Pantai Sipelot Malang Selatan Jawa Timur

 

Pantai Sipelot Malang Selatan Jawa Timur. Di pesisir selatan pulau jawa terdapat Samudra Indonesia  secara administratif termasuk di wilayah Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dari Kota Malang Anda bisa menuju Kecamatan Dampit lalu menuju jalan arah ke kecamatan tirtoyudo.

Rute Lokasi Pantai Sipelot Malang Selatan Jawa Timur

Kalau dari kota Malang kamu bisa ambil rute : Malang – Gadang – Turen – Kecamatan Dampit – Kecamatan Tirtoyudo – perhatikan papan penunjuk jalan pada sisi sebelah kanan ke arah Pantai Sipelot – belok kanan – ikuti penunjuk jalan – Desa Pujiharjo – bibir Pantai Sipelot. Akses menuju ke lokasi sudah cukup memadai. Jalanan sudah diaspal dan papan penunjuk jalan pun sudah terpasang.

Sampai pada kecamatan tirtoyudo kamu bakal nemuin petunjuk ke arak belokan kanan menuju pantai sipelot dan lurus arah tenggara sampai pada desa pujiharjo. Jalan nya memang teramat mulus, tapi bukan berarti bisa kebut-kebutan.

Kamu tetep harus berhati-hati karena faktor jalan yang sempit, berkelok-kelok, curam, sempit, dan naik turun karena kamu harus menyusuri lereng bukit. Masih belum ada transportasi umum menuju Pantai Sipelot jadi kamu bisa naik motor biar lebih praktis. Masuk ke pantai juga masih belum ada tiket masuk. Biarpun begitu kamu punya kewajiban untuk selalu menjaga kebersihan pantai agar tetap sedap dipandang mata.

Meski perjalanan dari desa pujiharjo masih cukup jauh, tapi kamu gak bakal kecewa menyusuri sepanjang perjalanan dengan suguhan pemandangan yang sangat cantik. Mulai dari tambak udang yang luas, kebun pisang sampai dengan kebun kopi yang sudah benar-benar pemandangan menawan dan menyejukan mata. Tebing dan jurang pun menjadi pemandangan umum di kanan dan kiri jalan. Sesekali kamu juga bisa melihat Samudra Hindia yang terlihat begitu luas dari atas bukit.

Selesai perjalanan, sampailah kita di pantai sipelot yang memiliki pasir putih indah bersama deburan ombak laut tiada henti. Dengan kedalaman 10 meter, pantai sipelot ini memiliki warna laut kebiru-biruan menjadikannya pemandangan eksotis untuk membuat kamu lebih nyaman memandanginya dari jauh.

Pantai Sipelot terdiri dari tiga area, di area tengah biasanya digunakan para nelayan untuk menyandarkan perahunya. Sebaiknya Anda memilih pantai yang sebelah kiri atau kanan karena lebih sepi dan terdapat air payau. Di pantai ini sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap, seperti lapangan parkir, warung makan, mushala dan toilet.

Tarif Biaya/Tiket Masuk Pantai Sipelot Malang Selatan Jawa Timur

Terdapat sebuah air terjun di dekat pantai ini, namanya coban sipelot. Untuk mencapainya Anda harus menyeberangi teluk terlebih dahulu. Di sini banyak perahu nelayan yang bisa mengantarkan menuju Coban Sipelot dengan biaya sekitar Rp 50 ribu (bisa negoisasikan di tempat).

Coban ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 10 meter. Dengan memakai perahu Anda juga bisa menikmati indahnya laut sambil menggunakan sampan. Selain itu, kamu juga bisa melihat lebih dekat Watu Gedeg atau sebutan sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.

Biarpun kamu gak bisa berenang bebas di laut, tapi jangan kecewa dulu karena kamu masih bisa bermai-main di bawah coban sipelot dengan sumber air yang berasal dari bukit ini menjadi permata yang menarik perhatian kamu karena di satu tempat kamu bisa menikmati 2 spot sekaligus. Birunya lautan luas yang asin serta percikan butiran bening dan dingin air terjun.

Untuk saat ini, pantai sipelot sudah mulai ramai bahkan sampah-sampah masih terlihat berserakan. Namun warung-warung makan sudah mulai bermunculan dengan harga yang cukup terjangkau. Butuh penanganan serius untuk membawa Pantai Sipelot naik kelas menjadi pantai alami dengan kebersihan yang selalu terjaga dan terawat supaya kita bisa menjadi makhluk yang mengahargai keindahan sang pencipta. Mari kita buat dan kita jaga tempat terindah ini untuk masa depan sebagai investasi negara dan anak cucu kita kelak nanti. Salam lestari

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply