Sewa Tenda Surabaya Sidoarjo Murah | Event Pameran & Pernikahan

Resepsi Di Luar Gedung? Jangan Sampai Salah Pilih Tenda Pesta. Resepsi atau hajatan pernikahan sering kali membutuhkan ruang yang sangat luas untuk menampung banyak tamu undangan. Gedung-gedung yang biasa disewakan untuk kebutuhan tersebut sering kali mematok harga yang cukup tinggi dan membatasi waktu penggunaan. Belum lagi bila anda memilih tanggal-tanggal tertentu yang cukup cantik atau tepat untuk hari pernikahan. Oleh karena itu, bila anda atau keluarga anda memiliki tanah lapang maka tidak ada salahnya anda memilih untuk memanfaatkannya sebagai area resepsi pernikahan anda. Jika anda memilih opsi tersebut, maka konsekuensinya anda harus menyewa tenda pesta. Terlebih bila waktu resepsi yang anda tentukan bertepatan pada musim hujan ataupun hendak dilaksanakan pada siang hari. Keberadaan tenda akan sangat menolong anda dan tamu undangan dari cuaca. Nah, sebelum anda menyewa tenda ada baiknya anda memerhatikan 9 hal di bawah ini:

1. Pastikan Ukuran Lahan

Hal pertama yang harus anda pastikan sebelum mengunjungi tempat persewaan adalah mengetahui secara pasti ukuran lahan yang akan digunakan. Hal ini akan berkaitan dengan berbagai faktor lain seperti area untuk resepsi, area parkir kendaraan, desain untuk dekorasi, penataan katering, dan berbagai hal teknis lainnya. Dengan demikian, ketika anda mengunjungi tempat sewa tenda surabaya, anda bisa memastikan berapa luas tenda yang akan anda gunakan secara tepat.

2. Pilih Warna Sesuai Tema

Selanjutnya anda juga harus memastikan tentang tema apa yang akan dipilih pada saat pelaksanaan resepsi. Anda tentu wajib memperhitungkan keselarasan tema dengan warna tenda maupun jenis dekorasi yang digunakan. Warna putih untuk atap biasanya menjadi pilihan yang banyak dipakai sebab warna ini cukup netral. Sebisa mungkin hindari penggunaan warna-warna dengan unsur merah seperti merah bata, merah muda, atau orange yang bisa merusak nuansa warna pada saat melakukan pemotretan. Warna-warna ini sering mengganggu hasil foto, terutama bila ingin mengandalkan pencahayaan alami. 

3. Jenis Bahan Tenda 

Ada berbagai macam material untuk tenda resepi. Tentu saja anda harus memperhitungkan suasana harian di lokasi hajatan yang akan digunakan. Jika resepsi dilakukan pada musim hujan, anda tentu harus memilih bahan tenda yang kedap air. Namun sebaliknya, di musim panas anda bisa mempertimbangkan bahan tenda yang mudah ditembus angin. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengurangi kelembaban di dalam tenda, yang sering kali mengganggu kenyamanan penyelenggara maupun tamu undangan. 

Bahan tenda juga akan mempengaruhi pencahayaan dalam ruangan. Bila anda ingin mengadakan resepsi di siang atau sore hari, material tembus cahaya adalah pilihan tepat. Anda tidak perlu menambah penerangan untuk pelaksanaan hajatan anda. Jika anda mendapatkan bahan tenda yang tebal dan tidak tertembus cahaya, tentu akan menambah pengeluaran anda dalam menambah lampu penerangan.

4. Akses Lokasi

Jangan lupa untuk memperhitungkan akses menuju tenda pesta anda. Jangan abaikan akses dari parkiran menuju lokasi pesta. Jika cuaca cenderung kurang baik, anda bisa menyiapkan tenda lebih yang mengubungkan tempat parkir dengan tempat resepsi. Perhitungkan pula akses keluar masuk tamu undangan, keluarga, dan mempelai agar tidak berdesak-desakan di dalam tenda pesta yang anda siapkan. Ada baiknya anda  membuat jalur masuk dan keluar yang berbeda. Hal ini bisa mengurangi terjadinya penumpukan orang di akses utama.

5. Biaya Sewa Tempat dan Tenda

Pastikan anda telah melakukan survey dan perbandingan harga pada setiap tempat sewa tenda surabaya. Dengan demikian anda bisa memiliki daftar tempat-tempat persewaan yang bisa anda bandingkan. Sesuaikan dengan kisaran dana yang sudah anda siapkan. Jangan lupa pula untuk memastikan biaya sewa lahan jika dibutuhkan. Jangan sampai dana anda terkuras karena kesalahan dalam pemilihan tenda dan tempat sewanya. Mintalah diskon atau potongan harga bila anda menyewa tenda cukup banyak.

6. Layout Lokasi Pesta

Layout atau tata letak lokasi pesta tentu harus anda persiapkan sebelum menyewa tenda. Tata letak ini menjadi sebuah keharusan terkait  bagaimana ruangan di dalam tenda akan ditata. Dengan memiliki gambaran pasti tentang bagaimana ruangan tenda akan dibentuk, maka anda bisa memerhitungkan ukuran tenda yang ideal untuk acara anda. Jika ukuran ruangan tidak bisa diubah, maka tentu saja anda masih bisa mempertimbangkan masalah dekorasi anda.

7. Dekorasi

Dekorasi merupakan pemanis yang berfungsi untuk membangun suasana dan pesta yang anda selenggarakan. Kebutuhan dekorasi seakan menjadi kewajiban yang harus diadakan dalam setiap penyelenggaraan pesta. Ketika anda mengadakan pesta di dalam tenda, kebutuhan dekorasi tentu harus dipersiapkan. Tinggi tenda, luas area, serta material penutup tenda tentu harus sesuai dengan perencanaan dekorasi. Jangan sampai anda melewatkan perhitungan dekorasi ini, atau anda harus bersiap bahwa dekorasi anda ternyata justru memakan banyak tempat dan membuat para tamu tidak nyaman selama penyelenggaraan pesta.

8. Sirkulasi Udara

Anda mungkin sering melihat tenda-tenda pesta didirikan di pinggir jalan. Biasanya tenda-tenda tersebut tertutup rapat dan memiliki akses keluar masuk yang terbatas. Hal ini tentu membuat rasa panas dan pengap yang membuat suasana menjadi tidak nyaman untuk berlama-lama di tempat pesta tersebut. Kondisi seperti ini tentu harus menjadi pertimbangan anda dalam memilih tenda yang tepat untuk resepsi yang hendak anda lakukan. Di musim panas, anda bisa mementingkan bagian atap tenda untuk perlindungan dari panas matahari. Jika tempat pesta cenderung berdebu, anda bisa memilih kain tipis berwarna putih atau senada dengan tema pesta anda agar udara tetap dapat keluar masuk. 

Di musim hujan, pemilihan tenda menjadi lebih kompleks. Meskipun anda ingin memilih tenda tertutup namun anda tetap harus mempertimbangkan kelembaban di dalam ruangan tenda. Semakin banyak orang di dalam tenda, maka udara akan lebih pengap dan tidak nyaman. Oleh karena itu, meskipun dengan tenda tertutup anda tetap harus menyediakan jalur keluar masuk tamu pada arah yang berbeda. Selain itu, pertimbangkan pula arah angin agar hujan tidak dapat menerobos area pintu masuk maupun keluar.

9. Pemesanan dan Pemasangan

Bila anda telah memastikan pelaksanaan acara pada waktu yang sudah paten, anda bisa segera memesan tenda yang anda inginkan. Semakin lama jeda anda antara pemesanan hingga hari acara, maka semakin lega pula anda dalam mempersiapkan hajatan anda. Jikalau ada perubahan, anda masih bisa melakukan penambahan atau pengurangan jumlah tenda yang hendak disewa. 

Pada saat memesan, pastikan kepada pihak persewaan kapan tenda tersebut dapat mulai terpasang. Dengan demikian anda juga bisa mengatur jadwal penataan dekorasi maupun melakukan pertemuan dengan tim dokumentasi untuk mengatur lokasi kamera. Hindari memesan tenda di tempat sewa kamera surabaya secara mendadak. Bisa jadi tenda yang anda inginkan tidak tersedia, dan terpaksa merubah perencanaan pesta anda.

Itu tadi 9 tips yang bisa anda lakukan sebelum menyewa tenda untuk keperluan pesta anda. Banyak tempat sewa tenda Surabaya menyediakan berbagai jenis tenda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pesta anda. Yang terpenting, lakukan perencanaan terbaik sebelum memilih agar momentum indah anda tidak mengecewakan hanya karena kesalahan dalam pemilihan tenda pesta.

Be the first to comment

Leave a Reply