Wisata Air Terjun Coban Grojogan Sewu Pujon Malang Jawa Timur

Grojogan Sewu Malang

Wisata alam coban sewu yang terletak didesa Bendosari, Kecamatan Pujon,Malang Jawa Timur ini memiliki panorama indah dari jembatan yang pertama kali tamui saat pertama kali masuk ke daerah wisata ini.

Awalnya wisata ini tidak dibuka untuk umum, karena ditakutkan pemerintah akan terbengkalai atau tidak dirawat seperti goa tetes. Tetapi warga mulai mempercayai setelah pemerintah mulai memperhatikan wisata alam seperti B-29.

Masyarakat sekitar mengharapkan pemerintah melakukan pengembangan yang lebih baik untuk objek-objek wisata baru. Dan saat ini coban sewu sudah menjadi destinasi menarik bagi khalayak umum.

Nama dari coban sewu sendiri berarti seribu air terjun yang diambil dari banyaknya aliran air terjun dari tebing-tebing tinggi sampai-sampai terasa seram mengambil foto dari atas tebing.

Baca Juga : 42 Tempat Wisata Malang Batu dan Sekitarnya Yang Terbaru Murah

Dalam perjalanan setapak, kamu harus ekstra hati-hati untuk melewatinya karena kamu bakal merasakan petualang ekstrim dengan menyusuri sungai dan naik turun tebing yang penuh lumut licin. Karena sebenarnya tempat ini tidak memiliki jalur khusus wisatawan, hanya saja jalan para warga yang biasa mencari rumput yang dilewati.

Semua perjalanan ekstrimmu akan terbayar dengan pemandangan eksotis dari kejernihan air dan juga keasriannya yang masih terjaga. Jadi buat kamu yang lagi main kemalang atau lumajang, rugi banget deh kalo gak mampir kesini

Rute Menuju Grojogan Sewu Pujon Malang

Wisata Air Terjun Coban Grojogan Sewu Pujon Malang Jawa Timur

Rute dan jalur akses menuju ke coban sewu pujon ini ada beberapa cara :

-Pertama, buat kamu yang tinggal di kota malang bisa menggunakan kendaraan umum ke terminal landung sari dan naik Bus Puspa Indah yang jurusan ke jombang dan meminta pak supir untuk menurunkan Anda ke Grojogan Sewu Pujon Malang.
– Kedua, Kalau kamu pakek kendaraan pribadi dan mulai dari titik kota malang, kamu bisa mengambil arah sesuai petunjuk jalan ke daerah kecamatan pujon dan tepatnya desa bendosari kamu bisa tengok ke kiri jalan, Air terjun berada di kiri jalan.

Fasilitas nya masih belum mumpuni tetapi cukup memenuhi kebutuhan jika dilihat dari segi alam nya yang masih tergolong liar. berikut fasilitas yang tersedia :
– Mushola
– Kamar Mandi/ WC
– Parkir Kecil (Warga Setempat Yang Menyediakan)
– Tempat Istirahat atau Gazebo
– Tempat Makan Ada Warung Warung di sekitar jalan utama.

Harga Tiket

Kamu bisa masuk ke wisata alam ini dengan harga tiket yang sangat murah :

– Rp.2000 / Motor(Parkir)
– Rp.2000 / Orang(Tiket Masuk)

Kadang kalo tidak ada penjaga tiketnya kamu bisa langsung parkir tanpa membayar uang tiket. Tapi tetep harus konfirmasi agar penjaga parkir siap menjaga motor kesayangan kamu.

Tips Menuju Grojogan Sewu Pujon Malang

Grojogan Sewu Malang

Sebelum bersenang ria ke tempat ini, kamu harus tau tips untuk dapat membantu dan perlu diperhatikan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan :

  1. Bawalah Sendal atau sepatu anti-slip
    Disini kamu akan melewati jalan menuruni tebing yang sangat curam dengan medan bebatuan cadas berlumut dan licin.
  1. Disarankan memakai jasa guide
    Karena hanya ada jalan dari warga sekitar, maka kamu sebaiknya menggunakan guide dan tidak disarankan babat alas (menerobos ). Ditekutkan nantinya kamu tidak menemukan jalan malah hanya bertemu dengan jurang.
  1. Simpan dan amankan Alat Elektronik
    Masukkan barang bawaan kamu ke dalam plastik anti-air supaya tidak terkena air dan barang elektronik kamu tidak rusak.
  1. Membawa tali akan sangat membantu
    Gunakan tali untuk mengikat satu dengan lain supaya kamu lebih aman, terutama jika kamu datang dengan rombongan.
  1. Makanan dan minuman
    Bawalah bekan makanan dan minuman secukupnya karena disini belum ada penjual makanan dan minuman, jadi jangan berharap ada orang berjualan bakso disini.
  1. Matangkan persiapan
  • Perhitungan perjalanan bisa dikira-kira :
    – Tempeh > Goa Tetes sekitar 60 menit
    – Turun sngai via Goa Tetes sekitar 30 menit
    – Menyusuri sungai > Coban Sewu sekitar 20 menit
    – Naik sungai > Goa Tetes sekitar 45 menit
  1. Perhatikan cuaca
    Selalu perhatikan cuaca, jangan turun terlalu sore dan jangan berada disekitar lokasi saat hujan turun (sebaiknya langsung bergegas kembali jika sudah mendung untuk menghindari bahaya).

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply