Sumber Sirah Gondanglegi Kabupaten Malang Selatan Jawa Timur

Sumber Sirah Gondanglegi Kabupaten Malang Selatan Jawa Timur

Sumber Sirah – Di kota Malang ini kita memang gak ada habis nya buat berhenti bercerita tentang wisata alamnya yang melimpah ruah, dari mulai pantai, air terjun sampai dengan sumber mata air yang banyak digunkan para pecinta foto bawah air. Salah satunya adalah sumber sirah, sumber mata air yang sangat jernih merupakan daya tarik utama dari wisata ini. Mungkin beberapa orang atau bahkan kamu sendiri, merasa sedikit asing mendengar nama sumber tersebut yang berlokasi di desa Sumber Jaya kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang.

Pemandangan yang begitu alami dari sumber sirah ini berasal dari airnya yang sangat jernih dan di dasar sumber air ini ada tanaman tanaman kecil sejenis ganggang yang berwarna hijau dengan pasir hitam halus, batu-bebatuan kecil dan dihiasi ikan-ikan kecil.

Sumber Sirah Gondanglegi Kabupaten Malang Selatan Jawa Timur

Saat kamu masih berada di atas permukaan, kamu sudah bisa melihat tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil den ikan-ikan kecil yang terlihat sangat jelas karena jernihnya air sumber sirah.

Kamu akan langsung merasa ingin berenang saat melihat air yang begitu jernih dan segar, terutama airnya dapat langsung menyegarkan tubuh kamu. Sumber sirah sendiri memiliki kedalaman sekitar 80cm – 1,5meter yang bisa kamu gunakan berenang dan bermain air sepuasnya.

Kamu juga harus lebih berhati-hati saat berenang, karena tanaman di sumber sirah ini tergolong mudah patah dan bisa terlepas dari dasarnya, sehingga kamu harus tenang dan tidak banyak gerak supaya tidak ada tanaman yang rusak terutama menjaga airnya agar tidak menjadi keruh.

Baca Juga : 42 Tempat Wisata Malang Batu dan Sekitarnya Yang Terbaru Murah

Terutama buat kamu yang gak bisa berenang, sebaiknya jangan bermain-main atau kamu yang ngebet pengen main sama airnya bisa menyewa ban yang disewakan sekitar Rp. 2000-5000,-. Gunakan baju renang dan peralatan tambahan yang nyaman, supaya berenang nya terasa aman.

Pemandangan nya memang sangat indah dan tidak boleh kamu lewat kan begitu saja, dan tidak disarankan berlompat ke kolam renang. Karena selain menjaga kelestarian alam, perairan disini juga terhitung sangat dangkal.

42 tempat wisata malang batu dan sekitarnya terbaru murah

Kamu yang mau berkunjung kesini sebaiknya mengambil arah ke malang kota dulu (jika berasal dari luar kota malang dan sekitarnya), lalu lanjutkan perjalanan menuju bululawang yang mengarah ke pabrik gula dan terus saja luru sampai kamu nemuin pabrik prioneer.

Sampai di pabrik pioner, kamu bisa melihat jalan sebelah kanan yang ada pertigaa pertama dan sesudahnya kamu bisa terus ke pertigaan kedua dan bisa bisa berbelok ke kanan Memasuki gerbang kecil. Karena tidak ada petunjuk jalan yang jelas, maka disarankan untuk berjalan pelan-pelan agar tidak terlewat ketika masuk ke gang sumber sirah ini.

Setelah masuk gang kamu bisa mengikuti jalan lurus sampai nanti jalan tersebut menyempit dan hanya tanah-tanah, paving-paving dan hanya bisa digunakan dengan sepeda motor ataupun sepeda pancal.

Sebelum sampai di sumber sirah ini kalian bisa tengok ke sekeliling terlihat hamparan kebun tebu dan kelapa milik warga sekitar.

Rekomendasi dari saya adalah menggunakan kendaraan roda dua untuk mengakses ke lokasi ini. Karena jika kamu pakai mobil, maka kamu akan parkir di rumah warga sekitar yang berjarak sekitar 200 meter menuju lokasi sumber sirah ini.

Apalagi kalau sudah musim hujan, jalanan menuju ke sumber sirah akan menjadi sangat licin karena tanah yangbercampur air sudah mulai menjadi lumpur yang nantinya membuat jalan beraspal atau yang di paving akan terasa licin berlumut.

Di sekitar pantai ini masih belum ada fasilitas umum, karena memang belum ada bagian pengelola saat saya kesana. Mungkin sekarang fasilitas nya sudah di tambah kan, dari segi ruang ganti, kamar mandi sampai dengan musollah.

Wajar saja tentang hal tersebut, karena lokasi yang kita kunjungi masih dalam kawasan perdesaan, dimana air sumbernya biasa digunakan para warganya untuk pengairan dan untuk tempat mandi warga sekitar.

Tapi dari segi pemandangan, sumber sirah akan terlihat sangat memukau jika pengelola memperbaiki dari segi fasilitas dan keamanan. Tetapi karena tempat ini masih tergolong baru, alangkah baiknya kita juga ikut berperan penting dalam menjaga keindahan dan kebersihan wisata ini.

Karena kebanyakan dari kita tidak sadar akan apa yang kita lakukan malah mencemari lingkungan. Dengan menjaga wisata ini, sedikitnya kita menjaga agar bumi menjadi tempat tinggal yang tetap indah sampai generasi penerus kita, Salam Lestari.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply