Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Jawa Timur

Rate this post

Disini saya akan berbagi info menarik tentang wisata kota batu dan malang yang sudah terkenal akan potensi alam melimpah. Dalam artikel ini saya hanya membahas tentang wisata pemandian air panas cangar.

Kamu bisa menggunakan cangar menjadi jalan alternatif menarik untuk menuju kabupaten atau kota mojokerto melalui pacet dengan pemandangan eksotis di ketinggian diatas 1000 meter diatas permukaan laut.

Sejarah  Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Jawa Timur

Wisata Air Panas Cangar Batu Malang. Satu lagi objek wisata di Batu Malang yang terkenal  yakni adalah pemandian air hangat Cangar. Pemandian air hangat Cangar bukan merupakan pemandian air hangat buatan, melainkan pemandian air hangat yang alami seperti di wisata air panas songgoriti.

Lokasi dari pemandian air panas cangar ini dari Taman rekreasi Selecta Batu Malang ke arah utara , butuh waktu sekitar 20 menit.  baik memakai kendaraan mobil maupun sepeda motor.

Cangar sendiri adalah sebuah nama dari dusun yang terletak di kelurahan tulungrejo, kecamatan bumiaji, kota batu. Disini terdapat sebuah temppat wisata yang sudah terkenal akan air panasnya meski di daerah pegunungan yang sejuk dingin.

Yaps, nama wisata ini adalah pemandian air panas cangar yang mungkin kebanyakan orang memplesetkan namanya dari cangar menjadi “sangar”. Bagaimana tidak, disini kamu bisa dimanjakan dengan hawa sejuk tapi bisa berendam didalam air hangat yang pastinya alami. Sungguh mengagumkan bukan?

Objek Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Jawa Timur

Wisata pemandian cangar sendiri berada dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo yang sudah banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati hangatnya sumber alami air panasnya. Selain itu, di sekitar pemandian air panas terdapat beberapa goa buatan yang merupakan peninggalan di masa kedudukan Jepang, pada tahun 1942-1945.

Sehingga di sekitar pemandian air hangat Cangar terdapat sebuah objek wisata lain yakni Goa Jepang. Goa Jepang ini jaraknya hanya 600 meter dari pemandian air hangat Cangar, jadi kamu bisa mampir ke goa jepang jika berkunjung ke pemandian air panas cangar.

Tidak hanya bisa menikmati hangatnya air panas di pemandian Cangar dan goa Jepang, di kawasan ini pula para pengunjung bisa mengunjungi Coban Talun dan Coban Rais. Di tambah lagi, akan banyak di jumpai satwa liar yang seperti monyet melompat dan berlarian tanpa akan mengganggu kenyamanan.

Sejak dulu masyarakat menggenal air panas cangar ini sebagai penyembuh berbagai macam penyakit yang sangat berkhasiat. Hal ini sudah mengakar di kebanyakan masyarakat, terbukti dengan banyaknya pengunjung lokal yang terus berdatangan setiap minggunya.

Di Wisata Air Panas Cangar Batu Malang ini sudah terdapat kolam pemandian kolam pemandian diantaranya adalah satu kolam lebar dan dua kolam kecil. Ada pula kolam yang di sediakan khusus wanita. Berbeda dengan ketiga kolam yang sudah disebutkan, disini ada kolam yang lebih tertutup dan ada juga kolam privat yang mirip dengan sauna jika kamu pengen menikmati suasana yang lebih tenang dan tertutup.

Dalam perjalanan kamu bakal disuguhi panorama menarik, indah nan asri dari banyaknya perkebunan sayur dan apel. Karena daerah cangar sendiri merupakan salah satu penghasil sayur-sayuran dan buah apel utama di daerah tersebut.

Pada hari biasa dan hari libur Cangar selalu dipadati pengunjung yang ingin mandi. Di Cangar dibangun dua kolam renang, yaitu kolam renang dengan air yang panas dan sedang. Berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, pemandian ini memiliki suasana yang nyaman dan sejuk. Dinginya Cangar semua terbayar lunas dengan hangatnya air panas Cangar bersama rimbunnya pepohonan yang mengelilingi tempat ini membuat kesan asri dan permai begitu terasa.

Sumber mata air panas cangar sendiri berasal dari Gunung welirang, sebuah gunung yang menghasilkan belerang. Kandungan Belerang hanya berada di sekitar puncak gunung saja, namun dibawah kandungan belerang tersebut, hutannya masih rimbun dan menghijau.

Anda bisa membayangkan betapa segarnya udara di sana. Kenyamanan Anda berendam akan semakin nikmat ditemani kicauan burung yang saling bersahutan. Anda pun akan dibuat betah berlama-lama berendam atau sekadar bermain air di tempat ini.

Buat kamu yang belum kesini, ayok segera kesini supaya bisa melihat indonesia lebih luas terutama bersyukur atas nikmat tuhan untuk menikmati anugrahnya. Langsung cek ke tempatnya yakk.

PETA  ALAMAT  & RUTE LOKASI PEMANDIAN AIR PANAS CANGAR

Lokasi Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang berada di kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo yang secara administratif termasuk wilayah Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kabupaten Malang.
Lintang Bujur : -7.742332, 112.532831

Disini masih belum ada kendaraan umum yang bisa nganter kamu ke tempat wisata pemandian ini, jadi otomatis kamu harus bawa mobil atau motor pribadi untuk ambil jalan dari batu maupun malang.

Untuk perjalanan menuju cangar, kami sarankan untuk melalui alun-alun kota Batu Malang-kearah barat-kemudian ada perempatan belok kanan. Wisata pemandian air panas Cangar satu jalur dengan Coban Talun, dan Selecta Malang. Anda akan melewati jalan yang berkelak-kelok dengan suguhan pemandangan cantik dan jangan lupa untuk menikmati makanan khasnya yaitu tape ketan, kuliner tape ketan yang sudah melegenda karena berjualannya dilakukan secara turun temurun selama puluhan tahun di daerah cangar.

Tetap berhati-hati di setiap perjalanan kamu ke tempat wisata ini. Karena selain belok an tajam berliku, disini kamu bakal ketemu jurang-jurang tajam yang pastinya berbahaya banget. Mulai dari jalan naik sampai menurun kamu pasti melihat keindahan sang pencipta bersama hawa dingin dan angin semilir melewati wajah manis mu.

Gimana? Menarik buat jadi refrensi ber-akhir pekan?. Ayok kesini dan eksplor tempat-tempat menarik lainnya supaya kita bisa lebih mengerti alam dan menjaga nya untuk anak cucu kita. Salam Travelling Yuk Bos.

 

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply