Mana yang Lebih Baik? Pilih Beli Rumah atau Apartemen?

pilih beli rumah atau apartemen
Rate this post

Mungkin saat ini anda sedang bingung, lebih baik pilih beli rumah atau apartemen. Sebenarnya menentukan pilihan ini bukanlah hal yang sulit, dalam dua pilihan itu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum membuat keputusan, ada baiknya anda menanyakan beberapa hal ini pada diri anda sendiri.

“Berapa biaya yang akan dikeluarkan? “, “Dimana lokasi yang anda butuhkan?”, “Lingkungan seperti apa yang anda inginkan?”

Yang harus anda lakukan hanyalah menyesuaikan semua kebutuhan itu saja. Mau pilih beli rumah atau apartemen? Tapi saran saya, jika dana yang anda miliki terbatas, ada baiknya untuk membeli rumah. Namun, jika karena faktor lain anda diharuskan untuk berpindah-pindah tempat, menyewa sebuah apartemen menjadi pilihan yang baik.

PILIH BELI RUMAH ATAU APARTEMEN?

Ajukan beberapa pertanyaan ini untuk menentukan pilihan anda:

Lokasi yang dibutuhkan

pilih beli rumah atau apartemen Sebelum menentukan pilihan beli rumah atau apartemen, hal pertama yang harus anda tanyakan adalah lokasi kedua tempat tersebut dengan kebutuhan anda. Apabila anda mengincar sebuah lokasi di dekat pusat kota, maka membeli apartemen menjadi pilihan terbaik. Karena kebanyakan apartemen dibangun di pusat kota yang strategis. Apartemen-apartemen ini sengaja di bangun dekat dengan fasilitas umum, seperti sekolah, terminal, pusat perbelanjaan, dan pusat keramaian.

Memilih rumah untuk mencari lokasi yang strategis bukanlah hal buruk. Hanya saja, biasanya harga dari rumah-rumah yang berada di tempat strategis ini memang cukup mahal. Tapi tentu saja, dengan membeli rumah anda tidak akan terbebani apapun setelah itu. Anda dapat dengan bebas melakukan segalanya di dalam rumah sendiri tanpa prosedur yang terikat.

Dana yang dimiliki

Anda harus menyadari jumlah dana yang anda miliki. Jangan terlalu muluk-muluk tanpa mengetahui kemapuan dana anda. Anda dapat menentukan pilihan, apakah akan membeli rumah dengan luas sekitar 100 meter persegi di pinggiran kota, atau mendapatkan apartemen dengan ukuran 25 meter persegi di pusat kota. Anda harus  tau keuntungan dan kerugian ketika memilih sebuah rumah atau apartemen disini.

Kenyamanan lingkungan

Anda harus mengetahui bahwa tinggal di apartemen sangat berbeda dengan tinggal di rumah. Untuk urusan kenyamanan, tinggal di rumah sendiri akan jauh lebih nyaman dibandingkan apartemen yang memiliki banyak prosedur. Didalam rumah sendiri, anda memiliki kebebasan dalam mengatur ruangan-ruangan anda, pekarangan anda, dan berinteraksi dengan tetangga sekitar.

Sedangkan didalam apartemen, ruangan yang diberikan terbatas. Belum lagi anda tidak dapat menanam tanaman, memelihara hewan. Jika ada kerabat yang berkunjung pun mereka harus membayar uang parkir tamu.

 Kenali kebutuhan andapilih beli rumah atau apartemen

Kebutuhan ini berkaitan erat dengan permasalahan anda untuk memilih rumah atau apartemen. Anda harus menyadari bagaimana kebutuhan anda, apakah anda memiliki keluarga yang tinggal bersama atau tidak? Memilih apartemen memang cocok jika anda tinggal sendirian, tapi jika anda memiliki sanak saudara yang tinggal bersama, lebih baik pilihlah rumah.

Walaupun anda memiliki dana lebih, bukan  berarti anda dan keluarga cocok untuk tinggal di dalam apartemen. Anda harus pintar membandingkan lingkungan yang cocok untuk anda tinggali.

Bagaimana? Apakah anda sudah tahu pilihan anda? Jika anda berniat untuk menyewa apartemen, jangan membuat malu diri anda sendiri dengan menanyakan hal-hal  ini. Saya juga membagikan beberapa prosedur tinggal di dalam apartemen. Baca juga : Pertamakali Sewa Apartemen? Jangan Membuat Malu Anda dengan Menanyakan Hal Ini!

Related Post

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Punya Apartemen? Beginilah Status Hak Milik Apartemen

Leave a Reply