Tips Dan Cara Membeli Rumah Pertama Kali

tips dan cara membeli rumah pertama

Cara membeli rumah pertama – Hal yang paling dinantikan oleh semua orang adalah memiliki rumah tinggal. Rumah baru untuk keluarga kecil yang menyenangkan. Tapi bagi sebagian orang yang belum pernah membeli rumah, pasti bingung bagaimana cara membeli rumah untuk pertama kalinya. Hal-hal apa saja yang harus disiapkan saat membeli rumah pertama dan apakah rumah yang dipilih benar-benar tepat.

Sebelum memulai untuk membeli rumah. Berikut akan saya bagikan hal-hal yang harus diperhatikan dan tips cara membeli rumah pertama kali.

1. Kondisi Keuangan

Anda harus memperhatikan kemampuan dan kondisi keuangan anda. Jangan muluk-muluk dalam memilih rumah, pilihlah rumah sesuai kondisi keuangan.

Jika anda membeli rumah pada seorang pengembang, biasanya pengembang itu akan menawarkan beberapa cara untuk pembayaran rumah, yakni pembayaran dengan tunai atau KPR. Jika anda memiliki dana mencukupi untuk membeli rumah, sebaiknya bayar rumah itu secara tunai. Hal ini jauh lebih menguntungkan, karena para pengembang akan memberikan potongan harga yang cukup besar. Sedangkan jika dana yang anda miliki belum mencukupi, anda dapat memilih KPR walaupun pembayaran dengan cara ini anda akan dikenakan bunga.

2. Lokasi

Lokasi merupakan hal terpenting yang dibutuhkan untuk memilih sebuah rumah. Maka tak heran jika dunia properti selalu mengandalkan lokasi untuk penentuan harga sebuah rumah. Semakin strategis lokasi yang dimiliki sebuah rumah, semakin mahal harga yang ditawarkan. Untuk itu pilihlah rumah berdasarkan kebutuhan anda, apakah rumah itu dekat dengan sekolah, rumah sakit, pasar atau sebagainya.

3. Track Record Developer

cara membeli rumah pertamaSebelum memutuskan rumah mana yang akan anda huni, sebaiknya lihat dulu siapa pengembang rumah tersebut. Karena percuma saja jika anda sudah cocok dengan rumah dan ternyata pengembang rumah itu buruk. Pengembang yang buruk akan berdampak pada rumah anda dikemudian hari. Bisa jadi bangunan yang anda huni tidak sebaik perkiraan sebelumnya, surat-surat kepemilikan tanah tidak segera diberikan dan masih banyak masalah lain yang bisa timbul. Sebelum masalah-masalah itu datang, sebaiknya anda mewaspadai dan melihat bagaimana pengembang dari rumah tersebut. Anda bisa mencari informasi melalui para pembeli yang telah menggunakan jasa pengembang itu, apakah pelayanan memuaskan atau sebaliknya?

4. Fasilitas

Pilihlah rumah berdasarkan kebutuhan anda. Jika anda menginginkan rumah dengan jumlah kamar 3, maka jangan mencari rumah yang hanya berkamar 2. Membeli rumah adalah langkah baru anda memulai hidup, penuhi kebutuhan anda saat itu juga. Jangan membuat diri anda menyesal di kemudian hari karena rumah yang anda beli tidak cocok pada kebutuhan.

5. Status Legal dan Serah Terima Rumah

BPNDalam membeli rumah, anda harus memeriksa legalitas rumah dan memastikan kapan penyerahan serah terima akan dilakukan. Beberapa orang yang tidak tahu justru dimanfaatkan oleh pengembang untuk melakukan hal-hal diluar dugaan pada suatu saat nanti. Ingat status legalitas rumah dan serah terima adalah hal terpenting yang harus anda ketahui.

Untuk memeriksa legalitas rumah, anda dapat menanyakan tentang sertifikat rumah atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB), atau jika anda ingin yang lebih aman lagi, anda dapat meminta pakar untuk memeriksa legalitasnya.

6. Biaya Tambahan

Setelah membeli rumah, tentu dana yang anda berikan tidak sekedar pembayaran pada pemilik rumah. Tapi anda harus menyadari biaya-biaya lain seperti Ppn, biaya KPR, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya. Jika anda ingin tahu biaya-biaya tambahan dalam membeli rumah secara lengkap, baca juga : Biaya Tambahan Saat Beli Rumah

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply