Tips Menjadi Salesman Handal dan Sukses ala Joe Girard

Salesman adalah tombak keberhasilan sebuah perusahaan. Semakin professional sales yang dimiliki perusahaan, semakin cepat perusahaan itu meraih kesuksesan. Menjalani pekerjaan sebagai salesman bukanlah hal mudah. Seorang sales harus memenuhi target yang telah di tetapkan perusahaan. Bahkan jika perusahaan itu berkata Produk harus terjual habis sampai akhir bulan” maka seorang sales lah yang harus bekerja keras untuk itu.

Oleh karena itu, seorang sales harus mampu membuat keyakinan penuh pada konsumen-konsumen mereka. Dengan kepercayaan yang mereka bangun pada konsumen, membuat mereka mampu menjual produk dengan mudah.

“JOE GIRARD”

Apakah anda sudah tau siapa Joe Girard itu? Joe Girard merupakan pria yang lahir di Detroit, Michigan Amerika Serikat. Dia seorang sales sukses yang telah mendunia. Namanya telah tercatat di dalam Guiness Book of World Records sebagai penjual mobil nomor wahid di dunia. Dan telah memiliki gelar “The Wold Greatest Salesman”.

Bayangkan saja, dia adalah seorang salesman yang mampu menjual 6 mobil dalam satu hari. Padahal karirnya sebagai seorang sales dimulai saat umur 16 tahun, ia bekerja paruh waktu sebagai penjual kompor. Tidak ada salesman yang bisa sesukses itu jika tidak memiliki keuletan dan kesabaran yang luar biasa.

Kali ini saya akan membagikan anda tips menjadi salesman handal dan sukses ala Joe Girard.

Tips Menjadi Salesman Handal

Tips Menjadi Salesman Handal1. Simpanlah Masalah Anda untuk Diri Anda Sendiri, Jadilah Professional

Menjadi seorang sales itu berarti anda harus berhadapan dengan pembeli. Dan pembeli akan tertarik dengan sales yang ramah dan ceria. Sekalipun hari ini anda mempunyai masalah yang begitu besar, simpanlah masalah itu dalam diri anda. Jangan jadikan masalah-masalah itu sebagai batu penghalang dalam meraih kesuksesan. Tetap pancarkan mimik wajah ceria dan ramah kepada para pembeli. Jadilah seorang sales yang professional.

2. Ingat! Pembeli adalah Raja

Anda harus memiliki prinsip bahwa seorang pembeli adalah raja. Bagaimanapun kondisi raja, entah dia sedang marah, kesal, atau menolak, ada baiknya anda tetap melayani dan menghormatinya. Jika anda mampu menghormati calon pembeli sebagai raja, tentu mereka akan senang. Dan peluang mereka untuk membeli produk anda semakin besar.

Beda halnya jika anda tidak menuruti kemauan pembeli. Seperti contoh : Pembeli menginginkan properti yang memiliki fasilitas kamar 3, tapi anda malah memberikan fasilitas kamar 2. Jelas saja jika pembeli anda menolak properti yang anda tawarkan. Sebisa mungkin jadilah pelayan yang baik untuk mereka.

3. Disiplin

Tips Menjadi Salesman Handal

Sebagai seorang sales yang handal, Joe Girard memiliki sifat yang sangat disiplin terhadap waktu. Ia memanfaatkan waktu yang ada hanya untuk bekerja. Mencari konsumen kesana kemari tanpa mengenal rasa lelah dan putus asa.

Apalagi jika Joe Girard ini telah mendapati janji dengan calon pembelinya, ia akan datang tepat waktu untuk menepati janji. Para pembeli pun tidak ada yang kecewa dengan pelayanan yang ia berikan. Kedisiplinan waktu lah yang terpenting.

Baca juga : Disiplin Kerja Strategi Jitu untuk Cepat Sukses!

4. Etika

Menjadi seorang salesman bukan melulu soal pandai komunikasi. Tapi dalam berkomunikasi inilah anda harus memiliki etika. Anda harus benar-benar menjaga ucapan agar hati calon pembeli tidak tersinggung. Sekalipun calon pembeli ini memaki anda, anda tetap harus menghormatinya.

Anda juga harus memperhatikan etika dalam berpakaian, duduk, sampai berjalan. Tunjukkan kepada calon pembeli bahwa anda adalah seorang sales yang professional. Mengikuti gaya berpakaian calon pembeli juga dapat anda lakukan, contohnya : jika anda memiliki target calon pembeli anak muda, berpakaianlah layaknya mereka. Hal ini akan memudahkan anda dalam mendekati mereka.

5. Jujur

Meskipun salesman dituntut untuk menjual produk sebanyak-banyaknya, bukan berarti anda harus membohongi calon pembeli. Katakan secara lengkap informasi mengenai produk yang anda jual. Jangan membuat kapok pembeli karena mempercayai anda. Anda harus mampu menciptakan kepercayaan mereka kepada anda.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply