Wah Ini Efek dan Bahaya Tidur di Ruangan Ber AC!

Bahaya Tidur di Ruangan Ber AC

Bahaya Tidur di Ruangan Ber AC – Tidur di dalam ruangan ber AC memanglah nyaman, tapi apakah anda tahu bahaya yang ditimbulkan jika tidur di ruangan ber AC? Beberapa penelitian di Singapura telah menunjukkan bahwa penggunaan AC ketika tidur dan menutup semua jendela, dapat membuat seseorang tidak bersemangat setelah bangun. Hal ini diakibatkan oleh akumulasi karbon dioksida ke dalam ruangan. Inilah yang menyebabkan kepala terasa pusing berdenyut ketika bangun dan tidak  bersemangat. Penelitian ini dikemukakan oleh Lektor Fakultas Teknik Universitas Nasional Singapura yang telah melakukan uji coba selama 2 tahun pada 300 warga Singapura.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Dr. Wendra Ali. Sp.S, spesialis saraf di Rumah Sakit Internasional Bintaro. Menurutnya, suhu yang terlewat batas dan air conditioner yang tersebar karena AC dapat menyebabkan gangguan saraf pada tubuh. Gangguan saraf itu meliputi :

Kelumpuhan Wajah

Bahaya Tidur di Ruangan Ber ACAC dapat menyebabkan pembengkakan saraf pada wajah. Pembengkakan wajah ini ditandai dengan :

  1. Salah satu mata akan terasa pedih ketika cuci muka
  2. Akan kesulitan berkumur, sebab mulutnya miring / mencong
  3. Bicaranya cadel
  4. Tidak bisa minum dengan benar, akibatnya air minum meluber
  5. Fungsi lidah sebagai indra pengecap mulai berkurang

Kelumpuhan wajah ini merupakan penyebab dari infeksi udara atau angin. Penyakit ini sering kali di alami para remaja, jika ada orang tua yang terkena penyakit ini bisa dicurigai itu adalah gejala stroke. Penggunaan AC juga mempermudah penyebaran infeksi virus penyakit menular.

Untuk penanganan kelumpuhan wajah karena AC, anda dapat melakukan terapi dengan obat obat anti-inflamasi / antiedema, antivirus, dan vitamin saraf. Penderita juga harus melakukan senam muka (facial exercise). Pasien biasanya akan pulih dalam waktu 1-6 minggu.

Leher Tengeng

Penyakit ini mirip dengan leher yang sakit karena salah bantal, padahal tanpa di sadari ini adalah penyebabnya AC. Penderita akan merasakan nyeri di bagian leher, tidak bisa menoleh ke kanan atau kiri. Jika dipaksa bergerak, leher akan merasa seperti disetrum. Tidur dalam kondisi suhu yang dingin dapat menyebabkan leher tengeng saat bangun tidur. Penanganannya dapat dilakukan dengan memberikan suntikan pada leher dan memberikan obat anti radang.

Bahaya Tidur di Ruangan Ber ACBahu Beku

 

Penderita dengan penyakit ini akan merasa nyeri dibagian bahu sampai lengan ketika bangun tidur. Tangan akan terasa sakit untuk digerakkan. Penderita juga kesulitan dalam menjalan aktivitas yang membutuhkan kerja tangan. Penyakit ini sama dengan leher tengeng, ia disebabkan oleh suhu ruangan yang terlalu dingin karena bahaya AC.

Untuk menangani penyakit ini, anda dapat memberikan obat anti radang, anti nyeri dan suntikan pada pergelangan bahu. Selain itu anda harus melakukan terapi pemanasan ditambah latihan bahu.

Sindrom Carpal Tunnel

Penyakit ini adalah rasa kesemutan berlebihan pada jari-jari tangan. Penyakit ini disebabkan oleh pembengkak saraf pada pergelangan tangan. Penyakit ini disebabkan oleh pembengkak saraf pada pergelangan tangan. Gejala seperti ini akan lebih terasa pada malam hari di ruangan ber AC. Penyakit ini dapat disembuhkan bila cepat ditangani. Dokter Wendra menambahkan, suhu AC sangat berbahaya bagi penderita rematik. Pada penderita migrain pun, AC bisa memicu kekambuhan.

Sesak NafasBahaya Tidur di Ruangan Ber AC

AC memiliki kandungan zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida. Kandungan kimia seperti itu dapat memicu sistem pernafasan yang berakibat sesak didada / asma.

Kulit Kering

Penggunaan AC terlalu lama akan mengakibatkan tubuh kekurangan air putih dan mengalami kekeringan. Efeknya dapat dirasakan pada kulit kita, ketika kulit kekeringan selaput lendir akan berkurang.

Itulah bahaya tidur di ruangan ber AC, mulai sekarang biasakanlah hidup sehat. Terlalu banyak menggunakan AC juga berdampak buruk pada atmosfer bumi.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply