Ini Loh Jenis Tanaman Penyegar & Pembersih Udara Ruangan

Rate this post

Dapat disadar atau tidak, rumah yang selama ini kita tempati walaupun tampak bersih ternyata udara-udara disekitar mampu mengancam kesehatan tubuh penghuninya. Ada banyak sekali senyawa jahat yang melambung di udara, baik itu pada karpet, cat, zat pembersih dan sebagainya.

Ada 3 jenis senyawa yang sering kali kita temui setiap hari, diantaranya :

  1. Formaldehyde, yang terdapat pada cat, kain pelapis, lem, dan sebagainya.
  2. Benzene, yang terdapat dalam plastik, karet, pelumas, pestisida, fiber sintetik, dan sebagainya.
  3. Trichloroethylene, yang terdapat dalam pembersih karpet permadani, lem, cat pembersih, dan sebagainya.

Anda dapat menanggulangi senyawa-senyawa jahat ini dengan cara menanam jenis tanaman penyegar & pembersih udara ruangan. Beberapa jenis tanaman yang mampu membersihkan udara ruangan itu, yakni :

Sirih Gading

Tanaman Penyegar & Pembersih Udara Sirih Gading

Sirih jenis ini sangat cantik dipandang. Ia memiliki corak warna gading yang sangat menarik. Tanaman ini dapat ditanam pada pot gantung di dalam ruangan rumah, daun dari sirih ini akan merambat dan menjuntai kebawah sehingga sangat cocok untuk desain interior rumah. Selain itu, anda juga dapat meletakkan tanaman ini di dinding rumah atau disisi jendela kamar. Daun dari tanaman ini dapat membersihkan udara karena ia dapat menyingkirkan karbon monoksida dan formaldehid pada udara.

Spider PlantsTanaman Penyegar & Pembersih Udara Spider Plant

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk seperti laba-laba, oleh sebab itulah tanaman ini disebut sebagai spider plants. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk membersihkan udara, ia mampu membuang zat karbon monoksida dan nitrogen dioksida dalam ruangan. Hanya meletakkan tanaman ini selama 24 jam, ruangan anda akan bebas dari zat-zat polutan.

Lidah Buaya

Tanaman Penyegar & Pembersih Udara Lidah Buaya

Lidah buaya / aloe vera ini merupakan jenis tanaman yang dikenal mampu sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan bahan-bahan kecantikan.  Tapi siapa sangka jika lidah buaya memiliki manfaat sebagai tanaman penyegar & pembersih udara ruangan? Lidah buaya disinyalir mampu menetralisir racun benzana, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya di dalam udara.

Anda dapat memelihara tanaman lidah buaya ini di dalam pot mini, cocok sekali anda letakkan pada ruang tamu atau kamar tidur. Selain memperindah ruangan, tanaman ini juga memberi kesejukan dan kesegaran bagi penghuninya.

Sri RejekiTanaman Penyegar & Pembersih Udara Sri Rejeki

Tanaman ini sangat terkenal di Indonesia. Dengan daun yang lebar berwarna putih menawan tumbuh tegak serta corak-corak hijau menyebar, tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi dekorasi ruangan anda apalagi ia dapat bertahan di dalam ruangan AC. Tanaman ini sering kali di pelihara pada ruang-ruang kantor atau perhotelan. Selain ciri khasnya indah, tanaman ini juga mampu menyerap benzena dan formaldehida yang ada di udara.

Lidah Mertua Tanaman Penyegar & Pembersih Udara Lidah Mertua

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang sering ditanam di luar maupun di dalam ruangan. Cara tanam dan perawatannya juga cukup mudah, bahkan anda cukup 1 kali dalam seminggu untuk menyiramnya. Daun dari tanaman ini tumbuh tegak menjulang dengan tekstur keras dan berbentuk seperti lidah.

Tanaman ini dapat menyerap 107 jenis polutan pada ruangan. Setiap helai daun lidah mertua ini mengandung pregnane glyscoside, yakni zat yang dapat mengurangi zat beracun menjadi senyawa organik. Di dalam ruangan, lidah mertua dapat mengatasi udara yang tidak sehat akibat gas karbondioksida, nikotin rokok, serta pemakaian Ac. Selain itu, ia dapat mengurangi radiasi gelombang jika diletakkan disamping televisi atau komputer.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply