Ini Loh! Penyebab Harga Rumah Turun!

penyebab harga rumah turun
Rate this post

Tentu anda akan merasa rugi sekai ketika akan menjual rumah dan ternyata harga jual rumah anda turun secara drastis. Padahal dulu waktu awal membelinya harga masih mahal, dan kenapa sekarang turun? Ada beberapa penyebab harga rumah turun. Termasuk hitungan berapa kali anda melakukan renovasi pada rumah tersebut. Semakin sering anda merenovasi, bukan berati harga rumah anda akan bertambah mahal. Justru terlalu sering merenovasinya dapat membuat nilai investasinya berkurang. Loh kok bisa?

Selain faktor lokasi rumah anda, ternyata barang-barang interior yang selama ini anda tempatkan dalam rumah juga mampu mengurangi nilai harga rumah. Sebelum benar-benar menyesal karena harga nilai rumah turun, kenali dulu penyebab-penyebab yang membuat harga rumah turun berikut:

Ruangan Tidak Tertata Rapi

Penyebab Harga Rumah TurunMungkin saat pertamakali membangun, developer salah dalam menata ruangan, atau anda berpikir untuk berinvestasi furnitur dan sekalian menjualnya. Jika anda berpikir demikian, maka pertimbangkanlah terlebih dahulu. Menjual furnitur bersamaan dengan menjual rumah, bisa jadi menguntungkan, bisa jadi merugikan. Ketahuilah bahwa selera semua orang berbeda-beda. Terlebih lagi, nilai dari furnitur tersebut akan berubah setiap tahun. Setiap tahun akan ada lagi trend baru mengenai gaya rumah maupun furnitur.

Oleh sebab itu, jika anda memang berniat untuk menjual rumah dengan full furnished, pilihlah jenis-jenis furnitur yang lebih fungsional dan memiliki desain timeless dalam jangka panjang.

Sebelum menjual rumah, anda juga dapat mengisi dinding-dinding pada setiap ruangan dengan beberapa sentuhan interior. Seperti bingkai lukisan dan beberapa aksesoris yang dapat mempercantik ruangan disetiap rumah anda. Hal ini akan menambah daya tarik dan meningkatkan nilai jual rumah.

Membiarkan berantakan

Ketika anda sudah memiliki calon pembeli, dan calon pembeli ini hendak survey pada rumah anda, maka persiapkanlah rumah itu terlebih dahulu. Jangan sampai ketika calon pembeli ini datang, dan melihat bahwa rumah yang anda jual sangat berantakan. Meskipun anda masih tinggal di dalam rumah itu, pastikan bahwa barang-barang yang ada di dalam rumah tertata rapi.

Pastikan juga dapur dan kamar mandi rumah itu dalam keadaan bersih. Intinya anda harus membuat image rumah yang akan dijual ini sebaik mungkin. Karena setiap calon pembeli yang datang, mereka akan menilai kondisi dari rumah anda dan itu mempengaruhi harga jual rumah.

Hati-hati dengan selera anda

Setiap orang tentu memiliki selera dan gaya mereka masing-masing. Terutama pada desain rumah yang anda miliki saat ini. Buatlah desain rumah dengan gaya senetral mungkin, jangan sampai anda mendesain rumah dengan selera anda yang ternyata tidak disukai pembeli. Walaupun anda telah mendesain rumah itu dengan sebaik mungkin, tapi jika pembeli tidak suka, apa gunanya?

Gunakanlah motif dan desain-desain yang netral dan umum. Kurangi resiko bahwa pembeli tidak akan menyukai rumah anda.

Percantik halaman rumahpenyebab harga rumah turun

Apakah rumah anda memiliki halaman? Nah, perhatikan apakah halaman rumah anda tertata rapi. Jangan biarkan ada rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar rumah. Ingatlah bahwa hal ini juga mempengaruhi penilaian dari calon pembeli. Untuk itu, anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman yang segar di sekitar lahan rumah.

Salah memilih agen / broker properti

Bagi anda yang tidak memiliki pengalaman menjual rumah pasti akan memakai jasa ini. Anda harus mampu memilih agen-agen properti yang sudah professional dan dapat menentukan harga akhir dalam penjualan. Jangan sampai menggunakan jasa agen abal-abal yang tidak memiliki pengalaman apapun.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply