Beli Rumah Tanpa DP & Uang Modal? Bisa?

beli rumah tanpa dp uang modal
Rate this post

Beli rumah tanpa DP dan uang modal? Memangnya bisa? Hal ini terkesan mustahil, apalagi jika anda tidak memiliki modal sepeserpun di awal. Lalu bagaimana caranya?

Tidak perlu bingung, kini membeli barang properti bisa dilakukan secara KPR. KPR singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. KPR adalah¬†fasilitas yang disediakan oleh bank untuk membeli rumah secara kredit. Loh? Berarti tetap harus mengeluarkan modal dong…

Ssssttt, ada cara jitu untuk mengakali KPR bank ini, sehingga di awal pembelian anda tidak perlu mengeluarkan modal.

BELI RUMAH TANPA DP ?

Nah disini saya akan memberikan beberapa tipsnya.

1. Survey Rumah

Sebelum berniat melakubeli rumah tanpa dp uang modalkan KPR ada baiknya anda mencari dulu rumah seperti apa yang akan dibeli. Selain memastikan apakah rumah itu cocok untuk anda huni, anda harus mencari tahu berapa harga yang di tawarkan oleh pemilik.

Usahakan agar anda tidak mencari rumah di wilayah perumahan, karena jika anda memilih rumah yang di perumahan, anda akan berhubungan dengan developer dan ini akan menyulitkan proses KPR.

2. Kerja Sama dengan Pemilik

Nah, jika anda sudah mengetahui harga yang ditentukan kini saatnya anda melakukan kerja sama dengan pemilik rumah tersebut. Katakan bahwa anda ingin membeli rumahnya dengan cara KPR. Hal ini bertujuan agar si pemilik rumah mampu membantu anda ketika Bank melakukan survey.

3. Lakukan KPR di Bank

Si pemilik rumah telah menyetujui kerjasamanya, sekarang anda tinggal memilih pada bank manakah anda akan melakukan pinjaman KPR. Jika anda menjadi nasabah disalah satu bank, ada kemungkinan anda akan diberikan beberapa penawaran menarik untuk melakukan KPR. Berikut adalah bank-bank yang menyediakan jasa KPR :

  • Bank Mandiri – KPR Graha Mandiri
  • Bank Muamalat – KPR Muamalat
  • BCA – KPR BCA
  • BII – KPR BII
  • BNI – BNI KPR
  • BRI – KPR BRI
  • BTN – KPR Griya Utama
  • Dan lain-lain

Lakukan peminjaman KPR di Bank dengan ketentuan jumlah pinjaman KPR nya 30% lebih mahal dari harga asli rumah. Contohnya : Anda membeli rumah dengan harga Rp. 140.000.000,- maka pinjaman yang anda lakukan di Bank adalah Rp. 200.000.000,-

Biasanya bank ini akan meminta anda untuk membayar uang muka 30% secara mandiri pada pemilik rumah. Hal ini tidak perlu anda lakukan, karena anda telah memiliki kesepakatan / kerjasama dengan pemilik rumah. Kerjasama anda dengan pemilik rumah sangat penting dalam proses KPR ini.

Selanjutnya, jika bank telah menyetujui ajuan KPR anda rumah impian itu akan anda dapatkan. Dan anda harus memenuhi kewajiban untuk membayar angsuran setiap bulan di Bank. Jangan salah loh.. Hal ini ternyata sudah banyak dipraktikan masyarakat yang belum memiliki modal untuk membeli rumah, hanya saja ia memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk membeli rumah.

Pengajuan KPR ini bukanlah hal yang mudah, karena Bank akan melakukan survey secara langsung pada lokasi. Bahkan Bank akan meminta data slip gaji anda setiap bulannya. Ini hanya sebagai jaminan bahwa anda mampu membayar angsuran dan tidak memberatkan kondisi ekonomi anda. Jika anda terlambat membayar angsuran selama berbulan-bulan, otomatis rumah KPR yang tadinya anda miliki justru akan disita bank.

Kuncinya cukup berikan pengertian dengan pemilik rumah dan katakan niat anda sejujurnya. Jika pemilik rumah tidak menyetujui maka anda bisa mencari rumah yang lainnya. Jangan justru memaksa karena bank tidak akan menyetujui KPR jika anda ketahuan menipu.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply