Tips Memilih Kaca untuk Jendela Rumah dan Berbagai Jenisnya

tips memilih kaca untuk jendela rumah

Jendela adalah salah satu bagian dari rumah yang memiliki peranan besar. Jendela memiliki manfaat yang sangat berguna untuk proses sirkulasi udaran dan masuknya cahaya matahari. Selain itu jendela mampu memberi nilai estetik bagi penghuni rumah, ia akan menjadi hiasan dan dekorasi rumah yang sangat cantik.

Untuk membuat jendela semakin indah, anda dapat menambah sentuhan seni dan artistik. Tapi bagaimana cara memilih kaca yang tepat untuk rumah anda? Disini saya akan membagikan tips memilih kaca untuk rumah.

Tips Memilih Kaca untuk Jendela Rumah2

  1. Pilih jendela yang berukuran besar untuk bagian depan rumah. Jendela yang besar ini akan menjadi tempat masuknya cahaya ke dalam rumah. Sehingga anda bisa meminimalisir penggunaan lampu di siang hari.
  2. Meskipun berbagai jenis kaca memberikan keindahan tersendiri, ada baiknya anda menghindari jenis kaca yang tembus pandang. Kaca yang seperti ini membuat bagian rumah tampa kusam dilihat dari luar. Tapi itu semua bergantung dari pilihan anda.
  3. Jika anda memiliki halaman rumah yang tidak tertutup, dan nampak langsung pada halaman rumah luar, anda bisa memilih kaca yang gelap. Jenis kaca ini hanya bisa dilihat dari bagian dalam saja, sehingga untuk orang yang berada diluar tidak bisa melihat ke dalam. Tetapi cahaya matahari dapat masuk dengan baik.
  4. Pilihlah jenis kaca jendela yang bening atau kaca cermin. Kaca cermin ini juga fungsional, karena pada bagian luar dapat digunakan untuk bercermin.
  5. Untuk bagian ruang keluarga, gunakan kaca jendela yang berukuran besar. Agar menambah kesan luas dan nyaman pada ruang keluarga.
  6. Untuk bagian belakang rumah, cukup gunakan kaca jendela yang kecil. Ini berfungsi untuk menambah cahaya masuk ke dalam bagian rumah.

Ada berbagai jenis kaca yang tersedia, anda dapat memilih jenis kaca sesuai kebutuhan anda. Berikut akan saya bagikan jenis-jenis kaca tersebut

1. Kaca Bening

tips memilih kaca

Kaca bening merupakan kaca yang polos, tidak berwarna, rata, dan tanpa distorsi. Oleh karena itu kaca ini dapat membentuk bayangan sempurna lebih dari 90% dari wujud aslinya. Kaca jenis ini tidak cocok pada bagian eksterior rumah karena tidak mampu menahan panas sinar matahari. Ketebalan kaca bening terdiri atas 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Ketebalan ini disesuaikan dengan ukuran kaca, semakin besar kaca sebaiknya semakin tebal ukurannya.

2. Kaca Berwarna (Tinted Glass)

tips memilih kaca eksterior

Kaca ini juga disebut dengan kaca rayban. Kemampuannya dalam menahan panas sinar matahari mencapai 55% sehingga cocok bila diletakkan pada eksterior rumah. Kaca ini mampu menjaga kenyamanan pada dalam ruangan sebagai ganti pendingin. Untuk menambah kegelapan pada kaca ini cukup dilapisi berkali-kali.

3. Kaca Es

tips memilih kaca dan jenis-jenis kaca

Kaca es adalah jenis kaca yang bertekstur. Tekstur ini dihasilkan saat adonan kaca mulai dicetak dengan roll yang memiliki pola. Kaca jenis ini memiliki efek dekoratif dan mengaburkan bayangan. Selain itu, tekstur kaca es juga mampu mengurangi sinar matahari yang diterima sehingga ruangan tidak silau.

4. Kaca Cermin

tips memilih kaca jendela dan jenisnya

Kaca ini memiliki sifat seperti cermin. Ia dapat mengurangi sifat tembus pandang dari salah satu sisi. Sehingga pada bagian luar tidak bisa melihat bagian dalam, dan dari dalam dapat melihat bagian luar rumah. Kaca cermin dibuat dengan tambahan lapisan oksida logam, melalui proses pyrolisis.

5. Kaca Tampered

jenis kaca

Kaca ini memiliki keunggulan kekuatan yang sangat tinggi 3-5 kali lipat dibandingkan kaca biasa. Kaca ini dapat menahan beban angin, berat, dan tekanan yang lebih tinggi. Bahkan jika kaca ini pecah, pecahan itu aman karena berbentuk bulat dan tumpul. Kaca ini sangat cocok sebagai pengganti dinding.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply