Bingung Melihat Keaslian Sertifikat Rumah? Cek Legalitas Rumah Disini..

Cek Legalitas Rumah – Banyak yang bilang, kalau tahun ini adalah tahun baik membeli properti. Meskipun begitu, seharusnya anda tidak boleh langsung terpengaruh. Walau tahun baik, para pengembang nakal ini masih berkeliaran.

Memang kebutuhan properti seperti rumah sangat dibutuhkan semua orang. Apalagi rumah sebagai tempat berlindung, melepas penat, dan berkumpul untuk seluruh keluarga. Membeli properti rumah tidak boleh asal-asalan. Jangan sampai setelah membelinya, ternyata dalam jangka beberapa tahun saja rumah ini memiliki banyak masalah.

Ini memang ulah si pengembang nakal. Tapi ketidak tahuan anda mengenai prosedur membeli rumah juga menjadi alasan utamanya.

Baca juga : Tips Dan Cara Membeli Rumah Pertama Kali

Hal yang perlu anda perhatikan dalam membeli rumah adalah bagaimana kelegalitasannya. Legalitas adalah hal yang sangat penting dalam dunia hukum. Maka, jika legalitas rumah anda tidak jelas, bisa-bisa anda akan digusur dari rumah itu kapanpun juga. Apalagi jika kelegalitasan rumah anda ini dipegang orang lain, anda bahkan tidak bisa melakukan apapun untuk menyelamatkan rumah anda kembali.

Cek Legalitas Rumah Anda Dengan Cara

1. Pastikan Sertifikat Hak Milik / Hak Bangunan (SHM /SHGB)

cek legalitas rumahSertifikat hak milik adalah sertifikat yang memuat hak penuh atas kepemilikan tanah kawasan dengan luas yang telah disebutkan. Sementara itu sertifikat hak guna bangunan adalah sertifikat dimana pemegang berhak memiliki dan mendirikan bagunan diatas tanah yang bukan kepunyaan pemilik. SHM sangat berbeda dengan SHGB, karena SHGB memiliki batas waktu tertentu dan SHM tidak. Kedua sertifikat ini dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Badan Pertanahan Nasional adalah lembaga pemerintah non kementrian yang berada dibawah tanggung jawab Presiden dan di pimpin oleh Kepala. BPN ini memiliki tugas dibidang pertanahan secara nasional, regional dan sektoral sesuai dengan ketentuan undang-undang.

Apabila anda ingin memastikan keaslian Sertifikat Hak Milik dan Sertifikat Hak Guna Bangunan, anda dapat langsung mendatangi kantor BPN setempat. Dan menanyakan apakah surat itu benar-benar asli atau tidak.

Tanah anda belum memiliki sertifikat? Baca juga : Cara Membuat Sertifikat Tanah

2. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sangat penting bagi rumah anda. Hal ini sudah tercantum di dalam Undang-undang No.7 Tahun 1992. Anda akan membutuhkan surat ini baik ketika akan mendirikan rumah maupun melakukan renovasi.

Surat IMB ini sangat penting, karena dengan memiliki surat ini rumah anda terhindar dari gusuran. Sayangnya banyak masyarakat yang belum memiliki surat IMB ini, untuk itu anda dapat segera mengurus surat ini pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

3. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

cek legalitas rumahPajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak negara yang dikenakan terhadap bumi dan/ atau bangunan berdasarkan Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah pada Undang-undang nomor  12 Tahun 1994.

Sebenarnya surat PBB dan SPPT ini bukanlah hak kepemilikan tanah seseorang, tapi surat-surat ini menunjang ketaatan anda sebagai warna negara yang patuh terhadap hukum.

Apabila anda ingin memiliki hak penuh atas kepemilikan rumah / tanah. Maka anda harus memiliki surat bukti jual beli. Setidaknya anda memegang sertifikat pada poin 1 dan 2. Sertifikat Hak Milik / Guna Bangunan dan surat IMB. Ditambah dengan adanya surat SPPT PBB ini maka rumah tersebut benar sah milik anda.

Seperti itulah cara cek Legalitas Rumah yang sebenarnya, jangan sampai anda mengabaikan hal-hal ini karena bisa menjadi fatal untuk kemudian hari.

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply