handphone.

 Aktivitas Wisata yang Bisa dinikmati.

  • Melihat koleksi berbagai macam angkutan dari mulai yang masih tradisional hingga modern.
  • Berfoto dengan latar belakang landmark berbagai negara di luar negeri.
  • Jika datang pada hari Sabtu dan Minggu, Anda dapat menikmati parade superhero sekitar pada jam 17.00 mulai dari Batman, Superman, hingga Freddie yang menaiki mobil unik dan bisa diajak foto bareng.
  • Kemudian yang menarik dari museum Angkut ini adalah ada bagian permainan interaktif, yaitu dimana-anak-anak dapat naik mobil di dalam area pameran mobil.

 Fasilitas di Sekitar Objek Wisata Museum Angkut

  1. Hotel atau Penginapan
    Banyak berbagai macam hotel dengan harga bervariatif sebaiknya bookinglah hotel secara online jauh-jauh hari untuk mendapatkan diskon hingga 60% dan juga untuk menghindari kehabisan kamar.
  2. Rumah Makan
    Laper? Cari aja rumah makan seperti the Batu Villas Resto, Ketan Legenda Batu dan masih banyak yang lainnya. Atau kamu bisa cari makan di dalam area museum angkut seperti Warung Apung yang menjajakan makanan tradisional
  3. Toilet Umum
    Di dalam kawasan objek wisata Museum Angkut terdapat beberapa toilet umum.
  4. Tempat Parkir
    Area parkir cukup luas, kamu bisa parkir kendaraan pribadi mu disini.
  5. Toko Souvenir atau Oleh-oleh
    Jika Anda ingin membeli souvenir atau oleh-oleh, maka Anda bisa datang ke stand makanan dan penjual pernak pernik di penghujung rute.
  6. Tempat Ibadah
    Satu-satunya musholla yang bisa kita jumpai adalah di tempat parkir dan harus keluar dari area museum.

 Tips Berwisata di Objek Wisata Museum Angkut

  • Datang lebih awal biar bisa dapet tempat parkir depan pintu masuk.
  • Museun ini tersedia bagian indoor dan outdor nya, jadi berjaga-jaga membawa payung jika terjadi hujan
  • Siapkan tubuh fit untuk bisa menyusuri setiap sudut lokasi disini.
  • Di dalam museum areanya sangat luas, jadi bagi pengunjung wanita sebaiknya gunakan sepatu kets, dan jangan high heels.
  • Ingat, disini kamu tidak boleh bawa makanan masuk kedalam museum kecuali makanan bayi dan pastinya dilarang menyalakan api atau rokok dan pastinya tidak boleh membawa senjata tajam (sebelum masuk biasanya tas Anda akan dicek terlebih dahulu).

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply