Pantai Jonggring Saloko Kecamatan Donomulyo Malang

Pantai Jonggring Saloko Kecamatan Donomulyo Malang

Pantai Jonggring Saloko Malang merupakan salah satu pantai yang masih jarang dikunjungi oleh masyarakat umum. Secara administratif, pantai ini terletak pada Dusun Gondangtowo ujung selatan, Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Kamu bisa melihatnya dalam peta digital, sehingga kamu akan tau jika pantai ini berdekatan dengan Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Sendang Biru, dan sederet pantai-pantai terkenal lain di Kabupaten Malang Selatan dengan jarak sekitar 69Km dari arah kota Malang.`

Jonggring Saloka memang belum banyak dikenal, tapi pantai ini bisa di bandingkan akan keindahannya dengan pantai-pantai lainnya di bali ataupun di kota lainnya di Indonesia. Karena pantai ini jauh lebih memuaskan, dengan alamnya yang masih natural, eksotis, cantik dan bersih.

Baca Juga : 42 Tempat Wisata Malang Batu dan Sekitarnya Yang Terbaru Murah

Konon katanya, nama Jonggring Saloko berasal dari nama sebuah Kahyangan yang ditempati oleh para Batara Narada yang dikenal dengan Sanghyang Kanwakaputra atau Sanghyang Kanekaputra (seorang tangan kanan dari Batara Guru yang mendiami Kahyangan bernama Jonggring Saloko).

Rute Lokasi Pantai Jonggring Saloko

42 tempat wisata malang batu dan sekitarnya terbaru murah

Kamu yang kesini bisa mengetahui langsung jalur atau akses menuju pantai Jonggring Saloko yang masih tergolong ekstrim. Terdiri dari jalan bebatuan, terjal dan berkelok-kelok dapat membuat tenaga kamu terkuras habis.

Selain jalan berbatuan, disini juga amat berbahaya apabila dibarengi dengan hujan. Disarankan kamu yang kesini tidak datang pada musim penghujan, selain menghindarai bahaya jalan licin kamu juga akan melewatinya sekitar sebelas kilometer menuju bibir pantai bahkan aku lalui selama satu jam.

Hanya setelah melewati jarak 3 km, kamu baru bisa menemui rumah-rumah penduduk sekitar. Sisanya kamu tidak akan bertemu dengan rumah penduduk , pom bensin, ataupun penjual makanan sekitar perjalanan menuju pantai. Hanya saja kamu nanti akan bertemu dengan makam tua yang sudah kotor dan angker.

Tapi tenang, sesampainya di pantai ini kamu akan langsung disuguhi dengan pemandangan pantai dengan air yang masih jernih dan ombak yang saling berkejaran. Kamu juga akan merasakan sejuknya angin dan suasana tenang saat melihat debuaran ombak menghantam karang. Cukup dipandang saja, karena disini kamu gak diperbolehkan berenang dengan alasan sudah ada tulisan akan larangan bagi para pengunjung supaya tidak berenang di Pantai.

Keunikan Pantai Jonggring Saloko Malang

Pantai Jonggring Saloko Kecamatan Donomulyo Malang

Ayem. Udara yang masih segar, jauh dari polusi, tenang, nyiur kelapa melambai menemani hangatnya suasana, eJangan berfikir bahwasanya kamu tersesat lantaran suasana yang sunyi sepi, tapi memang tempat ini sepi tidak berpenghuni.

Disini layaknya sebuah tempat yang dulunya pernah ramai samapai akhirnya dutinggalkan para penduduknya yang kini tinggal bekas bangunan dan puing-puing reruntuhan genteng maupun batu bata. Sedikit terlihat mistis jika melihat bekas toilet umum, rumah singgah dan semua bangunan terlihat berserakan dan tidak terawat.

Hal menarik dari Pantai Jonggring Saloko adalah semburan air laut yang menghantam karang berlubang yang biasa di sebut “Brosh”, nama brosh sendiri diambil dari suara hasil semburan tersebut yang berbunyu “brossh”. Semburan itu sendiri bisa mencapau ketinggian 10 meter.

Ada juga sungai kecil yang air nya berasa tawar, hal ini membuat tempat ini memiliki fenomena lain selain “brosh”. Kamu bisa mendirikan tenda diarea ini jika ingin bermalam. Tapi fasilitas dipantai ini masih belum memiliki fasilitas yang cukup mumpuni.

Jadi perlu kamu ketahui bahwa jika kamu kesini setidaknya membawa perbekalan yang cukup, karena memang tidak ada penjual makanan seperti pantai selatan lainnya. Apalagi pemukiman warga dengan pantai memiliki jarak sekitar 5 km.

Satu lagi, sebelum dan sesudah dari pantai. Sebaiknya untuk menyiapkan tempat sampah supaya tidak meninggalkan sampah sedikit pun dan berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan. Salam sahabat baikmu, Iqbal Azhari.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply