Ini Dia! Sifat-sifat yang dimiliki para Sales Sukses!

sales sukses

Sales / salesman merupakan bagian vital dari sebuah perusahaan. Semakin professional sales yang dimiliki oleh perusahaan, semakin besar pula omset yang dimiliki. Hal ini dapat di tinjau dari fungsi para sales, yaitu menjual produk sesuai dengan target yang ditentukan.

Menjadi sales bukanlah hal yang mudah, apalagi ia harus pandai dalam memikat hati calon pembeli agar terjadi penjualan. Jika tidak memiliki keterampilan ini, tentu para sales ini akan percuma saja membuang waktunya untuk berbincang dengan calon pembeli.

Berdasarkan beberapa pengamatan, para sales yang sukses memiliki beberapa sifat ini :

SALES SUKSES

TEGAS

Sifat ini akan mampu membuat calon pembeli agar segera merespon penawaran anda. Biasanya para sales handal ini akan mengeluarkan kalimat jitunya seperti :

“Bisakah anda menghubungi saya apabila sudah membuat keputusan?”

“Jika anda tidak membeli sekarang, penawaran ini akan segera berakhir”

“Bisakah anda memberitahu saya? kapan tanggal spesifik anda membuat keputusan?”

Kalimat seperti itu memang terkesan sedikit memaksa, tapi itu adalah kalimat penegasan agar calon pembeli tidak mengulur-ngulur waktunya untuk sekedar basa basi.

KENALI EMOSI ANDA

Sebelum  memasarkan sebuah produk pada seseorang, ada baiknya anda harus mengenali bagaimana kondisi emosi yang sedang dialami. Karena jika mood anda sedang buruk, ucapan-ucapan negatif atau rasa tidak sabaran sering kali datang. Akibatnya anda tidak bisa memasarkan produk yang anda tawarkan dengan optimal. Maka dari itu, cari suasana yang benar pas dengan hati anda, jika mood anda baik tentu dari segi ekspresif wajah yang ramah saja akan mengundang perhatian calon pembeli.

KENALI EMOSI CALON PEMBELI

Mengenali emosi diri sendiri saja tidak cukup, anda harus memperhatikan bagaimana kondisi emosional calon pembeli anda. Seperti contoh : hari ini anda berencana untuk menawarkan produk pada calon pembeli A, tapi setelah sampai di tempat ternyata calon pembeli A ini sedang mengalami musibah. Bisa jadi dalam perjalanan dompetnya di rampok atau sebagainya. Anda sebagai sales tentu tidak bisa memaksa kehendaknya untuk membeli produk anda.

Biasanya sales yang telah handal justru ikut memberikan empatinya pada calon pembeli, dan memberikan alternatif penyelesaiannya. Dengan begitu image anda sebagai seorang sales justru lebih baik, karena anda tidak lagi dianggap sebagai tukang dagang namun sebagai seorang teman yang baik. Dan di kemudian hari si calon pembeli ini memiliki peluang untuk menghubungi anda.

OPTIMIS

Tips menjadi sales suksesOptimis akan membantu anda dalam mempertahankan keteguhan dalam memasarkan produk. Memasarkan produk kepada semua orang adalah hal yang cukup sulit. Bahkan jika dihitung menurut presentase, dari 10 orang mungkin hanya 6 diantara mereka yang tertarik, itupun jika anda merupakan sales professional yang mampu mengambil hati para calon pembeli.

Jika calon pembeli anda hari ini buruk, berpikirlah bahwa esok calon pembeli akan ramah. Hal ini akan membuat anda semakin professional dalam menangani para calon pembeli, anda akan tahu bagaimana cara menyikapi mereka semua.

Menjadi sales sukses merupakan hal yang tidak mudah. Kini anda harus mempelajari beberapa sifat ini agar bisa menjadi salah satu sales sukses diluar sana!

 

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply