Jasa Arsitek Surabaya & Sidoarjo Jawa Timur | Harga Desain Murah

Garansi Penjualan, Sistem Bagi Hasil

Jasa Arsitek Surabaya & Sidoarjo Jawa Timur Harga Desain Rumah Murah. Untuk membangun sebuah rumah yang layak huni ataupun bangunan lain agar terjaga keamanan, kenyamanan dan suasana menyenangkan, tentunya kita membutuhkan desain yang bagus. Untuk membuat desain awal yang bagus inilah diperlukan jasa arsitek. Dengan menggunakan jasa arsitek selain desain yang dipikirkan dengan matang, perencanaan dan pembangunannya pun akan dikerjakan dengan maksimal. Sehingga bisa mengurangi tingkat kesalahan.

 Saat ini telah banyak penyedia jasa arsitek yang bisa kamu pilih. Namun bagi kamu yang berdomisili di Surabaya, sebelum menentukan jasa arsitek yang sesuai dengan kebutuhan kamu, lebih baik cari tahu mengenai langkah terbaik saat bekerja sama dengan jasa arsitek Surabaya. Untuk itu, perhatikan beberapa ulasan berikut ini.

Harga yang Ditawarkan

Langkah pertama saat bekerja sama dengan jasa arsitek adalah kesepakatan mengenai harga. Ini merupakan hal yang sangat penting sebelum memulai kerja sama. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga jasa arsitek Surabaya. Faktor-faktor tersebut, meliputi :

  1. Jenis bangunan yang akan dibangun.
  2. Luas tanah tempat berdirinya bangunan.
  3. Jam konsultasi yang dibutuhkan, dan
  4. Persentase biaya konstruksi

Walaupun perbedaan harga dipengaruhi oleh faktor-faktor di atas, namun kamu juga harus cermat dengan mengetahui patokan harga arsitek. Ini ditujukan agar kamu tidak mendapatkan harga yang terlalu tinggi ( melebihi batas maksimum yang telah disepakati Asosiasi ). Biasanya ada harga yang telah disepakati oleh Asosiasi Arsitek di Surabaya. Sehingga kamu bisa menghubungi Asosiasi ini agar mengetahui rentang harga yang sesuai.

Bergabung dalam Asosiasi Arsitek Resmi

Bagi kamu yang berdomisili di Surabaya dan ingin menggunakan jasa arsitek Surabaya? Jika iya, kamu sangat disarankan untuk menggunakan jasa arsitek yang bergabung dengan Asosiasi Arsitek Surabaya. Ini dikarenakan kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika memilih arsitek yang telah bergabung dalam Asosiasi.  Beberapa keuntungan tersebut, antara lain :

  1. Mengetahui patokan harga jasa arsitek.
  2. Harga yang ditawarkan lebih transparan.
  3. Mendapatkan perlindungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  4. Memperoleh solusi jika ada masalah dengan jasa arsitek yang digunakan.

Sebenarnya masih banyak dapat kamu peroleh, jika menggunakan jasa arsitek yang telah bergabung dengan Asosiasi Arsitek Surabaya. Namun keempat hal di atas merupakan keuntungan yang paling signifikan dan paling penting untuk diketahui.

Revisi Proposal

Ketika kita telah menentukan jasa arsitek yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kita, maka arsitek tersebut akan memberikan kita sebuah proposal desain sebelum melakukan pembangunan. Seperti yang kamu ketahui kebanyakan proposal memiliki isi yang terlalu saklek. Namun, jangan khawatir. Karena bisa dipastikan isi proposal desain ini jauh dari kata saklek.

Kita bisa memberikan masukan, di kala kita merasa ada yang kurang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Selain itu, terkadang di pertengahan pembangunan arsitek juga akan melakukan revisi. Revisi ini biasanya terkait desain awal yang mungkin kurang sesuai dengan keadaan di lapangan. Untuk kendala seperti ini, biasanya arsitek tetap akan melakukan revisi ini, walaupun proposal desain terakhir sudah disepakati. Namun tenang saja. Arsitek selalu melakukan revisi dengan persetujuan kita. Jadi walaupun kita tidak setuju dengan revisi yang ditawarkan, maka pembangunan tetap dibuat sesuai desain awal yang telah disetujui.

Kontrak Kerja

Kontrak kerja juga salah satu faktor yang paling penting keberadaannya. Jadi setelah kita menyetujui proposal desain dari arsitek, maka kamu harus menyetujui kontrak kerja. Namun sebelum menyetujui kontrak kerja ini, kamu harus mencermati kontrak kerja dengan sebaik-baiknya. Teliti dan perhatian setiap poin-poin yang tertulis di sana.

Ini dikarenakan biasanya kontrak kerja dibuat oleh penyedia jasa arsitek. Selain itu, kontrak kerja ini juga berisi hal-hal yang sangat penting. Seperti halnya harga yang harus dibayarkan oleh customer, hak-hak serta kewajiban yang harus dilakukan dan diterima oleh kedua belah pihak.

Untuk itu kamu tidak boleh lengah dan malas untuk membaca. Walaupun kontrak kerja sangat tebal, kamu tetap harus membacanya dengan seksama. Ini ditujukan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Memilih Kontraktor

Setelah masalah desain dan lain sebagainya sudah beres, tentunya kamu membutuhkan kontraktor untuk memulai pekerjaan pembangunan. Biasanya masalah mencari kontraktor akan menjadi tanggung jawab arsitek. Ini dikarenakan biasanya arsitek memiliki jaringan bisnis dengan kontraktor yang lebih luas dan mapan. Namun jika kamu memiliki jasa kontraktor yang sudah terpercaya dan berpengalaman, tidak ada salahnya menggunakan kontraktor rekomendasi kamu. Tentunya hal ini juga harus kamu sepakati dengan arsitek.

Namun, jika kamu memilih agar kontraktor dicarikan oleh arsitek, maka sebelum pekerjaan dilaksanakan, kamu harus meminta data yang lengkap tentang kontraktor tersebut. Pastikan bahwa kontraktor tersebut, sesuai kebutuhan kamu dalam menangani pembangunan maupun proyek yang akan dikerjakan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek rekam jejak dari kontraktor tersebut. Lihatlah semua proyek yang pernah dikerjakan beserta hasilnya. Dengan mengetahui semua itu, kamu akan mengetahui, apakah kontraktor tersebut ke depannya akan cocok dengan yang kamu butuhkan atau tidak?

Monitoring Selama Proses Pembangunan

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan jika bekerja sama dengan jasa arsitek adalah melakukan monitoring selama proses pembangunan berjalan. Kendati kamu telah menyerahkan sepenuhnya mengenai pembangunan kepada jasa arsitek dan kontraktor, namun kamu tidak bisa berpangku tangan maupun lepas tangan, ketika proses pembangunan. Kamu juga tetap harus melakukan cross check dan rutin melihat perkembangan proses pembangunan.

Monitoring secara langsung sangat penting dan bermanfaat bagi kamu. Ini disebabkan dengan monitoring kamu bisa mengetahui pembangunan berjalan dengan baik dan lancar atau tidak. Jika pembangunan memiliki kendala, maka kendala tersebut bisa langsung kamu diskusikan bersama dengan arsitek dan kontraktor. Sehingga tidak menghambat pembangunan lebih lama lagi.

Selain itu dengan monitoring langsung ke lapangan, kamu bisa bertemu langsung dengan para pekerja. Disini kamu bisa bertegur sapa dan mengetahui semua proses pembangunan secara detail. Termasuk dengan harga yang real dari material yang digunakan. Dengan ini kamu bisa melakukan cross check harga dan mengantisipasi adanya mark up harga.

Masa Retensi

Langkah terakhir dalam bekerja sama dengan jasa arsitek Surabaya adalah memastikan Masa Retensi berlaku. Masa Retensi hampir sama pengertiannya dengan garansi atau jaminan dalam membeli barang elektronik. Biasanya arsitek dan kontraktor yang profesional dan berpengalaman akan memberikan Masa Retensi tanpa diminta. Namun jika dari pihak arsitek maupun kontraktor tidak memberikan Masa Retensi, maka tidak ada salahnya jika kamu memintanya.

Masa Retensi ini sangat berguna bagi customer. Terutama memberikan rasa aman dan percaya dengan pihak arsitek dan kontraktor. Walaupun umumnya Masa Retensi hanya diberikan selama tiga bulan saja, namun ini sudah memberikan jaminan bahwa jasa arsitek dan kontraktor tersebut, benar-benar bisa diandalkan.

Garansi yang diberikan dalam Masa Retensi ini bisa bermacam-macam. Namun yang paling umum adalah garansi atas atap bocor, pagar yang goyang, tembok yang retak serta engsel pintu yang rusak. Disarankan menanyakan Masa Retensi ini sebelum menandatangani kontrak kerja.

Be the first to comment

Leave a Reply