Agen/Broker Properti Terbaik Sukses di Indonesia

agen broker properti terbaik dan sukses
agen broker properti terbaik dan sukses

Tahukah anda? bahwa ada salah satu jenis bisnis properti yang bisa dilakukan dengan modal/budget  yang sangat-sangat minim, bahkan di kerjakan dengan modal kurang dari 5jt namun bisa menghasilkan hingga puluhan, ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Yap! Saya yakin anda pasti sudah tidak asing dan pernah mendengar istilah agen/broker properti.

Namun saya sendiri juga sangat-sangat yakin bahwa anda masih penasaran dan ingin tahu lebih detail mengenai seluk beluk agen/broker properti, apa yang di lakukan agen/broker properti, jenis-jenis agen/broker properti, berapa penghasilan agen/broker properti, legenda munculnya agen/broker properti dan semua informasi mengenai agen properti. Namun kali ini anda sangat beruntung karena dalam pertemuan kali ini saya akan membahas lebih jauh mengenai Topik agen/broker Properti.

Apa agen/broker properti?

Agen properti adalah salah satu profesi/bidang bisnis yang sangat-sangat didambakan, bahkan saya yakin bahwa anda sendiri bisa sampai ke situs pribadi saya sekarang karena anda sangat ingin berbisnis menjadi agen/broker properti dan akhirnya anda penasaran mencari informasinya di internet, benar kan?

Agen/broker properti adalah seorang yang bertugas sebagai perantara yang menjembatani aktivitas jual-beli antara pemilik dan pembeli properti. Banyak orang ingin bergelut menjadi agen properti karena bisnis ini bisa di kerjakan tanpa modal yang besar, waktu yang flexibel, tidak perlu pendidikan tinggi, dan tentunya incomenya kelas kakap…

 Dua Jenis Agen/Broker Properti Yang Wajib Anda Ketahui?

  1. Agen/Broker Tradisional atau istilah gaulnya (BT)

BT adalah broker properti yang tidak berada dalam suatu naungan perusahaan/kantor agency properti, sehingga semua aktivitas jual-beli yang mereka lakukan relatif tergantung pada kemampuan pribadi dan jaringan yang dimilikinya.

Kelebihannya :

Prosentase komisi yang BT dapatkan lebih besar, karena seorang BT tidak perlu membagi komisinya dengan perusahaan/kantor agency, namun sayangnya meskipun begitu biasanya BT juga mendapatkan komisi di bawah standart yang telah di tetapkan pemerintah, karena banyak klien yang kurang percaya dengan mereka sehingga memberikan komisi yang relatif di bawah standart.

-Tidak terikat oleh sebuah peraturan (SOP) yang telah di tetapkan oleh perusahaan, sehingga BT dapat mengatur pola kerjanya sendiri, dan tidak ada sanksi dalam segala tindakan, karena semua konsekuensi yang mereka jalani menurut hati nurani mereka masing-masing.

Kelemahannya :

-Jaringan pemasaran yang mereka miliki sangat-sangat terbatas, faktor kepercayaan antar broker sangat-sangat menentukan apakah dapat bekerjasama atau tidak, jika tidak ada kerja sama maka ruang lingkup pemasaran properti mereka akan semakin terbatas.

-Tingkat resiko pemasaran tinggi, karena bertindak secara personal dan tidak memiliki brand yang kuat, maka properti yang di pasarkan seringkali tidak bersifat ekslusif maka tidak dapat mengikat hak-hak sebagai agen properti kepada klien, sehingga tidak dapat mengunci resiko yang berkaitan dengan biaya pemasaran.

-Biaya pemasaran juga ditanggung sendiri, karena jika semua properti yang telah mereka pasarkan laku oleh pihak lain, maka semua budget kerugian yang telah dikeluarkan akan di tanggung secara personal dan tidak akan mendapat ganti rugi.

  1. Agen/Broker Properti Bersertifikat Resmi (Agen Profesional)

Agen Profesional adalah agen yang bergerak di bawah naungan perusahaan/kantor agency properti, agen profesional biasanya bekerja secara team sehingga semua kesulitan dan masalah akan menjadi mudah.

Kelebihan :

-Jaringan pemasaran yang sangat luas, karena mereka bergerak bersama jaringan yang telah di bangun oleh kantor agency/perusahaan properti, dan mereka memiliki akses ke jaringan yang lebih luas lagi bersama ribuan agen yang tersebar di seluruh Indonesia bersama Asosiasi Real Estate Broker Indonesia.

-Tingkat resiko pemasaran sangat rendah, karena mereka berada di bawah naungan brand yang sudah cukup terkenal seperti KampungProperti.com, maka semakin banyak pula peluang mereka untuk di percaya klien mendapat ekslusif listing properti dan bukan hanya agen itu saja yang memasarkan propertinya secara personal, namun juga perusahaan yang menaunginya.

-Biaya pemasaran di dukung kantor(full support budget marketing dari perusahaan)dengan adanya kepastian serta kontrak pemasaran yang jelas biasanya kantor juga berani ikut membantu memasarkan propertinya.

-Database listing dan calon pembeli yang dimiliki perusahaan juga besar, sehingga mempermudah terjadinya proses closing/penjualan agen.

Kelemahan :

-Prosentase komisi kecil, karena dibagi dengan kantor/perusahaan properti yang menaunginya.

-Terikat dengan peraturan, dalam menjalankan semua aktifitas agen properti harus dapat mewakili dan mengikuti aturan yang telah di tetapkan oleh kantor, karena aturan yang dibuat kantor biasanya juga demi kebaikan team/agen yang berada di bawah naungan perusahaannya.

Berapa Income atau Penghasilan Agen/Broker Properti?

-Peraturan Sah Pemerintah

Menurut menteri perdagangan Republik Indonesia Yaitu Mari Elka Pengestu telah menerbitkan sebuah peraturan baru NO. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang perusahaan perantara perdagangan properti. Ada banyak sekali hal yang diatur dalam Permendag No 33 tahun 2008. Antara lain yang paling penting adalah “Setiap perusahaan broker harus memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4). Izin tersebut telah di keluarkan oleh Direktur bina usaha dan pendaftaran perusahaan departmen perdagangan. SIU-P4 harus di daftarkan ulang setiap 5 (lima) tahun sekali.

Untuk mendapatkan SIU-P4 ada beberapa syarat yang wajib di penuhi yaitu, memiliki paling sedikit dua orang tenaga ahli sebagai pimpinan perusahaan dan seorang broker properti. Semua bentuk legalitas perusahaan bisa mengajukan SIU-P4, baik berbentuk PT, CV, Koperasi, Firma, maupun perorangan, jadi BT (broker tradisional) juga di akomodir dalam peraturan ini.

Setelah memegang SIU-P4, setiap perusahaan wajib menyampaikan laporan kegiatan usahanya, baik berupa laporan penjualan tahunan yang diajukan kepada Direktur bina usaha dan pendaftaran perusahaan departmen perdagangan, yang dilakukan setiap satu tahun sekali.

Income / Komisi Yang di Dapat Agen atau Broker Properti

Dengan mengikuti acuan atau peraturan resmi yang telah di tetapkan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomer 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang perusahaan perantara perdagangan properti menetapkan besaran komisi untuk broker properti minimal 2% (dua persen) dari nilai transaksi jual-beli properti.

Berikut ini merupakan prosentase deal transaksi jual-beli-sewa rumah, tanah, apartemen, ruko,gudang, dan semua jenis properti lainnya. Broker/Agen properti bersertifikat biasanya perusahaan menetapkan standar komisi yang pasti, yaitu :

  • Komisi 3% untuk harga properti = 0 – 1 Milyar.
  • Komisi 2,5% untuk harga properti = 1- 3 Milyar.
  • Komisi minimal 2% untuk harga jual lebih besar dari 3 Milyar
  • Komisi 5% untuk untuk sewa dan kontrak properti.

Legenda Munculnya Bisnis Broker/Agen Properti

Menurut sebuah legenda, hasil sharing atau cerita yang sering saya temui dari beberapa kolega agen properti saya, bisnis ini muncul karena suatu kendala/permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang ingin menjual (pemilik properti) dan masyarat yang ingin membeli (buyer properti) dalam proses jual-beli properti.

Beberapa masalah atau kendala yang sering di hadapi pemilik properti antara lain adalah :

-Waktu

Dominan atau kebanyakan pemilik properti yang saya temui bukanlah berasal dari kalangan pebisnis/pemain properti. Mereka dominan memiliki usaha atau profesi lain diluar sana yang berada diluar jalur bisnis ini.Jadi mereka tidak punya waktu lebih untuk fokus mengurus pemasaran, mengantar buyer/pembeli berkali-kali. Bahkan untuk sekedar berfikir merencanakan proses pemasaran atau pemasangan iklan properti yang mereka jual.

-Pemasaran

Untuk menjual suatu properti ada banyak hal dan strategi yang harus di lakukan, tidak cukup hanya memasang iklan di koran ataupun memasang spanduk di depan properti. Harus aktif dan jemput bola agar properti yang di pasarkan bisa segera laku terjual, dan harus memiliki jaringan pemasaran broker yang kuat yang semuanya memiliki database penjual dan pembeli secara terstruktur, harus up to date dengan harga properti yang di pasarkan agar properti tersebut bisa segera terjual dengan harga yang cantik. Oleh karena itu kebanyakan pemilik properti malas dan  tidak sempat mengurus segala hal ribet mengenai proses pemasaran

Beberapa masalah atau kendala yang sering di hadapi pembeli/buyer properti antara lain adalah:

-Waktu

Sama persis dengan yang di hadapi pemilik properti, kebanyakan para pembeli juga berasal dari latar belakang yang bukan pemain properti. Sehingga mereka tidak sempat untuk meluangkan waktu berputar-putar keliling mencari properti yang mereka inginkan.

-Informasi

Kurangnya pengetahuan mengenai informasi up to date yang dimiliki pembeli mengenai harga pasaran tanah, informasi pengembangan kawasan, informasi proses pendanaan properti seperti KPR (Kredit kepemilikan rumah) dari bank, sehingga pembeli akan kesulitan menemukan properti tercantik yang mereka inginkan.

Kendala/Masalah Yang di Hadapi kedua belah pihak :

-Negosiasi

Biasanya yang sering terjadi proses negosiasi tidak hanya berkutat seputar harga pasaran properti, posisi strategis properti dan nilai jual lebih pada properti tersebut. Namun bisa juga proses negosiasi terjadi karena hal-hal yang tidak pernah terduga sebelumnya, jadi dibutuhkan keahlian atau skill khusus untuk mencapai kata sepakat/deal antara pemilik dan penjual properti.

-Aspek Legal/Hukum Properti

Ketika melakukan transaksi jual-beli properti seorang pemilik dan pembeli properti biasanya tidak tahu mengenai aspek legal yang bisa mendukung mulusnya terjadinya transaksi, seperti keabsahan dokumen-dokumen surat kepemilikan, dokumen apa saja yang perlu di persiapkan sebelumnya, biaya-biaya yang muncul saat proses transaksi, biaya apa saja yang ditanggung masing-masing pihak.

Yap! Sekarang anda tahu kan dari cerita yang saya jelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa peran serta adanya agen/broker properti itu sangat-sangat penting. Jadi jika anda ingin belajar lebih dalam mengenai cara menjadi agen, strategi cepat menjadi agen properti sukses, dan hal-hal teknis menjadi agen, anda bisa bergabung menjadi agen di KampungProperti.com

Bagaimana Cara Menjadi Agen/Broker Properti Sukses?

Menjadi agen properti sukses adalah dambaan dari semua orang, bahkan anda sendiri sampai di situs ini pasti karena ingin menjadi agen properti sukses, benar kan? Jika anda pernah mendengar suatu pribahasa “Ada gula ada semut, kalo ingin kaya jangan cuma cemberut” ketika orang-orang melihat besarnya income yang dihasilkan oleh agen properti, pasti saya sangat yakin bahwa banyak sekali yang tertarik dengan bisnis ini. Namun pernahkan anda mendengar pribahasa ini “Berakit-rakit kehulu bersenang-senang kemudian” artinya jika anda ingin sukses menjadi agen properti anda harus rela menikmati setiap prosesnya, karena menurut hasil pengamatan saya pribadi hanya ada 1:10 orang baru yang benar-benar sukses ketika terjun menjalani bisnis ini. Penyebab kegagalan mereka relatif sama yaitu “MINDSET” yang salah.

Meraka yang punya mindset salah pasti hanya dalam hitungan bulan bahkan hari akan terkena seleksi alam dengan sendirinya. Banyak yang putus asa berhenti di tengah jalan karena hasil yang di dambakan ternyata tidak semudah yang dilihat. Mengapa bisa demikian? Karena memang menjadi seorang broker properti tidak akan semudah yang anda pikirkan (dapat duit gede tiap bulan, jalan-jalan luar negeri, sering beli mobil baru, rumah baru hehe) satu pesan saya “jika anda ingin sukses jangan pernah sekalipun untuk berfikir mundur, komitmen, fokus, dan jujur” karena di bisnis apapun, profesi apapun pasti ada tantangannya, namun jika anda ingin cepat sukses maka cepatlah cari “MENTOR” karena dengan adanya mentor yang berpengalaman bisa membantu anda memulai dan menjalani prosesnya dengan lebih mudah, dan pastinya mentor akan mengarahkan anda ke jalan kebenaran agar anda lebih cepat sukses.

Langkah Pertama Yang Harus Dilakukan :

  1. Cari klien sebanyak mungkin (klien listing dan klien buyer).
  2. Bangun relasi seluas-luasnya.
  3. Kelola database klien anda sebaik mungkin, dengan semakin terbentuknya database yang besar dan terstruktur maka proses untuk closing akan menjadi lebih mudah.

Mindset, Cara Kerja, dan Sifat Yang Harus Dimiliki seorang broker properti :

Fokus

 Fokus lakukan berulang-ulang kali maka bisnis ini akan menjadi kebiasaan dan mendarah daging di kehidupan anda, bahkan lambat laun anda pasti akan menikmati prosesnya. Fokus yang harus anda lakukan disini adalah anda harus mulai mencari klien setiap hari (listing & buyer), mengatur jadwal pertemuan, merencanakan strategi pemasaran yang baru, tingkatkan jam terbang.

Waktu

Ketika anda sudah terjun menjalankan bisnis agen properti maka saya yakin pasti anda akan memiliki waktu yang lebih banyak dan tidak terikat oleh batasan. Namun dengan banyaknya waktu tersebut anda seharusnya bisa lebih sering berimprovisasi serta berinovasi memikirkan strategi baru untuk menjalankan bisnis ini. Jangan pernah membuang waktu anda untuk urusan lain yang kenyataannya tidak begitu penting agar tidak menghambat kesuksesan anda.

Komitmen

Saya sangat yakin jika banyak sekali pihak yang merasa profesi sebagai broker properti dapat dijadikan sebagai side job(bisnis/kerja sampingan), saya tidak pernah bilang hal tersebut salah, namun fakta dilapangan yang saya amati sendiri menunjukan bahwa mereka yang kurang memiliki komitmen tidak akan pernah bertahan lama atau tidak akan menjadi agen yang super duper sukses. Jika anda ingin sukses maka anda harus memiliki komitmen yang kuat untuk menjalankan bisnis ini setiap hari. Karena berbisnis sama saja dengan berlari marathon bukan sprint. Anda akan menikmati buahnya di kemudian hari kelak, namun sebagai pelari marathon anda harus memiliki stamina yang kuat untuk perjalanan panjang yang akan anda lewati.

Pengembangan

Jangan pernah sekali-kali anda berfikir sebagai karyawan, karena anda adalah seorang pengusaha. Jadi anda haru berfikir kreatif, selalu berinovasi, belajar hal baru, dan selalu pikirkan untuk mengembangan bisnis anda. Jika anda sudah berhasil mendapatkan income 40jt/bulan jangan berhenti karena anda akan stuck dan masuk zona nyaman tidak akan ada perkembangan , justru anda harus berfikir bagaimana caranya agar mendapatkan 80jt/bulan , 120jt/bulan, dan seterusnya.

Pola Kerja Efisien & Efektif

Jika sebelumnya saya membahas tentang pengembangan, maka kali ini saya akan mengharuskan anda untuk memiliki pola kerja yang efisien dan kreatif. Seperti bagaimana mengatur budget pemasaran yang terukur. Bagaimana mengatur jadwal bertemu klien yang efektis dan lain sebagainya.

Cepat Beradaptasi

Dalam hidup ini sesuatu yang pasti terjadi adalah “Perubahan” dari waktu ke waktu semua orang berfikir untuk menemukan hal baru, berubah menjadi lebih baik, dan berfikir lebih efisien. itulah sebabnya saya mengharuskan anda agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan, agar tidak tergilas oleh jaman. Anda haru up to date dengan segala perubahan, khususnya yang masih berkaitan dengan informasi bisnis properti. Seperti peraturan baru pemerintah untuk bisnis properti, perubahan pola strategi pemasaran, perubaha kebiasaan/perilaku konsumen dan lain-lain.

Senjata dan Peralatan Perang Yang Wajib Dimiliki Agen Properti

Sebelum anda benar-benar terjun di medan perang alangkah baiknya jika mempersiapkan semua amunisi dulu, semua persenjataan untuk menunjang kemenangan anda sebagai agen properti. Tidak perlu yang mahal cukup yang sederhana aja, berikut merupakan senjata yang dibutuhkan agen properti :

  1. Nomer Telfon :

Saya sangat menyarankan jika memang anda memiliki beberapa ponsel, sediakan beberapa jenis operator, saya sendiri juga menggunakan 3 nomer (simpati, im3,axis) agar memudahkan klien saat ingin berkomunikasi dengan anda, karena kebanyakan klien ingin menelfon nomer yang sesama operatornya agar hemat pulsa hehe (maklum pelit mungkin).

  1. Kamera :

Kenapa harus membawa kamera? Untuk mempermudah proses dokumentasi properti milik klien, karena dengan visualisasi gambar/video bisa membuat properti tersebut lebih menarik. Ambil foto/video sebagus mungkin untuk mendukung proses pemasaran anda kedepannya.

  1. Website Personal Agen

Kenapa harus membuat website pribadi juga? Karena jaman sudah berubah, data terakhir yang saya dapat di tahun 2016 ini 70% orang Indonesia saat ini sudah mencari properti via online/melalui internet jika anda anda tidak beradaptasi dengan perkembangan jaman ini maka anda akan punah seperti dinosaurus. Saya sangat yakin di tahun-tahun berikutnya pasti jumlah pencari properti akan mencapai 100% tunggu saja tanggal mainnya. Namun anda tidak perlu khawatir jika anda bergabung di KampungProperti.com, semua agen akan mendapatkan bonus website pribadi seperti (nama.kampungproperti.com /iqbal.kampungproperti.com). enak kan?

  1. Kartunama :

Fungsi dari kartunama sendiri adalah untuk mempermudah klien mengingat dan menghubungi anda di kemudian hari kelak (agar disimpan di dompetnya, ciee masuk dompetnya klien haha). Kartunama juga berfungsi saat anda menyebarkan brosur promosi pada suatu even properti. Ada 3 hal penting yang wajib anda cantumkan agar calon klien bisa mengenal anda secara profesional. Yaitu : Logo Perusahaan, Nama perusahaan, Foto anda, situs anda, dan semua kontak anda.

  1. Buku Alamat :

Mulai saat ini anda harus membiasakan diri untuk mengelola semua database informasi yang anda dapat, fungsi buku alamat ini adalah untuk menyimpan data dan informasi dari klien ataupun jaringan pemasaran anda.

  1. Buku Listing dan Permintaan (request klien)

Buku ini berfungsi untuk menyimpan semua informasi dari properti-properti yang sedang anda pasarkan dan semua request klien. Simpan data ini secara terstruktur untuk mempermudah klarifikasi data yang masih valid dan yang tidak valid. Dengan bekerja secara terstruktur maka anda sudah berhasil menjalani pola kerja efisien & efektif.

Jika anda ingin belajar lebih dalam dan ingin menjadi agen/broker properti sukses anda bisa bergabung di KampungProperti.

Related Post

4 Comments on Agen/Broker Properti Terbaik Sukses di Indonesia

Leave a Reply