200 Tempat Wisata Bali Murah Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

200 Tempat Wisata Bali Murah Terbaru Yang Wajib Dikunjungi
 

200 Tempat Wisata Bali Murah Terbaru Yang Wajib Dikunjungi mulai dari Bali Utara, Barat, Timur Bahkan Selatan semuanya full dengan destinasi wisata yang bisa kamu datangi bersama teman, keluarga, atau kekasih tercinta. Ada banyak sekali pantai yang luar biasa indah yang masih tersembunyi dan belum banyak di sentuh wisatawan jadi ya masih super perawan. Tidak hanya pantai saja ternyata di Bali ini ada banyak jenis lokasi wisata lain seperti bendungan, gunung, permainan, dll. Kali ini saya dan tim Travelling Yuk Bos akan segera memberikan review berbagai lokasi wisata yang ada di Bali dan jika sempat kami akan membuat video vlog sekaligus untuk menghibur kamu.

Bicara pulau Bali tentu saja tak lepas dari pembicaraan tentang pesona alam dan keindahan tempat wisata nya. Banyak wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing yang datang berkunjung ke Bali. Memang tak bisa dipungkiri bahwa sejak dulu Bali merupakan salah satu tujuan utama wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena harus diakui bahwa Bali merupakan pulau yang indah dengan banyak panaroma wisata yang mengagumkan. Dari sekian banyak tempat wisata di Bali, berikut akan kami berikan indormasi mengenai tempat wisata Bali yang wajib untuk Anda kunjungi. Simak, yuk!

  1. Pantai Kuta

Ketika anda mendengar kata “Kuta Bali” pasti semua orang akan tertuju pada pantai yang satu ini. Pantai kuta adalah pelopor pariwisata pantai di Bali. Pesona utama Pantai Kuta ini yaitu wilayah nya yang luas di selimuti pasir putihnya yang bersih. Disamping keindahannya, pantai kuta memiliki ombak yang sangat cocok untuk berselancar.  Gak heran deh, kalau pantai ini tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sekitar pantai ini juga dilengkapi toko oleh-oleh yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak memerlukan biaya yang mahal, kok. Jadi jika anda berlibur di Bali, liburan anda jadi tidak lengkap kalau tidak berkunjung di pantai Kuta.

  1. Danau Beratan Bedugul

Jika anda memerlukan suasana yang menenangkan, mungkin tempat ini cocok untuk menikmati liburan anda. Danau beratan bedugul merupakan sebuah tempat di Bali yang terletak di daerah pegunungan dengan suasana yang sejuk dan nyaman. Disekitaran danau ini terdapat tempat rekreasi Kebun Raya Bedugul, yang merupakan kebun raya satu-satunya di pulau Bali. Disekitaran danau ini anda bisa menemukan tempat penyewaan kapal boat atau sampan yang disewakan bagi pengunjung agar bisa lebih menikmati pemandangan di Danau ini.

  1. Tanjung Benoa

Anda penggemar permainan air yang seru? Saya sarankan anda untuk berkunjung di tempat yang satu ini. Tanjung benoa terletak di perbatasan Bali dan Pulau Nusa Dua. Tanjun benoa merupakan salah satu pusat wahana air di Pulau Bali. Selain itu, banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu terdapat pelayaran yang menuju Pulau Penyu yang meupakan tempat penangkaran jalak bali, kura-kura, dll.

  1. Ubud

Kawasan ubud merupakan kawasan yang masih alami. Kawasan ini dikelilingi oleh daerah persawahan dan hutan yang sangat indah. Setiap kegiatan yang dilakukan masyarakat tidak pernah lepas dari kesenian. Kawasan ubud masih memiliki peninggalan-peninggalan kerajaan yang masih rapi, gak heran deh kalo tempat ini cocok bagi yang ingin belajar kebudayaan yang ada di Pulau Bali.

  1. Tanah Lot

Tempat di Pulau Bali yang sangat indah akan pemandangan matahari terbenam? Tentu saja, Tanah Lot. Tanah Lot merupakan pantai yang terkenal akan wisata religi dan pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik. Menurut warga sekitar, tempat ini tergolong suci karena terdapat dua pura yang masig-masing terletak di atas bongkahan batu karang dan tebing yang menjorok ke laut pura tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Laut. Di sepanjang jalan menuju pura, anda akan menemukan pasar kerajinan tangan khas Pulau Bali. Anda akan menemukan gantungan kunci dari kerang atau bintang laut, gelang dan kalung yang diukir, dan kerajinan tangan khas Pulau Bali lainnya.

  1. Air Terjun Blahmantung

Jika anda menginginkan tempat sejuk dan menenangkan selama liburan di Bali, saya sarankan anda mengunjungi Air Terjun Blahmantung. Air terjun Blahmantung merupakan air terjun tertnggi ke dua di Pulau Bali. Air Terjun Blahmantung memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Selama perjalanan menuju air terjun Blahmantung, anda akan menikmati pemandangan sawah yang sungguh cantik. Air terjun Blahmantung terletak tersembunyi di antara tebing-tebing yang tinggi. Namun, kolam di air terjun blahmantung  memiliki air yang sejuk dan bening

  1. Air Terjun Gitgit

Air terjun Gitgit di Pulau Bali memiliki suasana yang sunyi dan damai dengan air sejuk dari pegunungan dan pemandangan hutan yang masih alami. Air terjun Gitgit adalah air terjun paling terkenal di Pulau Bali, karena letaknya yang strategis yaitu di dekat Jalan Raya Denpasar, Bedugul, Singaraja. Tak seperti air terjun lainnya yang ada di hutan dengan tebing yang curam, Air terjun Gitgit berada di antara perkebunan cengkih dan perkampungan penduduk. selama di perjalanan menuju  air terjun, anda akan menemui pedagang souvenir yang menjual kerajinan tangan. Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan air terjun gitgit hanya memerlukan tiket masuk seharga 3 ribu rupiah per orang. Wah, murah sekali ya..

  1. Air terjun Tegenungan

Air terjun tegenungan merupakan salah satu air terjun yang tidak terletak di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Air terjun tegenungan terletak di desa Kemenuh, kabupaten Gianyar. Air terjun yang satu ini tinggi sekitar 5 meter memang tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki aliran yang deras, serta air yang dingin dan bening yang sangat cocok untuk bermain-main dengan air. Pemandangan di sekitar air terjun tegenungan sangat indah, pasalnya Air terjun ini dikelilingi oeh pepohonan yang asri. Di dekat air terjun tegunungan juga disediakan pemandian dengan pancuran yang berasal dari mata air alami.

  1. Air Terjun Lemukih

Air terjun Lemukih sangatlah unik, karena memiliki tiga air terjun sekaligus. Air tejun Lemukih berada di desa Lemukih, kabupaten Buleleng. Air terjun yang paling tinggi memiliki tinggi 4 meter, dan dua air terjun lainnya lebih kecil. Air terjun lemukih masih tergolong alami, karena belum banyak orang yang mengetahui nya. Jika anda ingin menuju ke sana, maka kalian harus menanyakannya ke penduduk sekitar.

  1. Air Terjun Sekumpul

Air terjun sekumpul merupakan air terjun terindah di Pulau Bali. Air terjun ini terletak di Desa Sekumpul. Desa sekumpul letaknya dekat dengan Desa Lemukih. Yang membuat air terjun ini indah adalah Air terjun Sekumpul terdiri dari 7 air terjun. Ketujuh ar terjun memiliki ketinggian yang berbeda-beda dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan tebing-tebing yang tinggi. Air terjun tertinggi memiliki tinggi sekitar 80 meter. Siapapun yang melihat air terjun ini merasakan suasana yang masih alami. Nggak salah lagi kalau Air Terjun Sekumpul merupakan air terjun terindah di Pulau Bali.

  1. Air Terjun Carat

Air terjun Carat terdiri dari dua air terjun, keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Namun, yang hanya bisa anda kunjungi air terjun yang berukuran kecil. Air terjun Carat yang lebih kecil memiliki tinggi sekitar 5 meter. Air terjun Carat yang tinggi tidak dapat dikunjungi untuk mandi atau sekedar main-main air, karena debit air yang besar dan deras dengan tebing tinggi dan curam. Air terjun Carat yang lebih tinggi memiliki tinggi sekitar 100 meter. Air terjun tersebut merupakan air terjun tertinggi di Pulau Bali. Masyarakat sekitar menganggap air terjun tersebut angker, oleh sebab itu pengunjung dilarang berkata kasar.

  1. Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting adalah air terjun yang berlokasi Desa Munduk, kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Air terjun melanting terletak di antara kebun kebun yang indah dan eksotis. Dari perjalanan menuju air terjun ini akan terdengar suara derasnya air terjun yang membuat anda ingin segera menyaksikan keindahannya. Di sekitar air terjun ini juga banyak dihuni oleh burung yang memiliki kicauan merdu nan indah. Selain itu, udara di Air Terjun Melanting sangat sejuk yang tentunya cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri dari suasana kota yang ramai. Tidak hanya wisatawan lokal yang tertarik dengan keindahan air terjun Melanting, namun wisatawan mancanegara juga ikut menikmati keindahan di Air Terjun Melanting.

  1. Tebing Hijau Undisan

Tebing hijau Undisan terletak di Desa Undisan Kelod, Bangli. Memang perjalanan menuju tempat ini cukup sulit tetapi dapat memanjakan mata anda dengan pemandangan sawah, hutan, jurang, bahkan air terjun. Mengapa tebing ini dinamakan ebing hijau? Karena tebing ini tertutup oleh lumut hijau yang memanjakan mata. Di bawah tebing ini terdapat aliran sungai menuju ke sebuah gua kecil. Jika anda penasaran, maka silahkan mencoba mencari tahu apa yang ada di gua itu.

  1. Bukit Asah

Bukit asah terletak di Desa Bugbug, Karangasem. Bukit Asah di memiliki perpaduan objek wisata pegunungan dan laut yang indah. Jadi, dari atas tebing anda bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa. Untuk dapat mencapai bukit ini, anda harus melewati jalan yang bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat, namun belum di aspal. Tapi, usaha anda akan terbayar dengan keindahan Bukit Asah.

  1. Bukit Campuhan

Bukit campuhan sangatlah cocok dengan anda yang menyukai olahraga dengan pmandagan alam yang indah. Bukit campuhan memang belum banyak terkenal di kalangan wisatawan karena letaknya yang berada  di belakang hotel. Sepanjang perjalanan menyusuri jalur trekking di atas Bukit Campuhan Ubud, anda akan disuguhi pemandangan padang ilalang yang memenuhi permukaan bukit. Bukit Gunung Lebah ini juga diapit oleh 2 anak sungai, sehingga tercipta lembah-lembah dengan rerimbunan pohon-pohon tropis, di kejauhan terlihat sekumpulan pohon nyiur dan hamparan persawahan tersaji indah, di bagian lainnya terlihat sejumlah hotel dan villa yang terdapat di tebing-tebing bukit.

  1. Bukit Teletubbies Kubutambahan

Mengingat nama teletubbies, maka anda akan berpikir tentang film kartun masa kecil anda yang tinggal di sebuah bukit yang indah. Ternyata, bukit tersebut bisa anda temukan di Desa Kubutambahan, buleleng. Bukit teletubbies sangat disayangkan bila anda tidak mengunjunginya, karena bukit ini sangat indah dan asri dengan pemandangan pohon pohon hijau di sekeliling bukit.

  1. Taman Rahasia Sambangan

Taman rahasia terletak tersembunyi di Desa Sambangan. Taman ini sangat terpencil dan masih alami karena belum banyak wisatwan yang tahu akan keindahan taman ini. Taman ini berupa sebuah kolam kecil di bawah tebing dengan pemandangan hutan di sekitarnya.

  1. Pantai Pasih Uug

Pantai uug dalam bahasa Bali artinya pantai rusak. Namun ternyata keindahan alam ini justru sangatah unik. Karena, anda akan menemukan tebing tinggi yang mempunyai lubang di bagian bawah bagaikan terowongan laut. Tebing – tebing tersebut juga membentuk kolam alami air laut.

  1. Bukit Karang Pantai Atuh

Gugusan karang di Pantai Atuh mempunyai bentu karang seperti batu karang di Raja Ampat. Pada saat air laut surut keindahan alam dengan gugusan bukit yang sangat eksotik ditambah dengan birunya laut dan langit akan menambah keindahan gugusan karang di Pantai Atuh.

  1. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong merupakan kolam alami yang memiliki air sebening kristal hingga, dasar kolam tersebut terlhat dan memiliki warna hijau yang mempesona. Dasar kolam tersebut tidak licin, jadi tidak perlu takut untuk terpeleset. Angel’s Billabong terletak di Nusa Penida, kabupaten Klungkung. Kolam ini sangatlah indah sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan nama Angel’s Billabong yang memiliki arti ujung sungai para malaikat. Angel’s Billabong. Kolam ini memiliki ciri khas unik berupa cekungan cekungan kolam yang memiliki warna kuning dan hijau yang belum tentu dimiliki oleh kolam di daerah lainnya.

  1. Tebing Banah

Tebing Banah merupakan tebing tinggi yang berbatasan dengan laut tanpa ada pembatas. Para pengunjung harus memilki keberanian yang kuat untuk menikmati keindahan alam spektakuler dari atas tebing ini. Tebing Banah berlokasi di Nusa Penida, Klungkung. Dari arah tebing banah anda akan melihat batu karang raksasa yang menyerupai busur bak pulau kecil di tengah laut. Selain itu, anda juga bisa menikmati sunset yang sangat eksotis dari tebing ini.

  1. Pantai Padang Padang

Pantai padang padang kurang begitu terkenal di kalangan wisatawan, namun pantai padang padanng begitu indah dan unik. Pantai ini dikelilingi tebng tebing tinggi. Tebing tebing tersebut terkena hempasan ombak dan akhirnya membentuk gua kecil maupun besar. Jadi, jika anda ingin menikmati pantai dengan pasir putih yang indah anda harus melewati gua yang mengitari pantai ini. Pantai ini kurang terkenal di telinga wisatawan lokal namun, pantai ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan asing. Pantai Padang Padang berlokasi di kawasan Pecatu.

  1. Pantai Geger

Pantai geger merupakan pantai yang memiliki air sebening kristal dan pasir putih yang indah. Pantai Geger juga meiliki suasana yang tenang dan sunyi. Jika anda berkunjung disini maka jangan lupa juga untuk mengunjungi area pembudidayaan rumput laut, anda akan menemui para petani yang menanam atau mengumpulkan rumput laut. Banyaknya rumput laut juga memikat ikan ikan eksotis yang menghampiri air yang lebih dangkal. Air yang tenang dari pantai geger juga cocok untuk berenang maupun snorkeling. Pantai Geger berlokasi di Desa Paminge, Nusa Dua.

  1. Pantai Amed

Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih, pantai Amed memiliki butiran pasir berwarna hitam. Keunikan tersebut diakibatkan pasir vulkanis. Pantai ini sangatlah cocok untuk para pecinta diving maupun snorkeling. Pantai ini terletak di Desa Amed, kabupaten Karangasem.

  1. Pantai Soka

Pantai soka merupakan kawasan tersembunyi di bagian timur pulau Bali. Pantai soka memiliki pasir hitam yang lembut dengan bebatuan karang yang menghijau karena lumut. Salah satu sisi dari pantai soka memiliki barisan bukit yang indah, serta panorama indah dari gunung agung. Di penjuru barat pantai soka terdapat batu karang besar yang memiliki cerita tersendiri. Pantai Soka berlokasi di Gilimanuk, Tabanan.

  1. Pantai Green Bowl

Pantai green bowl merupakan sebutan dari pantai yang memiliki kolam berwarna hijau degan gugusan karang ketika air sedang surut. Untuk mencapai pantai ini anda harus menuruni ratusan anak tangga namun, keindahan alam yang diberikan tiada duanya, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Pantai green bowl juga terkenal akan gua-gua kecil di sekelilingnya yang dihuni oleh ratusan kalelawar. Pantai ini terletak di Desa Unggasan, Kuta Selatan, Badung.

  1. Pantai Gunung Payung

Pantai gunung payung adalah salah satu pantai yang terletak di Desa Kutuh, Badung. Di sekitar pantai ini masih belum terdapat penginapan atau hotel, maupun pedagang kaki lima, jadi anda harus membawa bekal sebelum menuju ke pantai ini. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang berwarna biru bergradiasi hijau. Tidak seperti pantai lainnya, pantai ini memiliki lahan yang tidak terlalu luas dan sepi akan wisatwan. Nah, jika anda ingin menikmati suasana yang alami dan damai silahkan berkunjung di pantai yang indah ini.

  1. Pantai Nyang-nyang

Pantai nyang – nyang merupakan pantai yang dekat di daerah Pura Uluwatu. Pantai yang berada di bawah tebing yang tinggi ini memiliki pasir putih dan air laut berwarna biru nan jernih. Untuk dapat menikmati pantai yang indah ini, anda harus menuruni ratusan anak tangga yang terbentang dari atas tebing higga bibir pantai. Jika anda berada di atas tebing anda akan melihat putihnya pasir dan birunya samudra Hindia dari pantai nyang – nyang. Sedikitya pengunjung di pantai ini, maka akan menambah suasana liburan anda tanpa diganggu pengunjung lain.

  1. Pantai Bias Tugel

Pantai bias tugel merupakan pantai yang terletak di kawasan Karangasem. Pantai ini memiliki nama serta arti yang unik sesuai dengan bentuk pantainya. ‘bias’ memiliki arti pantai, dan ‘tugel’ artinya terpotong. Jadi arti keseluruhnnya adalah ‘pantai yang terpotong. Hal ini dikarenakan pantai ini diapit oleh batu karang yang besar di sisi kanan dan kiri nya, sehingga pantai ini tergolong kecil. Namun, meskipun kecil pantai ini memiliki pemandangan yang indah karena letaknya yang tersembunyi di antara batu karang maka pantai ini masih tergolong alami dengan pasir putih yang lembut serta air laut yang berwarna biru jernih akan siap memanjakan mata anda.

  1. Pantai Karma Kandara

Pantai karma kandara berada di Desa Unggasan, kecamatan Kuta. Pantai ini berada di bawah tebing yang tinggi. Pantai ini masih sepi akan pengunjung, jadi jika anda ingin menikmati liburan yang tenang dan damai bersama keluarga anda maka saya anjurkan untuk berkunjung ke tempat ini. Pantai ini memiliki air laut yang sebening kristal dengan warna hijau kebiruan, serta pasir putih yang sangat halus.

  1. Pantai Pandawa

Pantai pandawa terletak di Desa Kutuh, Badung. Pantai pandawa memiliki pasir putih yang bebas polusi, serta ombak yang cocok untuk berenang dan permainan air lainnya. Jika anda hanya ingin berjemur saja sambil menikmati suasana pantai, anda bisa menyewa kursi berjemur dan payung di bibir pantai. Untuk bisa masuk ke pantai ini anda hanya cukup mengeluarkan uang Rp.5000,- saja.

  1. Pura Besakih

Pura besakih adalah salah satu pura terbesar di Pulau Bali yang terletak di kaki gunung agung. Dalam areal besakih terdapat 1 buah pura pusat (Pura Penataran Agung) dan 18 Pura pendamping lainnya. Pura Penataran Agung (Pura Pusat Besakih) merupakan kawasan pura yang paling besar, terdapat banyak sekali bangunan Pura yang tinggi, besar nan megah. Pura Besakih merupakan pengekspresian dari kepercayaan penting yang dianut oleh umat hundi di bali yakni ‘Tri Hita Karana‘ yang apabila diartikan artinya 3 buah penyebab kebahagiaan melalui pengeratan hubungan. Jika pada hari-hari besar keagamaan umat hindu seperti punama, tilem, galungan, siwaratri dan yang lainnya maka pura besakih akan sangat ramai dikunjungi oleh umat hindu dari berbagai pelosok bali untuk datang bersembahyang ke Pura Besakih ini.

  1. Pantai Sanur

Pantai sanur merupakan pantai yang ada di Denpasar Selatan dan  terkenal akan keindahannya ketika sunrise, yang aka menarik banyak perhatian pada pengunjung dan fotografer. Selain itu, pantai ini memiliki pasir putih yang sedikit kasar dikarenakan terumbu karang yang ada di sekitar pantai. Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk olahraga air seperti, berenang, sonerkeling, maupun menyelam. Selain itu pantai ini cocok untuk olahraga lainnya seperti, berselancar.

  1. Pantai Lovina

Pantai lovina merupakan pantai yang ada di Anturan, Buleleng. Daya Tarik pantai lovina yang paling terkenal adalah melihat lumba – lumba melompat ria di lautan lepas dari jarak dekat dengan menaiki perahu nelayan. Namun untuk meliht lumba  lumba secara langsung maka tergantug dengan kondisi sekitar, yaitu di musim kemarau di sekitar bulan April – Oktober pada sekitar ja 6 pagi sampai 9 pagi.

  1. Pantai Jimbaran

Patai Jimbaran merupakan salah satu pantai terkenal yang terletak di Kuta selatan, Badung. Sama seperti pantai lainnya, pantai ini juga memilki pasir yang putih. Daya tarik utama pantai ini adalah restoran yang terletak di pinggir pantai. Restoran – restoran tersebut menyajikan hidangan – hidangan laut atau sering disebut seafood. Sambil menikmati hidangan – hidangan tersebut anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang sangat indah waktu petang.

  1. Sangeh

Wisata sangeh  berada di Sangeh, Badung merupakan wisata hutan lindung yang di dominasi oleh pohon pala. Di tempat wisata ini anda akan menemui banyak monyet – monyet berkeliaran, namun jangan takut karena monyet – monyet tersebut tidak buas. Tetapi jika ada yang menganggu maka monyet – monyet tersebut akan marah dan membahayakan. Di wisata sangeh anda akan menemukan pohon yang memiliki bentuk seperti kelamin pria dan wanita yang dinamakan ‘Pohon Lanang Wadon’. Tepat di tengah – tengah hutan lindung anda akan menemukan 2 buah pura, pura yang ukurannya lebih kecil dinamakan pura Melanting dan pura yang lebih besar dinamakan pura Bukit Sari. Orang sekitar mengkeramtkan kedua pura tersebut beserta monyet – monyet yang ada di tempat wisata tersebut.

  1. Ubud Monkey Forest

Ubud monkey forest (hutan monyet ubud) merupakan kawasan hutan  di Ubud yang dihuni oleh ratusan monyet jenis ekor panjang. Di dalam hutan ini terdapat 3 buah pura. Pura Dalem Agung yang berada di tengah hutan merupakan hutan tempat hidup kera. Pura Beji yang terdiri dari tiga pura yakni Pura Utama Mandala yang dikenal sebagai pura pemandian para dewa, Pura Madia mandala yakni pura yang memiliki sebuah kolam suci serta Puri Nista mandala yang merupakan tempat pemandian umum. Konon, tempat ini di keramtkan karena terdapat 3 buah pura suci di dalamnya beserta monyet di tempat ini.

  1. Pantai Seminyak

Pantai seminyak merupakan pantai yang terletak di desa seminyak, Badung. Pantai ini memiliki pantai dengan pasir putih yang halus. Keindahan panorama sekitar sangat indah menjelang matahri terbenam maupun matahari terbit. Di garis pantai terdapat kursi berjemur dan payungnya yang telah disdiakan untuk pengunjung yang melihat matahari terbenam menjelang petang.

  1. Pantai Dreamland

Pantai dreamland adalah pantai yang terletak di Pecatu, Badung. Pantai ini adalah pantai yang sangat bersih dengan pasir yang putih dan memberikan kesan nyaman pada pengunjung pantai ini. Pantai ini memiliki ombak yang sangat cocok untuk berselancar. Untuk dapat sampai ke pantai ini anda harus mengeluarkan uang untuk parkir cukup Rp.15000,-/mobil. Anda juga bisa menyaksikan peristiwa matahari tenggelam dengan sangat indah di pantai ini.

  1. Arung Jeram Sungai Ayung

Arung jeram di sungai ayung terletak di Ubud, Gianyar. Arung jeram sungai ayung sedikit berbeda dengan arung jeram lainnya yang menyediakan tantangan bagi pengunjung nya. Arung jeram sungai ayung menawarkan keindahan sungai dengan tebing yang terukir indah menjadikan salah satu ciri khas kreatifitas orang – orang Bali. Dalam 1 boat terdiri dari 4 orang dan 1 instruktur akan mengarungi sungai Ayung selama kurang lebih 2 jam dengan jarak sekitar 12 km. Aliran di sungai ini tidak seberapa deras dan jeramnya tidak menukik.

  1. Pantai Legian

Pantai legian memiliki letak yang berdekatan dengan pantai kuta, yaitu Legian, Kuta. Pantai ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai kuta namun kelebihan dari pantai ini adalah pengunjung di pantai legian tidak terlalu banyak seperti pantai kuta. Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak yang bagus untuk para perselancar. pantai Legian di dominasi wisatawan dari Australia dan domestic namun tetap tidak terlalu banyak seperti wisatwan di Pantai Kuta.

  1. Bali Shell Museum

Bali shell museum adalah satu – satunya museum kerang yang ada di Indonesia. Pemiliknya Stephen, memiliki hobi mengumpulkan fosil kerang selama puluhan tahun,bukan hanya dari Indonesia namun dari seluruh dunia. Dalam museum ini terdapat banyak fosil kerang yang beragam jenis dan umur yang di kumpulkan dari seluruh dunia. Bali Shell Museum terletak di Jalan Sunset, Kuta. Selain wisatawan domestik namun juga ada wisatawan asing yang berkunjung di sini.  Liburan anda akan menjadi lebih bermanfaat dengan berkunjung sekaligus belajar di tempat ini.

  1. Arung Jeram Sungai Telaga Waja

Sungai Telaga Waja terletak di desa Muncan, Karangasem. Arung jeram di sungai telaga waja menawarkan tantangan yang seru bagi pengunjung nya. Selama trek rafting di sungai telaga waja memiliki pemandangan sekitar yang indah. Dengan air sungai yang jernih dan sejuk karena berasal bersumber dari air mata gunung Agung.

  1. Garuda Wisnu Kencana

Garuda wisnu kencana adalah salah satu landmark dari Pulau Bali. Tempat wisata terletak di Nusa Dua, Badung atau lebih tepatnya di Bukit Unggasan Jimbaran. Di tempat ini akan terlihat patung Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda. Patung setinggi kurang lebih 12 meter ini dikelilingi air mancur dan air sumur yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai air suci. Air sumur tersebut tidak pernah kering selama musim kemarau. Selain patung dewa Wisnu juga terdapat patung dewa dan dewi lainnya di sekitar wilayah ini. Selama memasuki wilayah ini anda akan menemui deretan toko yang menjual cinderamata.

  1. Pura Tirta Empul

Tampak siring atau lebih dikenal wisatawan Tirta Empul, adalah pura yang terletak di kecamatan Tampak Siring, Gianyar. Nama Tampak memiliki arti telapak dan Siring memiliki arti miring. Pura Tampak Siring banyak dikunjungi ileh wisatawan lokal maupun asing. Di sekitar pura ini terdapat mata air yang digunakan pemandian untuk memohon tirta suci bagi pemeluk agama Hindu. Mata air di pura tampak siring memiliki sejarah tersendiri oleh karena itu tempat ini di sucikan oleh masyarakat sekitar.

  1. Pantai Kadonganan

Selain pantai Jimbaran yang menawarkan resto dengan aneka makanan seafood, pantai Kadonganan juga menawarkan resto di pinggir pantai yang menyajikan aneka makanan  dari hasil olahan ikan di laut. Dengan ombak yang tidak begitu besar dan pasir yang putih akan menambah kenyamanan liburan anda di pantai ini. Selain terdapat resto – resto di pinggir pantai anda juga bisa sekedar berjalan – jalan, berjemur, berenang, bahkan sekedar berfoto – foto. Pantai Kadonganan terletak di Kuta Selatan, Badung.

  1. Pantai Balangan

Pantai Balangan di Uluwatu, Bali merupakan pantai yang masih belum banyak dikunjungi apabila dibandingkan dengan pantai Kuta. Pantai ini memiliki pemandangan yagtak kalah indah dengan pantai lainnya. Pantai Balangan memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih , selain itu yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah ombak yang sangatlah cocok untuk para perselancar yang menyukai tantangan. Tak jarang, banyak perselancar kelas dunia yang berkunjung di tempat ini.

  1. Pantai Tulamben

Pantai tulamben sangatlah cocok bagi anda yang memiliki hobi menyelam, keindahan alam bawah laut di Pantai ini sangatlah indah dengan terumbu karang yang dihuni oleh sekian banyak jenis biota laut. Selain itu, terdapat kapal perang yang karam yang di huni oleh banyak biota laut. Pantai Tulamben berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini tidak memiliki pasir seperti pantai biasanya. Pantai ini memiliki batu batu seukuran kepalan tangan yang tidak licin dan tidak tajam serta aman untuk pengunjung.

  1. Pantai Canggu

Pantai Canggu merupakan pantai yang berada di Kuta Utara, Badung. Pantai ini terkenal akan keindahan panoramanya ketika matahari terbenam atau sunset. Banyak fotografer professional maupun pemula terpikat akan panorama di pantai ini. Nuansa romantis di Pantai Canggu juga memikat banyak pasangan untuk bulan madu di tempat ini.

  1. Pantai Blue Point

Pantai Blue Point atau di sebut oleh masyarakat sekitar dengan Pantai Suluban merupakan pantai yang berlokasi di Pecatu, Kuta Selatan. Pantai ini memiliki tebing yang terjal serta ombak yang besar. Ombak di pantai ini sangat cocok untuk para pecinta surfing. Pengunjung di Pantai Blue Point di dominasi oleh wisatawan asing dan pemuda pemuda, karena tempat ini cocok untuk surfing maupun hanya sekedar berfoto – foto.

  1. Pantai Echo

Pantai echo merupakan pantai yang berlokasi di desa Canggu, Kuta Utara, Badung. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati liburan yang tenang dan damai. Pantai ini masih belum banyak terdengar di kalangan wisatawan. Oleh sebab itu, pantai ini masih terjaga kebersihan dan keasriannya.

  1. Banjar Antungan

Banjar antungan merupakan tempat untuk berfoto dengan latar belakang lembah Tukad Melangit yang dipenuhi oleh pepohonan hijau yang masih asri. Tempat ini berlokasi di desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli. Terdapat suatu posko terbuat dari bamboo dan memiliki ketinggian 3 meter. Posko ini lah yang nantinya akan digunakan pengunjung sebagai tempat berfoto. Posko ini memiliki kapasitas 10 orang, sementara yang di anjungan hanya 5 orang.

  1. Pohon Bunut Bolong

Pohon bunut bolong terletak di Desa Manggisari, Gilimanuk merupakan pohon yang di keramatkan oleh warga setempat, namun orang setempat tidak menyebut pohon ini suci melainkan pohon yang memiliki aura magis dan angker.

Pohon ini memiliki akar yang berada di dua sisi jalan dan membentuk lorong yang bisa dilalui oleh kendaraan. Mitosnya, jika ada sepasang pengantin melintas di bawah pohon ini maka hubungan antara keduanya akan landas. Maka orang setempat membangun jalan lain di dekat pohon ini, jika anda melewati pohon ini juga tak apa karena mitos boleh dipercayai maupun tidak dipercayai tergantung kepercayaan anda.

  1. Mata Tembeling

Mata air tembeling merupakan kolam air alami yang berlokasi di Desa Batumadeg, Banjar Salak, Nusa Penida. Kolam ini memiliki warna yang sangat biru dan membuat orang yang berkunjung ingin berenang – renang di sini. Oleh masyarakat sekitar air dari kolam mata air ini dijadikan sebagai air suci dan bisa diminum juga.

  1. Gunung Agung

Gunung agung merupakan gunung tertinggi di Bali. Gunung agung terletak di Kec. Rendang, Karangasem. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 3.031 mdpl. Jika anda ingin mendaki gunung ini maka anda harus memiliki pemandu agar anda tidak tersesat di gunung ini. Jika anda sudah mendaki Gunung Agung, maka janganlah lupa untuk selalu menjaga kebersihan di gunung ini agar keindahan alam di Gunung ini tetap terjaga.

  1. Gunung Abang

Gunung Abang merupakan gunung yang berada di kecamatan Kintamani, Bangli. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.252 meter di atas permukaan laut. Gunung Abang juga memiliki gelar sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Bali.

  1. Desa Batubulan

Desa Batubulan merupakan desa pariwisata yan menampilkan kesenian khas dari Bali. Di Desa Batubulan anda akan menyaksikan tarian tarian yang berasal dari Bali, antara lain tari kecak, tari barongan, tari legong, dan tarian lainnya yang berasal dari Bali. Selain itu, anda juga akan menemukan seniman – seniman yang sedang membuat patung dari batu padas di depan rumahnya. Keunikan di desa ini adalah hampir seluruh penduduk memiliki keterampilan dalam mengukir batu. Keahlian ini diwariskan secara turun temurun oleh warga.

  1. Bali Bird Park

Bali bird park merupakan kawasan yang sangat cocok bagi keluarga dan anak – anak. Taman burung ini menyediakan burung – burung yang di koleksi, mulai dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Anda juga bisa berfoto – foto dengan burung yang ada disini dan didampingi dengan petugas. Bali Bird Park berlokasi di Singapadu, Gianyar. Selain terdapat taman burung anda akan mendapati pedagang – pedangan yang menjual cinderamata yang berhubungan dengan Bali Bird Park maupun kerajinan khas Pulau Bali lainnya.

  1. Bali Hai Cruise

Bali Hai Cruise merupakan kapal pesiar yang akan mengajak anda menyaksikan keindahan Laut Nusa Lembongan. Air laut di Nusa Lembongan memiliki air yang jernih dan tenang. Jika anda ingin berlibur di Bali Hai Cruise maka anda harus menyewa paket berlibur yang harganya lumayan mahal, tetapi anda akan merasakan keseruan yang memuaskan.

  1. Gunung Catur

Gunung catur adalah gunung tertinggi ke – 4 di Bali. Gunung catur memiliki tinggi kurang lebih 2096 meter di atas permukaan laut. Gunung catur terletak di Desa Pelaga, Kec. Petang, Badung. Gunung catur lebih dikenal masyarakat sekitar dengan Puncak Mangu. Ketika anda sampai di puncak maka anda juga bisa mengunjungi Pura Puncak Mangu yang merupakan warisan dari Kerajaan Mengwi.

  1. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi ke – 2 di Pulau Bali. Gunung Batukaru terletak di Tabanan.  Gunung batukaru merupakan penadah air hujan dan hulu sebagian besar sungai yang ada di daerah Bali Tengah. Ketika anda telah sampai di puncak maka anda akan menemukan Pura Puncak Kedaton yang merupakan Pura tertinggi di Pulau Bali, serta melindungi kesakralan seisi pulau.  Di kaki gunung terdapat kompleks gunung Batukaru, tempat pemujaan dewa pemelihara tanaman. Batukaru yang memiliki arti batok kelapa berasal dari sisi kawah yang I lihat dari kejauhan akan terilhat seperti batok kelapa.

  1. Desa Pinggan Kintamani

Desa Pinggan Kintamani adalah desa yang memiliki pemandangan luar biasa ketika di pagi hari dengan kabut tebal yang menyelimuti Gunung Batur. Desa Pinggan terletak di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Panorama saat sunrise di desa ini sangatlah menawan, dengan di dukung kabut tebal dengan latar belakang gunung Batur yang indah menambah kesan bgi pengunjung nya.

  1. Pura Dalem Balingkang

Pura Dalem Balingkang merupakan pura yang berada di desa Pinggan,Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Pura Dalem Balingkang adalah salah satu wisata religius yang memadukan kebudayaan tionghoa dan Bali. Pura Dalem Balingkang di bangun oleh raja Sri Jaya Pangus Harkajalancana sebagai bentuk cinta raja kepada permaisuri nya yang berasal dari tionghoa, kemudian diberi nama Balingkang yang berarti Bali+ing (permaisuri pertama) dan Kang (putri Kang Cing Wie).

  1. Devil’s Tears Nusa Lembongan

Devil’s Tears Nusa Lembongan adalah tebing berbatu yang terkena hempasan ombak yang kuat. Devil’s Tears merupakan tempat wisata yang menawarkan ombak yang menghantam batu dengan spektakular dan siap membasahi baju anda. Hal lain yang bisa anda temukan di sini adalah keindahan eksotis saat sunset menambah suasana yang menyenangkan di tebing ini.

  1. Toya Bungkah

Toya Bungkah adalah wisata pemandian air panas yang terletak di Desa Pekraman Batu, Bangli. Pemandian Toya Bungkah berasal dari dua suku kata yang memiliki arti ‘Toya’ artinya air dan ‘Bungkah’ artinya bongkahan batu. Air panas yang ada di pemandian Toya Bungkah adalah air panas alami yang berasal dari sumber air panas dan memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Lokasi pemandian Toya Bungkah dekat dengan danau Batur, sehingga sambil menikmati berendam dengan air hangat anda juga bisa menikmati pemandangan danau Batur. Fasiltas yang diberikan oleh pemandian ini juga lengkap seperti restoran, toilet, kamar ganti, gazebo, dan yang lainnya.

  1. Taman Safari Bali

Taman Safari merupakan salah satu tempat wisata yang berisi beraneka ragam satwa dari seluruh dunia. Taman Safari Bali  atau juga disebut Tama Safari Indonesia 3 yang terletak di antara 3 desa di Kabupaten Gianyar yaitu Desa  Lebih, Desa Serongga dan juga Desa Medahan. Seluruh  satwa yang ada di Taman ini tinggal di suatu tempat yang mirip dengan habitat aslinya. Pengunjung akan dibawa mengelilingi taman safari dengan kendaraan yang sudah disiapkan. Fasilitas di Taman Safari juga dilengkapi restoran yang dikelilingi dinding transparan, pengunjung berkesempatan untuk makan bersama dengan hewan hewan di sampingnya.

  1. Goa Gajah Ubud

Goa Gajah Ubud terletak di desa Bedulu, kecamatan Blahbatu, Gianyar. Ketika perjalanan menuju goa ini anda akan menikmati udara sejuk dan pemandangan dari pohon – pohon yang berumur ratusan tahun. Sesampai di bawah akan terdengar gemericik suara pancuran air yang berasal dari pancuran arca yang letaknya tak jauh dari Goa Gajah Ubud. Di pintu masuk gua akan terlihat ukiran – ukiran dengan 2 patung penjaga. Selain itu, disekitar gua akan terlihat  patung widyadara – widyadiri yang sedang memegang air suci. Total patung nya adalah 7 patung yang merupakan simbol dari tujuh sungai di India yang merupakan tempat kelahiran agama Hindu dan Buddha.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply