200 Tempat Wisata Kuliner Jogja Murah Meriah Lengkap dan Enak

200 Tempat Wisata Kuliner Jogja Murah Meriah Lengkap dan Enak

200 Tempat Wisata Kuliner Jogja Murah Meriah Lengkap dan Enak, Jika Mendengar Kata Jogja apasih yang bakal muncul di pikiran kamu? Kali ini tim Kuliner Yuk Bos akan membahas lebih dalam mengenai aset kuliner yang ada di kota gudeg ini kamu bisa menemukan berbagai macam makanan atau kuliner khas jogja yang unik, murah meriah, buka 24 jam mulai dari pagi hari hingga tengah malam yang akan saya tulis di blog ini yang wajib banget kamu kunjungi.

Daerah yang di kenal dengan istilah DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta memang merupakan sebuah tempat yang benar-benar istimewa. Banyak sekali wisata kuliner Jogja yang menjadi buruan para pecinta kuliner enak di sekitar daerah Jogja. Tentu saja beberapa tempat kuliner di jogja yang akan kita bahas ini telah di rangkum dari berbagai sumber yang akan memberikan rekomendasi tempat kuliner khas jogja dan juga kuliner jogja murah meriah dengan cita rasa yang khas Kota Jogja. Penasaran? Yuk, simak!

  1. House Of Raminten

Tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini menyediakan aneka hidangan tradisional namun disajikan eksklusif dan berkelas. Disini kamu bisa mencicipi aneka kuliner Jogja seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Dari gaya bangunannya yang sangat luar biasa membuat pengunjung betah berlama-lama disini, kamu juga bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya kamu bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, sembari bersantai di House Of Raminten, kamu akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini. Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa loh, guys. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu. Unik sekali, bukan?

  1. Sate Klathak Pak Pong

Kamu penggemar sate? Nah, ada satu tempat kuliner di Jogja nih yang menyediakan sate dengan penyajian yan sangat unik. Sate klathak, baru pertama kali mendengar nama sate ini kan, guys? Yap! Sate klathak sendiri merupakan sate kambing ‘ditusuk’ dengan menggunakan jeruji sepeda. Wah, unik sekali bukan? Selain unik, sate klathak pak Pong juga terekenal dengan rasa yang yang khas serta nikmat. Dengan bumbu sederhana berupa garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat siapapun yang menyantap sate Klathak merasa ketagihan. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, silahkan datang saja ke warung sate klathak pak Pong yang ada di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

  1. Warung Sate Samirono

Warung sate ini memang beda dari yang lain. Warung sate Samirono, buka 24 jam. Warung sate ini berada di Jalan Colombo Yogyakarta atau di seberang GOR UNY. Warung sate samirono menyediakan aneka macam sate seperti sate ayam, kambing, sate buntel, gulai dan tengklenga.

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Warung nasi goreng yang satu ini sudah ada sejak tahun 1960 dan sampai sekarang loh, guys. Rasa nasi gorengnya tak berubah karena tetap menggunakan resep lawas yang masih terjaga. Maka tidak heran kalau penggemar nasi goreng ini semakin hari semakin bertambah. Meskipun warung nasi goreng ini selalu ramai, tapi tenang saja karena pembeli tidak perlu lama mengantri untuk mendapatkan pesanan nya. Selain nasi goreng, terdapat menu hidangan lain disini yang juga digemari oleh para pemburu kuliner, yakni bihun goreng atau bakmi goreng. Nasi Goreng Beringharjo ini terletak di Jalan Pabringan 1, Yogyakarta.

  1. Bong Kopitown

Tempat wisata kuliner Jogja yang selanjutnya adalah Bong Kopitown. Bong Kopitown menawarkan desain bangunan yang unik dan menarik. Bong Kopitown mengusung tema penjara sebagai desain bangunannya. Tidak heran kalau Bong Kopitown menjadi salah satu lokasi hangout andalan anak muda Jogja. Menu andalan yang disajikan disini yaitu kopi tetes, sapo tahu, penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencoba kuliner Jogja di Bong Kopitown? Langsung saja datang ke Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta.

  1. Mie Telap 12

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah kafe mie telap 12. Kafe ini menyajikan aneka mie instant denga rasa yang nikmat. Nah, untuk kamu yang gemar sekali makan mie instant, wajib banget nih untuk berkunjung ke Mie Telap 12 yang terletak di Jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

  1. KalimilkYogyakarta

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah sebuah kedai susu yang menyajikan aneka olahan yang berbahan dasar susu dengan aneka rasa yang menggoda. Terdapat banyak varian rasa susu yang bisa kamu coba seperti cookies, durian, coklat dan aneka snack. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan sebelumnya kamu telah mengosongkan perut karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo nih, guys. Bagaimana? Kamu penasaran? Yuk, langsung saja datang ke  Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta.

  1. Banyu Mili Country Club

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah Banyu Mili Country Club. Aneka kuliner lezat dan enak seperti kepiting telur dan udang bakar madu menjadi menu andalan yang harus kamu coba. Kepiting dan udang yang digunakan merupakan hasil budidaya sendiri sehingga dipastikan masih segar saat dimasak. Menu lain yang tak kalah lezat adalah gurame bakar, ayam goreng dan juga cumi bakar. Kalau kamu penasaran, yuk langsung saja datang ke  Perum Griya Mahkota ada di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5, Yogyakarta.

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang berikutnya adalah Oseng Mercon Bu Narti yang beralamatkan di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan yang tentu saja sangat populer di kalangan para pencinta kuliner Jogja. Beberapa bahan yang ada di Oseng Mercon Bu Narti ini seperti misalkan saja gajih, tulang muda, kulit dan kikil yang tentu saja bercampur dengan cabe rawit yang terkenal sangat pedas itu dijamin bisa membuat lidah para pencinta makanan pedas bergoyang. Tak hanya itu disini juga terdapat beberapa menu lainnya seperti babat, rempelo, bebek, burung dara, dan lele.

  1. Bakso Idola

Tempat wisata kuliner di yogyakarta yang berikutnya adalah Bakso Idola. Yups, bakso idola merupakan sebuah tempat kuliner yang sangat di rekomendasikan sekali untuk kamu para pencinta wisata kuliner di Kota Jogja. Berdiri di sebuah tempat di kawasan Jalan Taman Siswa No. 138, tempat yang bernama Bakso Idola ini mampu menyajikan menu bakso yang sangat khas lezatnya. Bakso yang ada di Bakso Idola ini sangat enak, jadi jika kamu sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta sempatkan berkunjung ke tempat wisata kuliner yang satu ini, ya!

  1. Ayam Geprek Bu Rum

Sebuah tempat wisata kuliner yang wajib untuk anda kunjungi adalah Ayam Geprek Bu Rum yang terletak di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta. Tempat makan ini sangat populer di kalangan pelajar di Jogja, karena masakan sedap dan pedasnya bisa membuat Ayam Geprek Bu Rum menjadi salah satu tempat makan favorit di Jogja. Menu andalannya adalah ayam tepung yang di campur dengan sambal yang bisa di sesuaikan dengan selera kamu. Beberapa lauk yang bisa menemani Ayam Geprek ini adalah misalkan saja tempe, sayur, tahu dan telur. Untuk dapat menikmati menu di Ayam Geprek Bu Rum ini kamu harus datang ke tempat ini antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore, jadi jangan sampai ketinggalan ya, guys!

  1. Bungong Jeumpa

Wisata kuliner di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Bungong Jeumpa. Di tempat makan yang sudah mempunyai cabang cukup banyak ini kamu bisa menikmati makanan khas Aceh yang tentu saja tidak kalah dengan makanan atau masakan khas kota lainnya. Menu yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini adalah makanan yang di sajikan dengan bumbu rempah-rempah khas Aceh. Buka pada jam 8 pagi hingga jam 10 malam dan kamu bisa memilih beberapa paket yang ada di Rumah Makan Bungong Jeumpa ini seperti Ngopi, Nge-Mie, Nge-Mil, Nge-Nas dan istilah-istilah lainnya. hihihi, unik sekali ya istilah nya?

  1. Jejamuran

Wisata kuliner Yogyakarta yang berikutnya adalah sebuah tempat makan yang beralamatkan di Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Pandowo Harjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, Yogyakarta. Tempat makan yang bernama Jejamuran ini menawarkan berbagai makanan dengan bahan utama yakni jamur. Beberapa menu andalan yang ada di Jejamuran ini seperti jamur tumis pedas, sate jamur, telor dadar jamur, puyunghai jamur dan masih banyak menu makanan yang lainnya.

  1. Bakmi Shibitsu

Selanjutnya adalah sebuah tempat makan atau lebih tepatnya tempat kuliner jogja yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin makan dan sedang berada di Yogyakarta yakni Bakmi Shibitsu. Bakmi Shibitsu ini berdiri di Jalan Bantul No. 106, Bantul, Yogyakarta. Sekilas Bakmi Shibitsu ini seperti makanan jepang jika di lihat dari namanya, akan tetapi ternyata bukan, karena namanya yang unik banyak orang yang ingin mencoba cita rasa dari Bakmi Shibitsu ini. penasaran, kan? Yuk, langsung saja datang ke alamat yang admin sebutkan diatas, ya!

  1. Gudeg Bromo

Ada satu lagi nih tempat wisata kuliner jogja yang sepertinya wajib untuk sekali untuk kamu datangi jika sedang berkunjung atau kebetulan sedang berada di Kota Jogja. Sebuah tempat makan di Jogja paling enak salah satunya adalah sebuah tempat makan yang populer dengan nama Gudeg Bromo. Gudeg yang di sajikan di Gudeg Bromo ini sangat enak dengan ciri khas gudeg basah dengan berbagai macam variasi lauk pauk yang melebur dalam satu porsi. Beberapa menu lauk pauk yang bisa anda dapatkan dalam Gudeg Bromo ini seperti misalkan saja ayam, telur, tahu, ceker, tempe dan masih banyak jenis lauk yang lainnya sesuai dengan selera anda. jika kamu penasaran, langsung saja datang ke Jalan Gejayan.

  1. Gudeg Yuk Djum

Jika kamu ingin menikmati gudeg dengan rasa lezat, kamu bisa datang ke Gudeg Yu Djum. Jenis gudeg yang disajikan adalah gudeg kering yang bisa kamu nikmati dengan lauk lainnya seperti ayam, ampela ati, telur dan lain-lain. Pastinya wisata kuliner di tempat satu ini sangat murah dan bisa membuat selera makan kamu menjadi lahap! Jika kamu penasaran langsung saja datang ke Jl. Kaliurang KM 4,5 Karang Asem CT III/06, Jogja.

  1. Manggar Gading

Selain Gudeg Bromo, ada lagi nih guys tempat wisata kuliner di Jogja yang menyajikan nasi Gudeg. Namun, yang membuat berbeda adalah di Manggar Manding kamu akan menumukan gudeg yang terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, Gudeg ini dahulunya menjadi menu istimewa di kerajaan yang biasa disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, jika kamu mencicipi gudeg manggar, berarti kamu telah menikmati sajian istimewa kerajaan. Bagaiamana? Kamu tertarik untuk mencoba kuliner Jogja yang sudah ada sejak dahulu ini? Silahkan datang saja ke Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

  1. Gudeg Pawon

Ini dia salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang sudah ada sejak lama, kira-kira Gudeg pawon sudah dibuka tahun 1958. Lama sekali, bukan? Sudah 58 tahun loh, guys! Tidak heran kalau Gudeg Pawon memiliki banyak sekail penggemar yang setia mengantri untuk mendapatkan seporsi gudeg lezat ini. Sesuai dengan namanya, Gudeg pawon memiliki keunikan tersendiri, karena anda dilayani langsung dari dapur atau pawon. Meskipun tempatnya sederhana, namun kenikmatan gudeg di sini tak bisa diremehkan. Bagaimana? Anda juga ingin ikut mengantri untuk mencoba lezatnya gudeg pawon? Langsung saja datang ke Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

  1. Soto Sampah

Soto Sampah. Eits… Jangan salah penilaian dulu, ya! me Siapa sangka ternyata soto sampah ini menjadi sala hsatu kuliner Jogja yang digemari, karena rasanya yang enak tentunya. Jika anda tertarik untuk mencobanya, silahkan datang saja ke Jalan Kranggan, depan SPBU Kranggan ini sebenarnya buka 24 jam. Namun, biasanya akan lebih ramai saat pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Tempatnya yang dekat dari Tugu Yogyakarta memudahkan untuk dijangkau.

  1. Soto Sulung Stasiun Tugu

Tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah Soto Sulung yang merupakan panganan khas dari Madura sana. Soto Sulung Stasiun Tugu merupakan soto sulung yang telah melegenda di Jogja. Soto yang telah dijual sejak tahun 1968 ini berisi daging sapi dan jeroan sapi dengan kuah yang pekat plus potongan telur rebus. Penasaran? Langsung saja meluncur ke Jalan Timoho, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Soto Daging Sapi Bu Pujo

Mengubek-ubek kuliner di pasar Beringharjo emang tidak ada habisnya. Soto bu Pujo merupakan salah satu tempat wisata populer di Pasar Beringharjo. Terletak di lantai 2 los Timur pasar Beringharjo. Di tempat ini, kamu bisa menikmati semangkuk Soto Daging ditemani dengan semangkuk es campur yang rasanya tak kalah nendang dibanding dengan soto nya.

  1. Empal Bu Warno

Selanjutnya adalah wisata kuliner Empal Bu Warno. Warung Empal bu Warno berada di lantai 2 Los Timur pasar Beringharjo, ini merupakan lokasi warung yang baru. Tempatnya cukup sederhana dan bersih, namun sayangnya hanya cukup menampung kira-kira 10 orang saja. Selain empal, bu Warno juga menyediakan variasi menu lainnya seperti babat, iso, paru, berbagai macam camilan, seperti kerupuk kulit sapi, abon, berbagai macam makanan ringan dan juga sirup secang yang berfungsi sebagai obat untuk masuk angin.

  1. Gado-Gado Bu Hadi

Selain Soto Daging Bu Pujo dan Empal Bu Warno, ada lagi nih tempat wisata kuliner yang terletak di Pasar Beringharjo, yakni Gado-Gado Bu Hadi. Warung gado-gado bu Hadi berada tepat di seberang warung empal bu Warno, yaitu di lantai 2 los Timur pasar. k. Rasa keseluruhan dari gado-gado ini cukup mantap dan enak, perpaduan antara bumbu kacang dan isi gado-gado terasa pas dilidah. Selain gado-gado disini juga menyediakan lotek, kupat tahu, mie goreng dan mie rebus loh, guys.

  1. Mie Ayam Grabyas

Malam-malam dingin di Jogja pasti enak kalau menikmati kuliner panas dan berkuah, salah satu yang patut kamu coba adalah mie ayam. Ada satu tempat wisata kuliner Jogja padaa malam hari yang menyediakan Mie ayam dengan rasa yang sangat enak, yaitu Mie Ayam Grabyas. Mie Ayam Grabyasada di Jalan Malioboro, tepat di seberang hotel Inna Garuda. Mie ayam ini buka sekitar pukul 23.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB. Meski agak aneh makan mie ayam tengah malam, tapi nyatanya warung tenda di emperan ini tidak pernah sepi pengunjung loh, guys.

  1. Nasi Rames Demangan

Tempat wisata kuliner selanjutnya yaitu warung nasi Rames Demangan. Disini kamu bisa mencoba aneka menu lezat yang siap sedia untuk mengisi perut kita yang keroncongan. Warung nasi rames ini berbentuk warung tenda, berada di Jalan Demangan. Buka sekitar pukul 21.00 WIB sampai dini hari. Warung ini juga menjadi favorit mahasiswa Yogyakarta, karena pilihan lauknya banyak dan harganya cukup murah.

  1. Sego Pecel Bu Wiryo

Sebuah referensi tempat wisata kuliner jogja yang wajib untuk kamu kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta yakni sebuah tempat makan yang populer dengan nama Sego Pecel Bu Wiryo. Beberapa bahan yang terlibat dalam pembuatan Sego Pecel (SGPC) Bu Wiryo ini yakni seperti kacang panjang, bayam, tauge, kangkung dan tentu saus kacang. Bumbu kacang yang di pakai di Sego Pecel Bu Wiryo ini sangat luar biasa enak, oleh karena itu admin sangat merekomendasikan tempat wisata kuliner jogja ini untuk kamu yang suka sekali dengan kuliner. Kamu juga bisa memilih beberapa lauk pauk di tempat ini seperti misalkan saja kerupuk gendar, telor ceplok, kerupuk aci, tahu, tempe, bakwan dan masih banyak lagi lauk yang lainnya. Untuk dapat menikmati nasi pecel ini, datang saja ke sekitaran kampus UGM jogja.

  1. Soto Solo Stasiun Tugu

Tempat makan yang satu ini merupakan sebuah tempat makan yang menyajikan soto khas madura yang mempunyai cita rasa khas jika di bandingkan dengan soto yang di jual di tempat lain. Salah satu tempat wisata kuliner jogja yang legendaris, pasalnya Soto Sulung Stasiun Tugu ini sudah ada sejak tahun 1968 yang lalu. Lama sekali ya, guys? Ciri khas dari Soto Sulung Stasiun Tugu ini yakni di dalamnya terdapat jeroan sapi dan daging sapi dengan telur rebus dan tentu saja kuah yang kental enak. Daging sapi dari sajian menu Soto Sulung Stasiun Tugu ini sangat enak, empuk dan tidak amis. Terlebih lagi jika anda menambahkan sambal dan juga jeruk nipis akan menjadikan sebuah pengalaman makan soto yang enak, untuk dapat menikmati Soto Sulung Stasiun Tugu ini, kamu bisa datang ke sekitaran parkiran selatan stasiun tugu.

  1. Bakmi Mbah Mo

Selanjutnya adalah Bakmi Mbak Mo. Di buka mulai dari jam 5 sore hingga jam 11 malam, rasanya Bakmi Mbah Mo ini siap untuk menggoyang lidah. Selain bakmi, tempat wisata kuliner jogja ini juga menyajikan berbagai makanan yang lainnya seperti misalkan saja bakmi goreng, bakmi nyemek, bakmi godok dan lainnya. Untuk makanan atau bakmi istimewa yang ada di Bakmi Mbah Mo ini di tambahkan sesuai dengan pilihan kamu seperti misalkan saja sayap ayam, paha ayam, brutu dan ati ampela. Untuk dapat menikmati sajian menu yang ada di Bakmi Mbah Mo ini, kamu bisa datang ke Desa Code, Bantul, Yogyakarta.

  1. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Tempat wisata kuliner selanjutnya adalah Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Tempat makan di Jogja yang satu ini merupakan sebuah tempat yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Yogyakarta dan tentu terletak di tempat yang strategis yakni Di kawasan Pizza Hut dan Gereja Baptis Indonesia Anugerah. Memang tempat makan di Jogja yang satu ini terkesan sederhana, akan tetapi pengunjung yang datang ke tempat wisata kuliner jogja yang satu ini sangat ramai. Andalan menu makanan yang ada di tempat wisata kuliner jogja yang satu ini adalah soto ayam campur, gorengan, sate dan sayap.

  1. Soto Ayam Pak Gareng

Tempat wisata kuliner berikutnya adalah Soto Ayam Pak Gareng. Soto Ayam Pak Gareng merupakan warung sederhana berupa tenda yang bisa dibongkar pasang di atas trotoar jalan. Walaupun cuma sebuah warung tenda tapi Soto Ayam Pak Gareng telah memiliki pelanggan setia, terbukti soto ini selalu ramai oleh pelanggan yang keluar masuk silih berganti untuk menikmati soto racikannya. Selain itu, sambil menikmati soto ini terdengar alunan musik dan tembang jawa dari para seniman jalanan yang datang silih berganti. Asik banget, kan? Oh ya, Soto Ayam Pak Gareng ini terletak di Jalan Pangeran Mangkubumi, Yogyakarta. Untuk kamu yang sedang ingin menikmati kuliner yang satu ini, yuk langsung saja meluncur ke alamat tersebut, ya!

  1. Siomay Kang Cepot

Tempat wisata kuliner yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner jogja yang sangat populer dengan nama Siomay Kang Cepot. Tempat kuliner di Jogja paling enak yang satu ini terletak di Jalan Kaliurang KM 8, Yogyakarta. Dan ternyata buat kamu yang demen nongkrong bersama teman-teman, rasanya tempat makan bernama Siomay Kang Cepot ini sangat cocok. Pada jam 10 siang, tempat wisata kuliner jogja ini di buka dan biasanya pada jam 8 malam Siomay Kang Cepot ini sudah di tutup. Tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini sangat ramai dengan pelanggan, hal ini di karenakan siomay yang di jual tersaji dengan rasa yang sangat lezat dan di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau dengan menu yang memuaskan. Kalau penasaran, yuk langsung saja datang ke alamat yang sudah admin sebutkan di atas, ya!

  1. Kedai 24

Tempat wisata kuliner jogja yang berikutnya adalah Kedai 24. Tempat wisata kuliner ini sangat terkenal dan menyajikan berbagai menu yang enak. Kedai 24 sangat cocok untuk kamu para mahasiswa yang berada di area Kedai 24 ini. Bertempat di 2 lokasi yakni di Jalan Jl. Kledokan no. 3, Sleman, Yogyakarta dan Jalan Damai no. 2, Jakal km 8,5, Sleman, Yogyakarta mungkin bisa menjadi salah satu tempat makan buat mahasiswa yang lagi krisis keuangan. Beberapa menu yang ada yakni mie instan dan nasi sarden akan tetapi menu yang ada di Kedai 24 ini di modifikasi sedemikian rupa.

  1. Brongkos Bu Padmo

Tempat wisata kuliner yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan di jogja yang sangat popular. Sayur brongkos adalah sebuah makanan yang di buat dari tempe, tahu dan kacang tolo, setelah itu di campur dengan kaldu daging dan santan kental. Sajian menu makanan yang ada di Brongkos Bu Padmo yang merupakan tempat wisata kuliner jogja ini sangat di rekomendasikan buat kamu. Kluwak merupakan sebuah bahan yang membuat warna dari kuah Brongkos ini menjadi hitam. Untuk soal rasa, Brongkos ini pedas, gurih dan manis. Tertarik? Kamu bisa datang ke Bawah Jembatan Krasak yang ada di Tempel, Sleman, Yogyakarta.

  1. Bakso Mawut

Tempat wisata kuliner jogja yang selanjutnya adalah sebuah tempat makan yang menyediakan menu unik yakni Bakso Mawut yang di jual di sebuah tempat yang bernama Bakso Mawut juga. Saking unik dan enaknya Bakso Mawut ini, jadi banyak orang yang penasaran dan bahkan Bakso Mawut ini sudah pernah di liput di televise loh, guys. Bakso yang di hasilkan dari daging sapi kualitas super yang masih segar sangat enak, jika penasaran dengan Bakso Mawut, kamu bisa datang ke Jalan Panembahan Senopati No. 17C Kota Magelang dan untuk harga mulai dari Rp. 7.000 saja.

  1. D’Skybar Ibis Style

Selanjutnya, tempat untuk menikmati kuliner Jogja yang bisa kamu kunjungi adalah D’Skybar ibis Styles. Bagian dalam D’Skybar ibis Styles sangat artistik. Ambiencenya sangat keren. Sangat pas juga untuk nongkrong sambil menikmati sunset bareng temen kamu! Yang bikin lebih keren, resto ini ada di pinggir kolam renang! Jika kamu penasaran, langsung saja datang ke Ibis Styles Yogyakarta Jalan Dagen 109, Yogyakarta.

  1. Mediterranea Restaurant

Salah satu tempat wisata kuliner Jogja yang menyediakan panganan Timur Tengah adalah Mediterranea Restaurant. Restoran ini gak kalah keren! Selain ambience timur tengah yang cozy, menu di sini juga enak-enak banget loh, guys! Kamu harus cobain Duck Breast sama mushroom risotto, dijamin kamu pasti ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Tertarik? Yuk, langsung saja cus ke Jalan Tirtodipuran no 24A, Mantrijeron, Yogyakarta.

  1. Kesuma Retaurant

Kamu suka makan ayam? Nah, Kesuma Restaurant menjadi salah satu tempat makan enak di Jogja yang menyediakan olahan ayam yang lezat, salah satu menu andalannya adalah ayam areh. Sekilah ayam areh mirip seperti rendang ayam, tapi ternyata beda, ayam areh bukan rendang ayam. Nah, kalau kamu penasaran, langsung saja datang ke Kesum Restaurant yang terletak di 827, Gang Sartono, Mantrijeron, Yogyakarta.

  1. Rosella Easy Dining

Rosella Easy Dining menjadi tempat makan enak di Jogja yang patutu untuk kamu cobain. Tempat ini sangat terkenal dengan pelayanannya yang memuaskan. Beberapa menu yang harus kamu coba di Rosella Easy Dining seperti nasi campur / nasi pecel, kombinasi dari menu sederhana yang enak banget! Ada rendang, tempe orek, perkedel, pecel, dan telur! Rosella Easy Dining ini terletak di Jalan Kabupaten, Trihanggo, Gamping, Sleman Regency, Yogyakarta.

139. Roti Papi

Tempat makan enak di Jogja selanjutnya adalah roti papi yang ada berada di Jalan Gejayan. Disini terdapat menu spesial yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Sourma fries. Meskipun roti papi tidak terlalu luas, tapi jangan sampai meremehkan kelezatana menu disini, terutama gambar yang di sebelah, ya pizza yang yummy. Tempat ini juga menjadi tempat nongkrong di Jogja bareng temen-temen, plus, di lantai atas ada toko buku dan tempat baca yang keren loh, guys!

  1. Phuket Thai Resto

Untuk kamu yang yang sedang ingin makan makanan kas Thailand, kamu bisa berkunjung ke Phuket Thai Resto. Rasakan nikmatnya memesan makanan khas Thailand yang lezat, misalya saja sup Tom Yam. Hidangan lainnya yang wajib kamu cicipi di resto ini adalah Pad Thai, kwetiaw khas Thailand yang diberi topping seafood atau ayam. Penasaran? Yuk, langsung saja datang ke Jl. Dr. Wahidin No.8, Klitren.

  1. Soto Kadipiro

Namanya yang unik membuat soto ini dicari oleh para wisatawan. Mereka penasaran dengan makanan khas di bantul tersebut, meskipun tidak jauh dari pusat kota, namun jangan salah ya. Meskipun dekat dengan kota, ternyata masih termasuk kawasan Bantul. Untuk harga Soto Kadipiro bervariasi, mulai dari Rp 8.000 sampai 15.000 tergantung dari jumlah jajanan lain yang kamu makan di warung soto tersebut. Lokasi Soto Kadipiro di bantul berada di jalan Wates, Kecamatan Kasihan, Yogyakarta.

  1. Sate Klinci Kaliurang

Kamu akan menemukan banyak tempat makan khusus kelinci di Kaliurang. Banyak sekali yang menjual sate kelinci. Tapi yang terkenal itu adalah kuliner sate kelinci pak Raji yang lokasi nya berada di taman bermain kaliurang. Apakah kamu berniat untuk mencoba makanan khas di Sleman ini? Untuk harganya kisaran Rp 12.000 sampai dengan Rp 15.000. Kuliner sate ini termasuk murah dan terjangkau loh, guys. Dijamin rugi deh kalau ga nyobain wisata kuliner yang satu ini. Hehehe….

  1. Sate Kuda

Sate ini hampir sama rasanya seperti sapi, empuk dan mudah dimakan. Tapi, jangan salah, rasanya yang lezat membuat sate kuda di cari oleh penikmatnya. Kuliner sate kuda di Jogja ini berada di daerah Sleman. Sate ini dipercaya mampu meningkatkan kejantanan pria loh. Sate kuda juga enak dinikmati dengan lalapan seperti tomat, timun dan bawang merah. Penasaran? Langsung saja datang ke Jl. Denggung, Kec, Sumberadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Bakso dan Es Buah PK

Bakso dan Es Buah PK menjadi tempat wisata kuliner Jogja selanjutnya yang wajib untuk kamu kunjungi, lokasinya ada di Jl. HOS Cokroaminoto (sebelah timur jalan). Menikmati semangkuk bakso sambil minum es pada saat cuaca sedang panas pasti sangat nikmat. Kamu bisa memesan Bakso komplit yang hanya di banderol dengan harga Rp. 8.000,-. Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa memakan mie, sayur, bakso pastinya, tahu pong dan bakso goreng. Wah, terjangkau sekali, bukan?

  1. Abhayagiri Restaurant

Abhayagiri Restaurant menjadi salah satu tempat Romantis di Jogja sekaligus tempat untuk menikmati aneka kuliner lezat. Di Abhayagiri Restaurant, kamu akan di suguhkan pemandangan yang indah dari atas ketinggian. Memang, lokasinya cukup jauh, dan masih belum terlalu terkenal. Namun, bagi mereka penggemar tempat makan yang romantis, pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Untuk menu yang bisa anda coba disini diantaranya seperti Abhayagiri duck speciale , chicken steak teriyaki , pan roasted salmon , Abhayagiri chicken steak , dan masih banyak lagi. Bagi mereka yang ingin makan sesuatu yang lebih ringan dan tidak terlalu mengenyangkan, tersediafrench fries , dan aneka makanan pencuci mulut seperti chocolate cupcake , pancota , dan sebagainya. Penasaran? Yuk, langsung saja datang ke Sumberwatu Village, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Manggut Lele Mbah Marto

Kamu suka masakan berbahan dasar lele? Silahkan coba Manggut Lele Mbah Marto yang ada di Dusun Nengahan, Ngiring-Ngiring, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Dilihat dari tingkatan daerah yang berposisi sebagai Dusun, bisa dipastikan bahwa lokasinya berada jauh dari pusat kota dan masuk ke dalam pedesaan. Rasanya mangut lelenya memang berbeda dengan yang biasa dijumpai di warung atau rumah makan pada umumnya. Daging lelenya keset, pedas dan khas masakan tungku. Pasalnya, lele terlebih dahulu ditusuk dengan pelepah daun kelapa kemudian di panggang di atas tungku dengan menggunakan kayu bakar sampai matang baru kemudian dimasak bersama bumbunya.

  1. Sop Kambing Bang Udin

Sop kaki kambing Bang Udin menjadi tempat wisata kuliner Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan, lokasinya yang berdekatan dengan bundaran UGM atau tepatnya depan SMPN 1 Yogyakarta, Jl.Cik Ditiro menjadikan tempat ini sangat mudah dijangkau. Warung ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mencoba nikmatnya sop kaki kambing. Selain ada tempat duduk, pengunjung juga bisa lesehan di emperan jalannya. Pada baskom-baskom di hadapan penjual terdapat aneka jerohan, kaki hingga torpedo yang bisa kita pilih sesukanya.

  1. Bakmi Pele

Satu lagi kuliner Jogja yang memiliki citra khas dan menarik untuk kamu coba, yaitu Bakmi Pele. Bakmi Pele sendiri memiliki cita rasa yang berbeda dari bakmi jawa lainnya, meskipun memang bakmi Pele sendiri termasuk bakmi Jawa. Nah, kalau kamu ingin menjajal Bakmi Pele, silahkan saja datang ke lokas, yaitu di daerah Sidoarum, Godean, Sleman. Pas pertigaan Jl. Bantulan dan Jl. Godean, Yogyakarta.

  1. Bakmi Mbah Mo

Selain Bakmi Pele, ada juga nih Bakmi Mbah Mo. Bakmi Mbah Mo sudah sangat terkenal dan sangat melegenda. Wisatawan dari luar kota rela dateng kesini cuma buat makan Bakmi Mbah Mo, bertempat di Desa Code, Bantul, Yogyakarta. Menu utamanya adalah bakmi godok, bakmi nyemek dan bakmi goreng, ada yang biasa dan yang istimewa. Bakmi istimewa adalah bakmi yang ditambahkan dengan paha, sayap, ati ampela atau brutu. Bakmi biasa harganya Rp. 10.000/porsi, sedangkan yang istimewa Rp. 16.000/porsi. Penasaran? Yuk, langsung saja meluncur ke Desa Code, Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Ada yang bilang, belum ke Jogja kalau belum menikmati nasi kucing plus Kopi Joss di angkringan pinggir rel Lek atau Lik Man. Satu lagi yang mengesankan dari angkringan Jogja yang paling terkenal ini, kamu harus coba Kopi Joss yaitu kopi panas yang diberi arang panas. Tenang saja tidak berbahaya kok, karena arangnya langsung diambil dari tungku yang pastinya sudah membuat arang tersebut steril. Lokasi Angkringan Lik Man terletak di sekitar Kawasan Stasiun Tugu Jogja. Angkringan Lik Man termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi karena selain rasanya enak, harga nya pun relatif murah terjangkau.

  1. Bebek Suwar-Suwir Bale Raos

Menu yang paling terkenal di resto ini adalah Bebek Suwar-Suwirnya, yang merupakan makanan favorit dari Sultan Hamengku Buwono IX. Bebek goreng yang kemudian dagingnya di iris-iris disajikan bersama dengan irisan nanas goreng dan saus kedondong parut yang dimasak bersama rempah-rempah. Sangat menggugah selera, rasa saus mampu mengimbangi aroma tajam daging bebek. Selain menikmati hidangan yang khas, pada hari-hari tertentu dapat dihadirkan live gamelan dan tarian jawa klasik (beksan), dan setiap Sabtu malam Bale Raos akan menyajikan live performance musik keroncongan. Penasaran? Langsung saja datang ke Jl. Magangan Kulon No.1, Kota Yogyakarta.

  1. Nasi Campur Gejayan Pak Yo

Malam-malam mencari kuliner di kota Jogja cukup mudah. Ada cukup banyak kuliner menarik yang bisa kita singgahi, salah satunya yang ada di Jalan Gejayan yang juga sering disebut sebagai Jalan Afandi, sebelum lampu merah di seberang jalan. Nasi putih dengan sedikit sayur lodeh, kering tempe dan telur dadar sebagai lauknya, kepulan asap yang keluar dari nasi menyampaikan aroma lauk yang menggoda. Rasanya memang khas masakan rumah ala pedesaan, sederhana tapi terasa khas dan selalu dirindukan. Yummy!

  1. Lotek Teteg Sepur

Salah satu makanan tradisional yang bernama lotek sudah tidak asing lag bagi kita, terbuat dari rajangan sayur-mayur dan guyuran saus kacang. Di daerah Jogja, ada seorang penjual lotek yang cukup dikenal dan loteknya berbeda dengan lotek yang dijual pada umumnya. Lotek Teteg Sepur ini sempat beberapa kali pindah lokasi, namun masih tetap berada di kawasan Bilangan Baciro hingga sekarang.

  1. Kupat Tahu Kidul Pak Budi

Warung kupat tahu yang satu ini sangat mudah dijumpai, letaknya berada di sisi perempatan jalan Kusumanegara dan jalan Veteran, daerah Muja Muju, Jogjakarta. Semua sajian kupat tahu terdiri dari rajangan kubis, kecambah, tahu, bawang putih, cabai rawit, potongan tahu goreng dan ketupat serta kerupuk diatasnya. Semuanya masih fresh from the oven, dan bahan untuk bumbu pun juga masih segar, sehingga rasanya segar dan cukup memikat para pelanggannya.

  1. Ice Cream Tip Top

Tip Top merupakan nama sebuah tempat untuk menikmati ice cream, disini kamu bisa mencoba beberapa jenis ice cream yang mempunya banyak variasi. . Es Krim Tip Top ini berada di Jalan Pangeran Mangkubumi 24, Yogyakarta.

  1. Bakso Bethesda (Bakso Kelas VIP)

Bakso yang satu ini memang dikenal dengan nama “Bakso Bethesda atau Bakso VIP”. Tapi bukan karena pembelinya dari kelas atas atau untuk kalangan kelas atas nih, guys. Namun, karena tempat kuliner bakso ini memang berada tepat di jalan Yohanes Nurhadi, depan RS Bethesda dan berhadapan dengan ruang pasien kelas VIP. Dalam semangkuk bakso hanya terdiri dari 4 butir bakso saja, bakso basah dan kering. Tapi kamu bisa memilih bakso basah atau kering terserah sesuka kita, hanya saja dalam seporsi berisi 4 butir. Penasaran? Langsung saja datang ke Jalan Yohanes Nurhadi, Yogyakarta.

  1. Ayam Goreng Bu Tini

Menu ayam goreng merupakan salah satu menu termudah yang bisa kita dapatkan hampir disetiap tempat. Namun, ayam goreng dengan cita rasa yang cukup manis, legit dan gurih atau dengan rasa khas baceman hanya ada di Jogja. Warung Makan Bu Tini merupakan salah satu tempat, dimana kamu bisa mencoba ayam goreng yang rasanya tidak seperti ayam goreng pada umumnya. Karena, sebelum ayam digoreng, terlebih dahulu ayamnya dimasak bacem. Sehingga setelah digoreng, ada rasa manis dan legit yang mendominasi. Setiap potong ayam goreng yang ditawarkan di rumah makan bu Tini ini ditawarkan dengan berbagai pilihan. Ada kepala, dada, paha, sayap, hati ampela. Ayam Goreng Bu Tini ini terletak di Jalam Sultan Agung (sebelah Bioskop Permata), Yogyakarta.

  1. Baceman Kepala Kambing H. Kirman

Bila singgah ke Daerah Istimewa Jogjakarta, makanan yang sering kali kita temukan selalu identik dengan rasa manis atau lebih dikenal dengan baceman. Begitu juga dengan warung H. Kirman, namun di warung ini yang dibacem berupa kepala kambing, hidangan yang aneh tapi menarik untuk dicoba, bukan? Hidangan baceman kambing yang satu ini terdiri dari seluruh bagian kepala kambing, mulai dari otak, mata, lidah, mulut, kikil dan daun telinga. Bagian-bagian kepala yang sudahdipreteli (dipilah-pilah) kemudian digoreng dengan bumbu bacem. Dan menu tersebut merupakan menu spesial dari warung ini. Hmmm, penasaran bagaimana rasanya? Yuk, langsung saja datang ke Jalan Kaliurang Km 7 (sebelah Pasar Colombo), Babadan Baru, Gang Kenanga No. 07, Yogyakarta.

  1. Lombok Idjo

Dengan desain seperti rumah Joglo terbuka ditambah percikan air yang ada diluar restoran membuat suasana menjadi dingin dan sejuk. Restoran Lombok Idjo memiliki tempat yang besar, nyaman, bersih dan pelayanan yang ramah ini terlihat selalu penuh oleh pengunjung. Menu yang ditawarkan disini cukup beragam dari ayam goreng/bakar, empal penyet, tahu tempe penyet, sayur asam, sop buntut dan tak ketinggalan sambel hijau-nya. Yang menjadi andalan disini adalah ayam goreng dan sambel hijau. Untuk minumannya pengunjung bisa bebas memilih dari minuman hangat (wedang) hingga minuman dingin seperti juice dan berbagai macam es.  Restoran Lombok Idjo ini terletak di Jalan Laksda Adisoetjipto no. 22 , Yogyakarta.

  1. Warung Super Sambal

Warung bermaskot orang-orangan berbentuk cabai memakai kacamata yang satu ini adalah salah satu warung yang menyajikan rasa pedas dan hot bagi para penggemar masakan pedas abis. Untuk kamu penggemar kuliner pedas merupakan suatu kewajiban untuk makan di Waroeng Special Sambal atau lebih dikenal dengan nama “waroeng SS”. Menu yang ditawarkan sangat variatif mulai dari 23 macam sambal, 14 macam lauk, 8 macam sayuran, dan 20 macam minuman. menu andalan dari Waroeng SS cumi goreng tepung, belut goreng, ayam goreng, ikan goreng, plecing jawa, sayur asam dan sudah tentu sambalnya yang pedas abis. kalau kamu ingin berkunjung ke warung ini, langsung saja meluncur ke Jalan Kaliurang sebelah barat Graha Sabha Pramana, Yogyakarta.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply