Belajar Bisnis Properti Developer, Flipper, Broker, dan Investor properti

belajar-bisnis-properti-broker-developer-flipper-investor-properti-gratis

Belajar bisnis properti developer, broker, flipper, investor

Ada 4 cara ketika anda ingin masuk di dunia bisnis properti, semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung kejelian anda dalam memanfaatkan peluang yang ada. Namun bisnis properti merupakan bisnis yang sangat berpotensi serta memiliki ceruk pasar yang sangat luas, karena semua orang membutuhkan properti dan properti merupakan salah atau kebutuhan pokok manusia (sandang, pangan, papan ).

belajar-bisnis-properti-broker-developer-flipper-investor-properti-pemula

  1. Broker atau agent properti

Broker merupakan istilah keren dari makelar atau pialang properti, tugas seorang broker properti adalah menjembatani investor atau pembeli dan penjual properti. Keberadaan seorang broker properti sangatlah membantu bagi para penjual atau pembeli yang berkeinginan membeli, menjual, dan menyewa properti yang diinginkannya. Keberadaan broker properti saat jual-beli-sewa properti di dukung oleh sinergi lima (5) stakeholder utama yaitu Pemerintah, Perbankan, Developer, Asosiasi, dan Masyarakat.

 Apa saja pekerjaan yang dilakukan broker properti ?

Beberapa pekerjaan yang harus dilakukan broker properti adalah

  1. Menemukan pemilik properti yang membutuhkan jasa broker properti
  2. Melakukan check hal-hal legal seperti sertifikat, imb, pbb dll.
  3. Membuat kontrak kerjasama pemasaran dengan pemilik properti.
  4. Melakukan survey harga pasar.
  5. Melakukan promosi.

belajar-bisnis-properti-broker-developer-flipper-investor-properti

  1. Flipper

Apasih flipper properti ? bagi sebagian orang kata flipper masih merupakan kata yang cukup asing, bagi sebagian lagi menjadi kata yang sering di dengar tanpa memahami maknanya,  dan bagi sebagian lagi menjadikan flipper sebagai profesi. Flipper berasal dari bahasa inggris, flip yang artinya membalik. Jika di implementasikan dalam dunia properti, flip berarti membalik transaksi dari kita yang berposisi sebagai pembeli menjadi seorang penjual dalam rentan waktu yang cukup singkat atau tidak lama. Orang yang bertransaksi tersebut biasanya disebut flipper dan prosesnya dinamakan flipping. Dalam prosesnya biasanya seorang flipper membutuhkan modal besar, bisa juga dengan modal sedikit, bahkan bisa jadi tanpa modal, semuanya relatif tergantung kejelian dan keberuntungan ketika mendapatkan properti untuk di flip.

Kapan seseorang bisa bermain sebagai flipper properti ?

Kebanyakan seorang flipper bermain dalam pasal jangka waktu pelunasan dan harga properti yang harus dilunasi, ketika ia dapat mencari pembeli baru terhadap properti yang telah mengikat perjanjian dengannya dengan harga yang tentu saja lebih tinggi dari harga yang ia dapatkan dari pemilik. Jika dalam jangka waktu perjanjian yang telah disepakati  flipper dapat menemukan pembeli yang sanggup membeli dengan harga yang cocok maka pembeli yang barulah yang akan melunasi harga jual properti tersebut kepada pemilik awal. Jadi dalam hal ini flipper mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang dibayarkan oleh pembeli baru dengan harga yang harus dibayarkan kepada pemilik properti yang lama.

Ciri-ciri properti yang bisa di- flipp :

  1. Harga properti dibawah harga pasar.
  2. Owner bersedia propertinya dijual lagi kepada orang lain.
  3. Pembayaran oleh pembeli harus hard cash

belajar-bisnis-properti-broker-developer-flipper-investor-properti-surabaya

  1. Developer

 Developer atau perusahaan pengembang properti adalah perusahaan pembangunan perumahaan, ruko, apartment, gudang dan berbagai jenis properti lainnya dalam jumlah besar di atas suatu area tanah yang akan merupakan suatu kesatuan pemukiman yang dilengkapi dengan prasarana lingkungan dan fasilitas-fasilitas sosial yang diperlukan oleh masyarakat penghuninya. Modal untuk menjadi seorang developer cukup relatif, besar atau kecilnya modal semua tergantung skill dan jam terbangnya.

Apa saja pekerjaan developer properti ?

  1. Mencari lahan yang cocok untuk di kembangkan kawasannya.
  2. Membuat suatu perencanaan suatu kawasan, kawasan seperti perumahan, ruko, apartment, gudang dan masih banyak lagi.
  3. Membuat perencanaan pemasaran atau marketing untuk meningkatkan penjualan propertinya.
  4. Membuat perencanaan keuangan.
  5. Mencari kerjasama untuk pendanaan, biasanya bekerjasama dengan bank. 

belajar-bisnis-properti-broker-developer-flipper-investor-properti-sidoarjo

  1. Investor

Menurut wikipedia, investor adalah orang yang melakukan penanaman modal sesuai dengan jens investasi yang dipilihnya baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Terkadang istilah “investor” ini juga digunakan untuk menyebutkan seseorang yang melakukan pembelian properti, mata uang, komoditi, derivatif, saham perusahaan, ataupun aset lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan bukan merupakan profesi serta hanya untuk suatu jangka pendek saja. Namun ketika menjadi investor, anda harus memiliki modal yang besar.

Apa saja keuntungan ketika menjadi investor ?

  1. Hemat waktu, karena uang yang akan bekerja untuk anda
  2. Hemat tenaga, karena anda tidak ikut bekerja.
  3. Mendapatkan keuntungan yang cukup besar ( relatif tergantung kejelian dan skill anda saat berinvestasi properti )

Apa saja kekurangan ketika menjadi investor ?

  1. Resiko besar karena anda yang menanggung resiko, namun tergantung skill dan pengalaman anda untuk meminimalisir resikonya.
  2. Harus sabar menunggu waktu yang lebih lama untuk menikmati hasilnya karena berbeda dengan bekerja.

Oke cukup sampai sini dulu sharing dengan saya, jika ada pertanyaan mengenai broker, flipper, developer, dan investor properti bisa anda tanyakan langsung kesaya atau temui saya di sosial media untuk sharing mengenai bisnis properti. Tunggu post saya selanjutnya, saya akan bahas lebih detail mengenai bisnis properti.

SUKSES UNTUK ANDA SEMUA !!!

 

 

Related Post

4 Comments on Belajar Bisnis Properti Developer, Flipper, Broker, dan Investor properti

  1. Saya yang lulusan teknik sipil awalnya tertarik sekalo bermain properti, karen paham teknis dll. Tapi kesin-kesini jadi berpikir dua kali, karena bukan cuma bisa membangun, tapi harus bisa memasarkan. Good article! berbisnis itu harus dipelajari dulu tekniknya 🙂

    Salam, Riant.
    Plaza Bisnis

     
  2. Saya ingin menawarkan kerja sama mencari pembeli tanah. Komisi 2,5% dari hasil penjualan dibagi sama dibagi rata, maksimal komisi 2 orang untuk Anda dan dari pihak kami termasuk kuasa jual 6 orang. Anda hanya merekomendasikan/memberitahukan kepada pihak pembeli setelah itu pihak kuasa jual atau team kami yg akan memprospek pihak pembeli.

    Dijual tanah 21 Ha di daerah Setu Bekasi, Pinggir jalan raya alamat dan denah ada di photo.
    Harga Rp. 400,000,-/permeter nego – SERTIPIKAT (yg di stabilo hijau).

    Survey bersama kuasa jual.

    Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Salam

     
  3. saya yuni, seorang broker, siap melayani investor baru yang ingin keuntungan. jika berminat kita bisa bertemu langsung agar calon investor lebih mengenal kami dan bisa mengambil keputusan sesuai keinginan anda.

     
  4. kami dari :: dm67 kami mempunyai team yg solid dari pek Gambar, Hit RAB, pelaksanaan pembangunan untuk Rumah tinggal, Kantor, Perumahan siap bekerja sama dengan pemdal untk menjalankan/mewujudkan yg di inginkan…….hub kami untuk wil kerja semarang sekitarnya

     

Leave a Reply