Punya Apartemen? Beginilah Status Hak Milik Apartemen

Status Hak Milik Apartemen

Memang tinggal di dalam apartemen menjadi salah satu alternatif jika ingin tinggal di pusat kota. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya memiliki banyak sekali bangunan apartemen. Namun, banyak yang belum mengetahui dan masih bertanya-tanya.

“Jika saya membeli Apartemen. Apa status Hak Milik saya?”

Pertanyaan seperti itu memanglah wajar. Karena untuk mendapatkan apartemen berukuran 30 m2 saja sudah mengeluarkan uang ratusan bahkan miliaran rupiah. Tentu bagi orang yang membelinya tidak ingin ada kerugian sedikitpun atas uang yang sudah ia keluarkan.

Perlu anda ketahui bahwa apartemen, kondominium, rusunami, rusunawa, anami, rumah susun non hunian, semuanya itu adalah nama lain dari susun. Dan telah ditentukan perundang-undangannya pada UU No. 16 Tahun 1985.

Berdasarkan status tanahnya, apartemen dapat digolongkan menjadi 3. Yakni :

  1. Tanah Negara
  2. Tanah Hak Milik
  3. Tanah Pengelolaan

Jika apartemen yang anda beli berada di atas negara, itu artinya status pengelolaan menjadi Hak Guna Bangunan (HBG) murni, jika apartemen berdiri diatas tanah hak milik maka hak pengelolaan menjadi HGB Hak Milik.

Tapi, jika anda sudah membeli apartemen tentu memiliki sertifikat kepemilikan. Entah itu sebagai Hak Milik atau Hak Guna Bangunan. Disini anda perlu mengetahui bahwa Hak Milik Tanah biasa dengan Hak Milik Apartemen itu berbeda. Jika apartemen, maka hak milik akan terbagi menjadi 3 hal, yakni :

  1. Milik pribadi (Unit Apartemen)
  2. Barang bersama (lift, parkir, tangga, dll)
  3. Tanah milik bersama

Memang sertifikat yang anda miliki dalam membeli apartemen bukanlah sepenuhnya milik anda. Yang menjadi hak seutuhnya adalah unit dari apartemen. Sementara itu hak tanah dan barang bersama bukanlah milik anda sepenuhnya.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli apartemen, ada baiknya anda harus menanyakan bagaimana status kepemilikan tanah tempat apartemen itu berdiri, Karena umur kepemilikan apartemen yang telah anda beli sangat bergantung pada status sertifikat tanahnya. Entah tanah apartemen itu berstatus HGB / HPL / Hak Pakai. Karena akan sangat sayang sekali jika anda membeli apartemen diatas tanah yang belum memiliki sertifikat hak milik seutuhnya.

Status Hak Milik Apartemen

Sebagai bukti hak milik atas rusun (Apartemen) maka akan diterbitkan sertifikat hak milik rumah rusun (strata title) yang terdiri atas :

  1. Salinan buku tanah
  2. Surat ukur atas hak tanah bersama
  3. Gambar denah tingkat rumah susun (apartemen) yang bersangkutan, yang menunjukkan satuan rusun yang dimiliki

Oleh karena itu, besarnya bagian hak atas bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama merupakan sebuah kesatuan yang tidak akan dapat dipisahkan.

Seandainya terjadi bencana pada daerah sekitar apartemen, dan apartemen itupun roboh dan mengalami kerusakan yang parah. Maka kepemilikan atas apartemen yang digunakan secara terpisah otomatis terhapus, namun anda masih memiliki hak bagian atas hak milik bersama terhadap bagian bersama, benda bersama, tanah bersama sesuai nilai perbandingan proposionalnya.

Nah, apakah anda sudah tahu status hak milik apartemen? Lalu, mana yang lebih baik? Punya rumah atau punya apartemen? Baca juga : Mana yang Lebih Baik? Pilih Beli Rumah atau Apartemen?

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply