Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kos kosan? Penghasil Uang Bulanan Tanpa Bersusah Payah

Bisnis Kos Kosan Dan Cara Memulainya

Bisnis kos kosan sangat menguntungkan di Indonesia. Apalagi jika anda memulai bisnis kos kosan pada daerah metropolitan seperti jakarta, bandung, surabaya dan lainnya. Anda sangat beruntung jika membuat kos didaerah seperti itu, karena banyak sekali pendatang dari luar daerah yang sengaja tinggal untuk mencari pekerjaan atau meneruskan study belajarnya.

Kesempatan emas seperti itu janganlah anda siakan. Mulailah bisnis kos-kosan sekarang juga. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dalam memulai bisnis ini. Diantaranya :

Memulai Bisnis Kos Kosan

1. Pilih Lokasi

Hal yang harus anda pertimbangkan pertama kali adalah siapa target penghuni kosan. Jika kos anda targetkan untuk para mahasiswa carilah lokasi didekat kampus, atau jika anda ingin penghuninya karyawan carilah lokasi sekitar pabrik. Yang paling penting adalah anda harus mencari lokasi yang tepat dan strategis di kawasan perkantoran, pertokoan, pabrik, sekolah maupun kampus. Lokasi ini tidak harus bersebelahan, tapi memiliki akses yang mudah untuk dijangkau penghuni kos.

2. Kenyamanan, Keamanan dan Kebersihan

Bisnis Kos Kosan Dan Cara MemulainyaSetiap orang pasti akan memilih tempat tinggal yang nyaman bersih dan aman. Hal itu tidak dapat dipungkiri lagi. Tidak akan ada orang yang mau tinggal di tempat kumuh, atau rawan dengan maling. Semua orang ingin tempat tingganya nyaman karena tempat tinggal inilah yang menjadi tempat untuk beristirahat dan melepaskan semua beban.

3. Fasilitas

Lengkapi fasilitas untuk rumah kos anda. Semakin banyak fasilitas yang mampu anda penuhi, penghuni kos akan semakin nyaman. Umumnya rumah kos standar hanya berisi kasur dan almari, tapi disini anda dapat menambahkan fasilitas lain, seperti menyediakan kamar mandi untuk setiap kamar, dan menyediakan dapur sendiri pada ruangan tertentu.

4. Harga

Jika anda telah menentukan lokasi dan fasilitas dari kos kosan yang didirikan, anda mampu memberi nilai harga untuk setiap kos tersebut. Tapi sebelum itu anda harus melihat dulu target penghuni kos anda, jangan sampai harga yang anda berikan terlalu mahal dan tidak menjangkau biaya hidup pada umumnya.

5. Layanan Tambahan

Jika penghuni kos kosan anda adalah orang yang memiliki kepadatan aktifitas di luar rumah, sediakan saja jasa cuci pakaian. Hal ini akan sangat menambah keuntungan bagi anda. Karena sebagian dari mereka tidak akan sempat melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti itu.

Dan jika penghuni rumah kos anda mayoritas mahasiswa, sediakan saja wifi atau hotspot. Mereka akan sangat membutuhkan koneksi internet di kos kosan. Biasanya mereka pergunakan untuk mencari bahan-bahan pendukung tugas perkuliahan.

6. Akses Kendaraan Umumcara bisnis kos kosan

Apakah kendaraan umum mampu melewati depan rumah atau kompleks? Apakah mudah dijangkau? Apakah motor atau mobil bisa masuk ke lokasi kos. Hal ini merupakan faktor yang cukup menunjang.

Beberapa hal diatas merupakan tips yang sangat penting agar nilai harga kos yang anda jual bernilai tinggi. Selain itu dalam memilih penghuni kos sebaiknya lakukan dulu seleksi. Anda harus tahu siapa yang tinggal di dalam kos-kosan anda dan bagaimana latar belakangnya. Paling tidak anda bisa menggali informasi mereka tentang tempat asal, tempat kerja, dan status mereka.

Menyediakan kamar kos bukan berarti semua penghuni dapat melakukan kegiatan seenaknya, anda dapat memberikan tata tertib pada mereka agar tidak berbuat semaunya. Dengan begitu anda sendiri akan membentuk bagaimana citra dari bisnis kos kosan yang anda miliki di lingkungan masyarakat.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply