Tips dan Solusi Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik!

Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik
Rate this post

Mudik dan berlibur panjang memang jadi hal yang dinanti-nantikan setiap keluarga. Menghabiskan waktu liburan bersama di tempat yang menyenangkan adalah impian keluarga besar. Sayangnya, ada hambatan yang benar-benar membuat liburan tidak bisa menyenangkan.

Ingat dengan kondisi rumah, apakah rumah aman? apakah barang-barang dirumah tidak ada pencuri? Pikiran seperti itu seringkali datang, apalagi jika di dalam rumah ada barang-barang berharga yang disimpan. Sementara lingkungan rumah tidak memiliki security. Kali ini saya akan membagikan tips dan solusi rumah aman saat ditinggal mudik!

 1. Amankan Kunci

Sebelum pergi, pastikan tidak ada kunci rumah yang tertingga. Jangan sekali-kai meninggalkan kunci di tempat persembunyian umum, seperti dibawah keset, batu, atau dibawah pot bunga. Tempat-tempat seperti itu sudah menjadi incaran para pencuri.

Pastikan pula barang-barang berharga yang disimpan di dalam almari telah anda kunci dengan rapat. Bawa semua kunci itu kemanapun anda pergi.

2. Mintalah Bantuan Tentangga untuk Parkir Mobil

Rumah Aman Saat Ditinggal MudikAnda bisa meminta bantuan tetangga yang masih tinggal di rumah untuk memarkirkan mobil atau kendaraan mereka di depan rumah anda. Tujuannya adalah untuk mengelabuhi si pencuri, cara ini dapat memberi kesan bahwa di dalam rumah anda ada orang, dengan begitu sang pencuri akan membatalkan niatnya.

3. Perawatan Rumput

Beruntunglah jika anda memiliki asisten rumah tangga, karena anda bisa menyuruh asisten rumah tangga agar tetap mengkondisikan halaman rumah bersih. Atau jika tidak, sebelum anda mudik bersihkan dulu rumput-rumput yang tumbuh liar. Karena jika rumah anda tampak tidak terawat, akan cepat menimbulkan kesan bahwa penghuni rumah sedang pergi.

4. Padamkan dan Nyalakan Lampu

Lampu merupakan indikator paling penting bagi pencuri untuk menentukan si pemilik ada di dalam rumah atau tidak. Maka dari itu, anda harus bisa mengkondisikan lampu rumah anda mati ketika siang hari dan menyala saat malam hari.

Anda bisa meminta bantuan tetangga, atau membeli lampu LED otomatis yang dapat mendeteksi cahaya. Sehingga ketika malam tiba, lampu ini akan secara otomatis menyala. Pasang lampu ini di teras, halaman, dan jalan di depan rumah.

5. Beritahu tetangga jika anda mudik

Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Anda harus memberitahu semua tetangga-tetangga anda bahwa anda akan libur panjang. Terutama untuk tetangga yang tinggal di sebelah kanan kiri dan depan rumah anda. Secara tidak langsung, para tetangga ini akan memperhatikan rumah anda dari kejauhan. Apabila ada orang yang mengunjungi rumah anda, pastinya mereka akan memastikan siapa dia dan ada urusan apa dengan anda.

Jika anda tinggal di ruang lingkup perumahan, bersyukurlah karena biasanya di dalam perumahan akan ada security yang menjaga. Anda harus memberitahu security ini bahwa anda akan pergi mudik selama beberapa hari.

6. Jangan beritahu sosial media

Jangan pernah memberitahu sosial media bahwa anda akan pergi berlibur. Apalagi mengupload foto-foto liburan anda di sosial media. Hal ini akan mengundang mereka yang memiliki motif jahat pada anda. Dan memanfaatkan hal itu untuk mencuri isi rumah anda.

Tunda dulu niat untuk memamerkan foto-foto berlibur anda. Anda dapat menguploadnya setelah sampai di rumah.

Diatas merupakan tips dan solusi rumah aman saat ditinggal mudik, anda harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Jangan pernah memberi kesempatan bagi mereka yang memiliki niat jahat. Lebih baik waspada dari pada kecolongan terlebih dahulu.

 

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply