Cara Melakukan Investasi Properti dan Keuntungan yang Didapatkan

investasi properti

Investasi properti –¬†Investasi properti memang memiliki keuntungan dan prospek cerah di masa depan. Apalagi properti merupakan jenis investasi yang tidak ada matinya. Meskipun keuntungan yang diperoleh dari investasi ini terhitung cukup lama, namun ini merupakan satu-satunya investasi yang benar aman. Memiliki modal saja tidak cukup, anda harus memiliki strategi dan pengetahuan lebih dalam menginvestasikan properti.¬†Berikut ini adalah cara investasi properti yang wajib anda praktikan.

CARA INVESTASI PROPERTI

1. Jangan terburu-buru

Sebelum anda melakukan investasi ini, buatlah komitmen pada diri sendiri untuk tidak pernah menjualnya. Jangan pernah menjual investasi properti anda secara terpaksa karena iming-iming dana yang lebih besar. Ingat lagi tujuan anda dalam berinvestasi adalah mengumpulkan dana, bukan mendapatkan dana.

Harga properti setiap tahun akan mengalami peningkatan, jika anda terburu-buru untuk menjual properti secepat mungkin tentu anda akan rugi. Dibalik itu, anda bisa menyewakan properti ini. Keuntungan akan tetap anda peroleh setiap tahun tanpa mengurangi nilai dari properti itu.

2. Jangan membuat investasi yang sama

Disini berarti anda sebaiknya tidak memiliki investasi sama dalam jumlah banyak, apalagi di dalam satu wilayah. Usahakan untuk menggunakan investasi lain, jika tahun lalu anda berinvestasi rumah, maka tahun ini anda berinvestasi ruko.

Hal ini berfungsi untuk menjaga nilai dari investasi anda, karena setiap tahun harga dari investasi ini berbeda-beda. Ada yang mengalami penurunan dan ada yang mengalami kenaikan.

3. Beri nilai lebih

Anda dapat memberi nilai lebih pada investasi ketika pasar sedang naik. Dunia ini terus berputar, dan kurva rupiah pun selalu berubah tiap tahunnya. Anda bisa menambah atau mengurangi nilai dari properti tersebut. Jika anda ingin menambah nilai dari properti, maka buatlah fasilitas tambahan. Seperti contoh, saat ini anda memiliki investasi rumah. Anda dapat merenovasi rumah tersebut untuk ditambah dengan toko. Tentu saja harga sewa dari rumah ini akan bertambah

4. Tersebar di beberapa wilayah

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Jangan berinvestasi pada satu wilayah saja. Yang perlu anda sadari adalah kondisi ekonomi dan kemajuan tiap daerah itu berbeda-beda. Harga sewa investasi di perkotaan dan desa pun juga berbeda. Hal ini seharusnya menjadi bahan pertimbangan anda.

KEUNTUNGAN BERINVESTASI PROPERTI

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dari berinvestasi properti, beberapa contoh keuntungan tersebut diantaranya :investasi properti

  1. Aman. Ini karena anda tidak bersangkut dengan lembaga apapun dalam berinvestasi, keuntungan yang anda dapatkan juga murni.
  2. Dapat digunakan untuk agunan. Wah ini dapat anda manfaatkan untuk berinvestasi properti lainnya. Anda dapat meminjam dana pada bank dengan jaminan properti ini, lalu dana pinjaman itu digunakan untuk membeli properti baru. Uang cicilan bank bisa anda dapatkan dari biaya sewa. Anda akan terus mengalami keuntungan berkali-kali lipat disini

Hal yang perlu diingat saat melakukan investasi properti ialah setiap investasi tidak bisa disamakan, semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing dengan risiko yang berbeda-beda. Penetapan investasi apa yang akan dipilih harus disesuaikan dengan jumlah modal dan kemampuan investor termasuk dalam menangani risiko yang mungkin terjadi.

Jangan menunggu lagi untuk melakukan investasi. Ada banyak sekali ragam jenis untuk berinvestasi, misalnya reksadana, makanan, teknologi, kesehatan. Ingin tahu bagaimana investasi tersebut dalam berjalan? Baca juga : Daftar-daftar Investasi Menguntungkan dan Aman

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply