Cara Mendapatkan Modal Usaha

cara mendapatkan modal
Rate this post

Modal merupakan salah satu pilar yang sangat penting untuk memulai sebuah bisnis. Meskipun dengan modal saja tidak menjamin apakah bisnis ini dapat berjalan sukses atau bangkrut. Ada 2 modal yang dapat digunakan untuk membangun usaha, yang pertama niat dan yang kedua dana. Apabila anda memiliki niat yang gigih untuk mendirikan sebuah usaha, maka modal dana bisa saja anda dapatkan dengan mudah. Tapi jika anda memiliki modal dana tapi tidak memiliki niat, tentu usaha ini tidak akan berjalan.

CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA

Bagi anda yang memiliki keinginan dan niat dalam memulai usaha tapi tidak memiliki modal dana, tenang saja! Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan agar mendapatkan modal usaha ini. Cara mendapatkan modal usaha itu diantaranya:

1. Pinjam pada Bank dengan Jaminan

cara mendapatkan modal usahaBank adalah langkah pertama yang dicari orang untuk memulai usaha, ya karena disini bank memang memiliki fasilitas KMG yaitu Kredit Multi Guna. Dimana anda dapat memberikan jaminan kepada Bank seperti aset properti, kendaraan bermotor, atau barang berharga lainnya. Dalam peminjaman pada Bank ini nantinya anda akan diberikan bunga sebesar 9% – 12% dengan jangka waktu antara 5 – 20 tahun. Tergantung jumlah dana pinjaman yang anda ajukan pada Bank.

2. Pinjam pada Bank tanpa agunan

Bank juga menyediakan jasa peminjaman dengan fasilitas KTA / Kredit Tanpa Agunan. Disini anda tidak perlu memberikan jaminan pada Bank dalam meminjam uang, hanya saja bunga yang diberikan jauh lebih besar yakni 10% – 23%. Agar anda tidak semakin rugi, ada baiknya untuk mengambil jangka waktu cicilan yang lebih singkat.

3. Menyisihkan Uang Tabungan

Jika anda sebelumnya memang berniat untuk membuka usaha, ada baiknya dijauh-jauh hari anda telah memiliki tabungan untuk ini. Menyisakan sebagian pendapatan anda untuk memulai usaha, sehingga anda tidak perlu lagi meminjam pada Bank dan memiliki utang. Cara ini memang paling aman daripada meminjam dana dengan Bank.

4. Menjual barang-barang tidak terpakai namun memiliki nilai tinggi

Cara mendapatkan modal usaha yang selanjutnya yakni menjual barang-barang berharga anda yang sudah tidak terpakai. Misalnya saja anda memiliki kendaraan bermotor yang jarang dipakai, televisi, mesin cuci, kulkas dan sebagainya. Relakan beberapa barang ini hanya untuk sementara, jika usaha anda telah sukses anda mampu membeli barang tersebut dengan yang lebih bagus.

5. Pegadaian

Nah ini bagi anda yang tidak ingin menjual barang-barang seperti cara diatas. Anda dapat menggadaikan barang-barang berharga itu dipegadaian. Proses penggadaian barang ini tentu saja aman, jadi anda tidak perlu khawatir barang anda hilang. Lagi pula bunga yang diberikan oleh pegadaian relatif lebih kecil dibandingkan Bank.

Sisihkan sebagian keuntungan perbulan dari usaha anda untuk membayar cicilan di pegadaian, dan jika anda masih belum bisa melunasi cicilan, anda dapat memperpanjang waktu pinjaman.

6. Manfaatkan Internet

Mengumpulkan modal kini bisa melalui internet. Pastinya anda sudah sering melihat iklan yang menawarkan pekerjaan di internet. Nah kali ada cara yang lebih mudah mendapatkan modal, anda bisa melakukan crowfunding. Sistem ini sama dengan sponsor. Sehingga ketika anda sudah memiliki situs / website yang memiliki visitor banyak. Biasanya akan ada orang yang menawarkan iklannya di situs itu. Anda bisa meminta keuntungan dari mereka sesuai perjanjian.

Begitulah cara mendapatkan modal usaha. Kini saatnya bagi anda untuk memulai bisnis tanpa ragu lagi!

Related Post

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Ini Loh Manfaat dan Keuntungan Memiliki Bisnis Sendiri!

Leave a Reply