Wisata Petik Madu Agro Tawon Rimba Raya Lawang Malang Jawa Timur

Wisata Petik Madu Agro Tawon Rimba Raya Lawang Malang Jawa Timur

Wisata Petik Madu Agro Tawon Rimba Raya Lawang Malang Jawa Timur. Apa kamu pernah mendengar tentang Agro Tawon? Mungkin tidak, mungkin iya. Tapi saya yakin, banyak diantara kamu yang belum dengar ataupun mengetahuinya. Sebenarnya Agro Tawon sendiri adalah salah satu objek wisata yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berwisata edukasi.

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Rimba Raya, Lawang, Malang. Disini tanahnya dipakai sebagai tempat untuk memelihara dan mengembangbiakkan tawon atau lebah yang nantinya dijadikan wisata Agro Tawon.

Pertama kali kamu masuk pintu gerbang ke Puri Kencana, kamu akan di suguhi dengan pemandangan yang berada di lembah kecil di jalan berbatu yang menurun tajam, menghadap ke lembah yang ditumbuhi beraneka jenis tanaman.

42 tempat wisata malang batu dan sekitarnya terbaru murah

Pada tengah lembah yang datar, didalam nya kamu bisa mengetahui bagaimana pola hidup lebah, teknis menernakkan sampai dengan proses pemanenan madu yang didalamnya sudah terdapat kotak berisi lebah dan lainnya diletakkan rapi pada samping kanan dan kiri jalan masuk.

Pada awal pembukaan, agrowisata ini memiliki tujuan untuk memberi ilmu tentang bagaimana berternak lebah bagi warga sekitar Lawang. Semakin lama tempat ini mulai terkenal dan bisa mendapatkan pengunjung sekitar 500-1000 per bulan dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada pula yang datang dari mancanegara khusus untuk melihat peternakan lebah dan berbagai jenis tanaman di tempat ini.

Kamu akan dikenalkan dengan berbagai jenis lebah atau tawon yang dijadikan ternak madu. Ada 3 jenis tawon, yaitu Apis Melilfira (merupakan lebah dari Australia), Acerana (lebah lokal yang ganas tetapi tidak berbahaya) dan Trigond (lebah yang kecil dan tidak menyengat).

Tetapi untuk dijadikan ternak, Lebah Apis Melilfira lebih banyak dipelihara. Jenis lebah ini mampu menghasilkan madu paling banyak, karena memiliki tubuh lebih besar sehingga lebah ini cocok untuk usaha. Selain madu, ternyata lebah dapat menghasilkan tiga macam produk lainnya. Antara lainnya adalah royal jelly, bee pollen dan propolis.

Madu yang dihasilkan memang dari berbagai jenis lebah yang diternak, tetapi kualitas nya hampir sama dan dibedakan berdasarkan kandungan enzimnya

Kalo pembuatan sarang lebah sendiri terbagi dari 2 cara, pertama dibuat oleh manusia dan kedua dibuat secara alami oleh lebah itu sendiri. Proses pembuatan sarang yang cepat dan berkualitas dibuat oleh manusia sendiri. Jika dibuat oleh lebah sendiri membutuhkan waktu hingga 3 minggu.

Tiket Wisata Petik Madu Agro Tawon Rimba Raya

Kamu yang masuk ke wisata ini tidak akan dipungut biaya apapun, hanya saja jika kamu pengen dapet pembelajaran lengkap termasuk cara memanen madunya, maka sebaiknya kamu berkunjung dengan rombongan (minimal 50 orang) dan dijadwalkan minimal seminggu sebelumnya supaya tidak berbarengan dengan rombongan lain.

Fasilitasnya sudah disedikan, dari outbond, gazebo, tempat bermain, cafetaria, dan areal parkir yang luas. Kamu juga bisa membeli madu dalam botol ataupun madu yang masih dalam sarang lebah dan bisa juga langsung makan.

Lokasi Wisata Petik Madu Agro Tawon Rimba Raya

Wisata Petik Madu Agro Tawon Rimba Raya Lawang Malang Jawa Timur

Lokasi Agro Tawon Rimba Raya berada di Puri Kencana, Jalan Dr. Wahidin No. 8 Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Tempat ini sangat mudah buat kamu yang pengen main kesini, hanya berjarak sekitar 1 kilometer ke arah selatan dari Pasar Lawang, di jalur utama Malang-Surabaya.

Saat ini peternakan telah memiliki beberapa lokasi penangkaran sampai keluar kota seperti Blitar, Nganjuk, Kediri, dan Batu. Madu sudah siap dipanen ketika berumur satu bulan, itu jika bunganya optimal. Dari satu kotak lebah dapat dipanen 30-40 kg madu murni.

Nomor Telepon : 0341 7706622 – 9161000
Nomor Fax : 0341 42074
Lintang Bujur : -7.85154, 112.69424

Telp. 0341-9161888
Jam Buka: Senin-Minggu
Pukul: 08.00-15.00 WIB

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply