Cara Mendapatkan Investor untuk Modal Memulai Bisnis

Cara Mendapatkan Investor untuk Modal Memulai Bisnis

Cara mendapatkan investor untuk modal bisnis itu mudah, yang perlu anda tawarkan pada investor hanya ROI nya saja. Biasanya para investor akan mudah tertarik jika mengetahui ROI yang anda tawarkan tinggi.

Apa itu ROI? ROI adalah Return Of Investment adalah sejumlah uang yang akan diperoleh para investor sebagai keuntungan mereka setelah berinvestasi. Dengan ROI, biasanya para investor akan memilih ditempat manakah ia akan berinvestasi. Semakin tinggi ROI yang didapatkan, semakin besar pula minat para investor untuk berinvestasi.

Tapi jangan begitu terpacu dengan ROI dan menjadikannya sebagai embel-embel. Kadang tak semua investor yang menilai bisnis dari jumlah keuntungannya. Investor-investor yang tertarik pada keuntungan biasanya mereka adalah investor amatir dan belum mengenal dunia bisnis. Sedangkan investor pro lebih mengenal bagaimana lika liku usaha dan mengetahui bagaimana cara mereka berinvestasi tanpa melihat keuntungannya.

CARA MENDAPATKAN INVESTOR

Berbicara mengenai cara mendapatkan investor untuk modal memulai bisnis, anda bisa melakukannya dengan beberapa strategi. Diantaranya :

1. Ceritakan Bisnis Anda Cara Mendapatkan Investor untuk Modal Memulai Bisnis

Jangan hanya mengumbar ide-ide semata pada para investor. Anda harus mempresentasikan langsung bagaimana prospek bisnis anda ke depannya. Katakan hal apa yang sudah anda fikirkan dengan matang untuk memajukan bisnis ini. Katakan dengan rinci apa tujuan dan rencana anda kedepannya.

 2. Arus Kas Berjalan

Jangan pernah mengatakan pada investor bahwa anda tidak memiliki modal sedikitpun. Setidaknya anda harus mampu membantu investor dalam menciptakan modal bisnis. Katakan pada investor bahwa anda memiliki prospek keuangan yang bagus kedepannya, dan bagaimana cara anda untuk memperoleh keuntungan walau dalam keadaan sulit.

Sebenarnya simpel. Para investor ini hanya ingin tahu apakah anda juga menyediakan modal untuk pertumbuhan bisnis. Investor-investor ini sudah paham dengan logika umum, mereka tidak ingin bahwa modal yang ditanamkan hanya untuk kepentingan operasional semata.

3. Ketahui Keinginan Investor

Investor yang hanya menanamkan modal dan investor yang ikut berperan dalam mengatur bisnis itu berbeda! Sebenarnya apa yang anda butuhkan dari investor ini? Jika anda hanya membutuhkan partner dalam menanam modal dan membagi hasil, maka katakan saja.

Terkadang ada banyak kesalah pahaman dalam tahap ini. Jika para investor tidak mengerti kedudukan mereka, mereka akan ikut campur dengan urusan yang seharusnya tak mereka tangani. Anda harus mampu mengontrol keterlibatan mereka dalam perusahaan. Mereka memiliki hak dalam bisnis anda sesuai dengan perjanjian semula.

4. Lakukan Riset

Para investor ini pasti akan melakukan riset terhadap anda. Merka akan mencari tahu bagaimana profil hidup anda dari berbagai aspek. Hal ini sah-sah saja, karena mereka tidak ingin salah dalam mempercayai seseorang.

Jika investor ini demikian mengapa anda tidak? Tidak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana profil investor anda. Anda akan tahu bagaimana prospek perusahaan anda jika dibantu oleh investor seperti ini. Kadang ada beberapa investor yang menuntut pergantian modal jika perusahaan bangkrut dan justru membebani kondisi perusahaan. Maka sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu.

5. Tentukan Visi dan Misi

Bukankah anda sudah mengetahui gambaran dari bisnis anda nanti? Bekerja samalah dengan para investor untuk menentukan visi dan misi perusahaan. Hal ini akan sangat berguna ketika perusahaan anda mengalami ombang ambing. Artinya ketika perusahaan dalam kondisi jatuh atau sedang berada dipuncak. Anda dengan para investor akan mengetahui bagaimana strategi yang akan dikembangkan selanjutnya.

 

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply