Jasa Sewa Alat Berat Surabaya & Sidoarjo Jawa Timur | Harga Murah

Garansi Penjualan, Sistem Bagi Hasil

Jasa Sewa Alat Berat Surabaya & Sidoarjo Jawa Timur, tingkat pembangunan yang tinggi, baik di perkotaan maupun di pedesaan pastilah membutuhkan berbagai jenis alat berat untuk memudahkan dalam pengerjaan berbagai konstruksi dalam proses pembangunannya. Namun kebutuhan akan beragamnya jenis alat berat tersebut dalam jangka waktu tertentu saja, yang sifatnya temporer, tidak dalam jangka waktu yang panjang secara terus menerus, dapat dipenuhi dengan cara menyewa, jadi tidak harus investasi membelinya sendiri, karena pasti akan memerlukan dana dan anggaran yang cukup besar dan belum lagi dengan biaya perawatannya sehingga akan lebih praktis dan juga akan lebih menguntungkan dan hemat biaya jika cukup dengan menyewanya saja. Apalagi sudah terdapat penyedia jasa sewa alat berat.

Definisi Alat Berat
Alat berat adalah suatu alat atau mesin yang biasanya dalam ukuran yang besar dan dalam berat minimal tertentu yang fungsi dan manfaatnya adalah untuk mempermudah manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan berat yang biasanya ada pada bidang konstruksi atau proses pembangunan suatu bangunan, sehingga pekerjaan berat tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih berkualitas secara efektif dan efisien, hemat waktu dan hemat biaya.

Berbagai Fungsi Alat Berat
Alat berat itu ada banyak jenisnya, berbagai alat berat yang banyak ragam dan jenisnya tersebut memiliki fungsinya masing-masing, berikut beberapa diantaranya.

Alat Pengolah Lahan
Alat ini diperlukan dalam pembukaan lahan, yakni seperti ada dozer yang berfungsi untuk menghilangkan semak belukar dari lahan, lalu ada scraper yang fungsinya untuk pengangkatan lapisan tanah bagian yang teratas, lalu juga ada motor grader dengan fungsinya sebagai pembentukan permukaan tanah agar merata.

Alat Penggali
Alat penggali ini dikenal juga sebagai excavator. Alat excavator ini fungsinya ialah untuk membantu penggalian tanah dan juga bebatuan. Beberapa alat berat yang termasuk ke dalam jenis sebagai alat penggali ini antara lain ialah front shovel, dan backhoe, juga dragline, serta clamshell.

Alat Pengangkut Material
Lalu sebagai alat pengangkut materialnya bisa menggunakan tower crane atau menggunakan truk juga bisa. Tower crane itu fungsinya sebagai alat pengangkut material dan juga pekerja, secara vertikal atau secara horizontal di kawasan areal lokasi pembangunan. Sedangkan truk, dan belt, juga wagon dapat dipergunakan untuk mengangkut material dalam jarak tempuh secara lebih jauh.

Alat Pemindahan Material
Loader dan juga dozer adalah alat berat yang termasuk ke dalam jenis alat berat yang memiliki fungsi sebagai alat pemindah material bangunan. Fungsinya tak hanya sebagai alat transportasi saja, namun juga bisa digunakan untuk memindahkan material bangunan dari satu alat ke alat yang lainnya.

Alat Pemadat
Berikutnya ada alat pemadat, yang sering digunakan untuk proses pembuatan jalan raya juga untuk proses pembangunan tanggul sungai, yang membutuhkan tingkat kepadatan tanah tertentu secara maksimal. Beberapa alat berat yang termasuk dalam jenis alat pemadat itu antara lain adalah seperti tamping roller, dan pneumatic tired roller, serta compactor dan lain sebagainya.

Alat Pemroses Material
Selanjutnya ada alat pemroses material yang juga sering diperlukan dalam proses konstruksi dengan fungsi untuk mengubah atau mengolah bebatuan atau mineral alam hingga menjadi ke suatu bentuk dan juga ukuran yang sesuai dengan yang diperlukan. Alat pemroses material itu antara lain adalah seperti crusher serta concrete mixer truck yang bisa digunakan untuk menghasilkan batuan bergradasi, dan semen, juga beton, serta aspal.

Alat Penempatan Akhir Material
Alat berat jenis ini fungsinya adalah untuk menempatkan material pada suatu tempat tertentu. Sebagai contohnya ialah concrete spreader, dan asphalt paver, serta motor grader.
Beraneka Jenis Alat Berat yang Biasa Disewakan
Beraneka jenis alat berat dengan fungsinya masing-masing tersebut tidak harus selalu dibeli sendiri karena bisa juga dipenuhi dengan cara menyewanya. Berikut ini adalah beberapa alat berat yang biasanya disewakan.

Excavator
Excavator ini adalah salah satu alat berat yang fungsi ya ialah untuk menggali, dan biasanya alat excavator akan digunakan untuk menggali tanah, atau bebatuan, atau yang lainnya. Banyak yang membutuhkan alat tersebut guna memudahkan dan mempercepat waktu pengerjaan. Alat penggali excavator ini sebenarnya ada dua macam, yakni ada excavator clamshell, yang biasa digunakan untuk menggali tanah basah ataupun batuan yang lokasinya ada di kedalaman air laut, lalu ada excavator dragline, yakni alat penggali yang penggunaannya di daratan.

Dum Truck
Dum truck ini fungsinya untuk mengangkut material seperti untuk mengangkut tanah, dan bebatuan, juga bisa untuk mengangkut semen, dan berbagai material bahan bangunan yang berbobot berat lainnya dengan secara cepat. Kebanyakan dum truck yang dipergunakan dalam proyek itu berukuran cukup besar, sehingga dapat mengangkut aneka material dengan jumlah yang banyak untuk setiap kali angkut.

Dozer
Lalu ada juga dozer yang digunakan untuk membersihkan lahan dari berbagai semak belukar dan juga pepohonan dengan cepat. Dozer itu ada beberapa jenis dan macam, yakni crawler tractor dozer atau yang biasa disebut juga sebagai roda kelabang, lalu ada wheel tractor dozer, yang mempergunakan roda karet. Untuk lahan tanah di areal berawa terdapat dozer yang khusus untuk membersihkan lahan tanah berawa yakni swamp bulldozer namanya.

Wheel loader
Wheel loader ini gunanya untuk memindahkan material, yakni biasanya untuk memindahkan batu beton, atau kayu, dan lain sebagainya. Segala jenis material berat dapat diangkut dengan menggunakan wheel loader ini.

Vibratory Roller
Pemadatan lahan perlu dilakukan sebelum melaksanakan pembangunan di lahan tersebut. Proses pemadatan suatu lahan itu bisa dilakukan dengan secara cepat dengan mempergunakan alat berat pemadat, seperti vibratory roller ini. Alat ini dilengkapi dengan vibrator yang kuat sehingga bisa dengan sangat cepat untuk memadatkan lahan yang akan dibangun.

Motor Grader
Guna meratakan tanah maka bisa digunakan motor grader selain itu, motor grader juga memiliki fungsi lain, yakni bisa untuk memotong lahan dalam pembuatan saluran, untuk pengerukan dan juga untuk mencampur dan juga menghamparkan material di lahan serta melakukan pemotongan guna mendapatkan profil atau bentuk lahan tanah tertentu.

Crane 
Crane atau alat pengangkat ini juga lebih dari satu jenisnya, ada crane gelegar, dan crane kolom putar, lalu ada crane putar, dan crane portal, serta crane menara, juga ada crane kabel, serta ada juga mobil crane. Crane yang paling mudah untuk dipindah-pindahkan itu adalah mobil crane. Sedangkan crawl crane memiliki keunggulan berupa bisa diputar hingga 360 derajat.

Bulldozer
Lalu ada bulldozer yang menggunakan traktor sebagai alat penggerak utamanya, dan yang dilengkapi dengan attachment yang berupa blade yang bisa dipergunakan untuk mendorong ke arah depan. Bulldozer ini memiliki  fungsi utama antara lain untuk membersihkan medan, dan juga untuk membuka jalan, serta untuk menghamparkan tanah isian, dan membersihkan lahan, bisa juga untuk memindahkan tanah dengan jarak yang kurang dari sekitar 90 meter, ataupun untuk menimbun kembali dan lain sebagainya. Jadi jika ingin sewa alat berat, itulah beberapa diantaranya

Be the first to comment

Leave a Reply