Cara Membuat Rumah terasa Sejuk dan Hangat

Cara Membuat Rumah terasa Sejuk dan Hangat
Rate this post

Cara Membuat Rumah terasa Sejuk dan Hangat – Siapa yang tidak ingin memiliki rumah nyaman? Tentu semua orang berharap memiliki rumah yang nyaman seperti diatas. Rumah akan terasa nyaman bukan karena faktor bagus saja, tapi rasa sejuk juga mempengaruhi kondisi lingkungan di sekitar rumah. Salah satu masalah besar yang dihadapi oleh penghuni baru adalah untuk menjaga kestabilan suhu ruangan.

Mungkin bagi orang yang tinggal di daerah pegunungan, sulit sekali menimbulkan nuansa hangat dimanapun ia berada. Tapi menimbulkan rasa hangat ini dapat dilakukan dengan cara mkudah. Coba lakukan hal-hal dibawah ini agar rumah terasa sejuk dan hangat:

Cara Membuat Rumah terasa Sejuk dan Hangat

Langkah pertama, perhatikan bagaimana lantai yang anda gunakan.

Lantai EfisienCara Membuat Rumah terasa Sejuk dan Hangat

Jika rumah anda menggunakan lantai keramik, anda dapat memadukan karpet di atas lantai sebagai pijakan saat musim hujan turun. Atau anda dapat menggunakan cara lain, yakni mengganti lantai keramik anda dengan lantai material parket kayu yang diselimuti karpet tebal. Nuansa seperti ini akan menghadirkan rasa nyaman dan hangat saat berada dalam rumah.

Gunakan Gorden Tebal

Cara Membuat Rumah terasa Sejuk dan Hangat

Umumnya jendela kaca yang ada hanya diberi tirai tipis. Padahal, dengan menggunakan jenis tirai tipis suhu didalam ruangan anda akan tetap dingin. Untuk menciptakan nuansa yang lebih hangat, anda bisa menggunakan jenis tirai yang lebih tebal, hal sederhana ini akan mempengaruhi suhu suatu ruangan. Pilihlah jenis kain tirai berbahan beludru dan suede. Kain-kain seperti itu memiliki ketebalan yang dapat mengontrol suhu ruangan. Jika anda mengingnkan rasa hangat yang ditimbulkan lebih optimal, gantungkan saja gorden dengan ukuran lebar yang melebihi panjang aslinya. Dengan begitu ruangan anda akan terasa lebih hangat.

Jendela 2 Lapis

Penggunaan jendela dengan 2 lapis sangat cocok bagi anda yang ingin mengatur suhu ruangan. Namun, jika anda tidak memiliki budget mahal, jalan keluarnya adalah menggunakan kaca film. Kaca film ini juga cocok bagi anda yang suka memelihara privasi ruangan. Karena sisi depan dari kaca ini gelap, dan nuansa yang dihasilkan di dalam ruangan akan terasa sejuk. Jika anda menggunakan kaca film, jangan khawatir karena cahaya dari luar dapat masuk walaupun kaca ini gelap.

Buat Taman di Halaman Rumah

penyebab harga rumah turun

Jika diatas kita membahas cara memperhangat ruangan, kini saatnya menghidupkan nuansa sejuk di dalam rumah anda. Jika anda memiliki halaman rumah, tanamlah beberapa tanaman yang rimbun. Taman yang rimbun dengan tanaman-tanaman dapat menciptakan iklim mikronya (iklim di dalam sebuah rumah dan sekitar rumah itu) sendiri.

Dengan membuat taman ini dapat menghasilkan sirkulasi udara yang lancar. Jika ruangan anda terasa pengap, maka secara otomatis tanaman yang ada di halaman itu akan mengganti udara secara terus menerus dan memberikan nuansa sejuk bagi penghuninya. Semakin banyak tanaman, semakin sejuk rumah yang anda tinggali.

Pasang Dinding Styrofoam

Dinding styrofoam ini selain dapat menjadi peredam suara, ia juga menjadi solusi paling murah untuk mendapatkan suhu ruangan yang lebih sejuk. Alasannya adalah styrofoam bukanlah alat penghantar panas yang baik. Itulah sebabnya suhu di dalam ruangan yang berdinding styrofoam akan lebih sejuk. Anda bisa menggunakan jenis styrofoam yang polos atau berwarna sambil bermain dengan interior ruangan agar terlihat lebih cantik.

Seperti itulah cara membuat rumah terasa sejuk dan hangat. Anda tidak perlu khawatir lagi bila tinggal di daerah pegunungan dengan iklim suhu dingin.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply