Ketahui Jenis – jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

jenis plafon rumah

Plafon merupakan langit-langit dari setiap ruangan yang membatasi antara atap dan ruangan dibawahnya. Beberapa orang memperhatikan bagaimana jenis dan desain plafon yang akan mereka kenakan. Semakin bagus jenis plafon rumah yang dikenakan, hal ini akan berpengaruh pada desain interior sebuah ruangan. Selain memperindah langit-langit interior rumah, fungsi utama plafon yakni menjaga kondisi suhu ruangan agar tidak terlalu panas.

Standarnya sebuah rumah akan menggunakan plafon untuk menutupi atap genteng. Rumah pada umumnya menggunakan plafon model polos ditambah dengan lis di bagian pinggirnya. Padahal di era jaman ini banyak sekali jenis plafon rumah dengan desain-desain yang mengagumkan. Walaupun begitu, semua bahan dari jenis plafon ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat menentukan jenis plafon rumah mana yang cocok bagi anda.

1. Jenis Plafon Rumah Triplek

jenis plafon kayuBanyak sekali orang yang menggunakan plafon berbahan triplek. Bahan utama yang digunakan pada plafon ini adalah kayu kaso berukuran 4 x 6 sebagai rangkanya. Jika anda membutuhkan triplek yang lebih kuat, ada  lagi kayu kaso dengan ukuran 5 x 7. Pemasangan plafon triplek dapat dilakukan perlembar atau dipotong-potong, pemotongan pada plafon akan memudahkan anda dalam memasangnya.

Kelebihan plafon bahan triplek ini adalah proses pengerjaannya mudah, karena plafon ini terbuat dari kayu maka cukup kuat untuk diinjak. Sehingga ketika ada kerusakan di atas plafon anda dapat memperbaikinya dengan mudah. Material triplek ini mudah didapat dipasaran serta harganya relatif murah.

2. Jenis Plafon Gypsumjenis plafon gypsum

Saat ini plafon gypsum sudah menjadi favorit masyarakat, tak jarang masyarakat yang menggunakan plafon jenis ini untuk atap rumahnya. Dalam pasaran, ukuran plafon gypsum berukuran 122 cm x 244 cm. Material rangka yang dapat anda gunakan untuk pemasangan plafon ini adalah furing atau kayu. Penggunaan kayu sebagai rangka dapat membuat plafon semakin kuat saat dipijak. Namun, jika rumah anda bertingkat sebaiknya gunakan saja rangka dari bahan furing.

Kelebihan dari plafon ini adalah mudah dalam pengerjaan serta sambungan plafon tidak akan terlihat karena dapat ditutupi dengan sempurna. Ada berbagai jenis desain untuk plafon jenis ini, ada berbagai jenis lis yang dapat anda padukan serta motif panel papan tengah yang akan menambah nilai estetik langit rumah anda.

3.  Jenis Plafon Enternit (Asbes)

Plafon jenis ini juga banyak ditemui dipasaran, ukurannya 1 m x 1 m dan 0.5 x o.5 mudah untuk dipasang maupun diganti ketika terjadi kerusakan. Cara pemasangannya pun sama dengan plafon triples. Anda dapat menggunakan kasau 4/6 atau 5/7 dengan ukuran rangka kayu 60 cm x 60 cm untuk rangka plafon.

4. Plafon Fiber / GRC (Glassfiber Reinforced Cement Board)

Plafon jenis ini memiliki kelebihan yang tak dimiliki plafon jenis lain, yaitu tahan terhadap api dan air, lebih kuat, ringan dan luwes. Proses pengerjaanya cukup mudah. Plafon fiber / GRC ini memiliki ukuran 60 cm x 120 cm dengan ketebalan standar 4 mm. Rangka plafon dapat mengunakan kasau 4/6 atau 5/7 maupun besi hollow 40 mm x 40 mm. Hanya saja plafon ini tidak tahan jika terkena benturan sehingga mudah retak.

5. Plafon Metal

Plafon ini terbuat dari bahan lempengan metal yang tipis yang di embos sehingga menghasilkan berbagai macam motif ukiran, setelah itu ditambah finishing dengan cat minyak sehingga menghasilkan unsur klasik.

6. Plafon Akustik

Nah, plafon ini biasanya digunakan untuk ruangan yang kedap suara. Sangat cocok bagi anda yang ingin meredam kebisingan pada suatu ruangan. Plafon ini didesain agar tahan terhadap batas ambang kebisingan tertentu. Ukuran yang tersedia adalah 60 cm x 60 cm dan 60 cm x 120 cm. Plafon akustik dapat dipasang dengan rangka kayu atau bahan metal pabrikan yang sudah jadi.

Related Post

1 Comment on Ketahui Jenis – jenis Plafon Rumah dan Kelebihannya

Leave a Reply