Biaya Pemasaran Properti : Mengapa Komisi Agen Properti Mahal

Rate this post

Biaya-marketing-mengapa-komisi-agen-properti-mahal

Komisi agen properti dikatakan mahal ? itu tidak benar, komisi agen properti itu hanya 1% sampai dengan 3%.   Angka tersebut tidaklah sebuah keharusan, karena angka persentase tersebut tergantung harga jual dan kesedian serta kemampuan sang pemberi komisi.

Ada beberapa agen properti yang akan mematok atau memastikan setiap transaksi yang terjadi, memberikan hasil komisi yang telah ditentukan dari awal sebelum terjadi kerja sama antara pemilik properti dengan agen properti.

Tujuan dari pemberian komisi ini adalah agar sang agen semangat memasarkan properti yang kita miliki, sebab tanpa adanya properti yang terjual maka sang agen properti tidak akan mendapatkan penghasilan.

Dengan adanya komisi ini, sang agen properti akan berhitung dan menganalisa bagaimana cara dia untuk berpromosi agar properti yang dia miliki segera terjual. Semakin lama dia berpromosi berarti sang agen properti akan rugi.

Kerugian yang ditanggung agen properti meliputi kerugian biaya promosi, waktu, dan tenaga. Semakin cepat properti tersebut laku maka semakin cepat pula sang agen menikmati hasil dengan biaya yang sangat kecil.

Jadi apabila biaya pemasaran properti atau komisi agen properti dikatakan mahal adalah hal yang salah karena komisi tersebut merupakan komisi kotor bukan bersih, masih banyak biaya yang harus dibayar seperti biaya promosi, biaya makan, tenaga, waktu, dan biaya-biaya lain yang sulit dihitung.

Justru semakin cepat properti tersebut terjual maka secara waktu akan semakin menguntungkan, contoh suatu properti laku dalam waktu satu bulan maka komisi tersebut dapat dihitung sebagai penghasilan bulan ini, tetapi properti laku dalam waktu enam bulan maka komisi tersebut penghasilan selam enam bulan yang artinya komisi dibagi selama enam bulan.

Maka dari itu sang agen properti apalagi yang memiliki pengalaman atau jam terbang tinggi, akan berusaha semaksimal mungkin berpromosi sehingga dalam jangka waktu satu bulan bahkan kurang, properti tersebut terjual.

Maka dari itu sebaiknya ada pembicaraan terlebih dahulu antara agen properti dengan pemilik properti sehingga tercapai kesepakatan yang saling menguntungkan antara sang pemilik dengan agen.

Semakin mudah suatu properti di jual bisa saja komisi yang didapatkan secara persentase kecil, tetapi bila suatu properti ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi atau tinggi bahkan sangat tinggi maka bisa saja komisinya jauh lebih tinggi dari komisi yang pada umumnya.

Sang pemilik properti pun bisa saja melakukan tawaran dalam hal komisi jika merasa sang agen properti tersebut kurang pengalaman tetapi juga bisa menambah komisi bila sang pemilik properti merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh sang agen properti tersebut.

Maka dari itu dalam penentuan komisi ini sangatlah penting adanya komunikasi yang baik antara pemilik properti dengan sang agen properti, sehingga terjadi kesepakatan komisi yang saling menguntungkan .

Sebab bila komisi yang diberikan terlalu kecil akan menguntungkan sang pemilik properti tetapi akan sangat merugikan sang agen properti yang berakibat sang agen properti malas memasarkan properti tersebut bahkan bisa saja mengabaikan properti tersebut dan mencari properti yang lain.

 

Namun selain itu bisa juga sang agen properti akan mencari pembeli properti secara asal-asalan sehingga terjadi penjualan tetapi dengan harga bukan yang terbaik, hal ini tentu saja merugikan sang pemilik properti karena tidak mendapat harga yang wajar tetapi menguntungkan sang agen properti karena komisi tetap dapat walaupun nilainya kecil tetapi properti tersebut cepat terjual.

Related Post

1 Comment on Biaya Pemasaran Properti : Mengapa Komisi Agen Properti Mahal

  1. Assalamualaikum. Salam kenal
    Saya ingin menawarkan kerja sama mencari pembeli tanah. Komisi 2,5% dari hasil penjualan dibagi sama dibagi rata, maksimal komisi 2 orang untuk Anda dan dari pihak kami termasuk kuasa jual 6 orang. Anda hanya merekomendasikan/memberitahukan kepada pihak pembeli setelah itu pihak kuasa jual atau team kami yg akan memprospek pihak pembeli.

    Dijual tanah 21 Ha di daerah Setu Bekasi, Pinggir jalan raya alamat dan denah ada di photo.
    Harga Rp. 400,000,-/permeter nego – SERTIPIKAT (yg di stabilo hijau).

    Survey bersama kuasa jual.

    Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Salam

Leave a Reply